Sunday, September 18, 2016

Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya - Internet adalah sebuah jaringan dari beberapa jaringan komputer yang menjalankan protokol TCP/IP. Dalam sebuah sistem telekomunikasi jaringan diatur sedemikian rupa yang kita kenal topologi jaringan komputer yang merupakan desain jaringan.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Topologi jaringan komputer adalah istilah yang sering digunakan oleh para network engginer dan merupakan rancangan dasar dari sebuah jaringan komputer. Ketika para network engginer memilih salahsatu topologi jaringan komputer, itu akan mempengaruhi jenis peralatan yang diperlukan oleh jaringan komputer, dan juga mempengaruhi kemampuan jaringan sekaligus cara mengatur jaringan komputer tsb.

Jika pada postingan kemarin kita sudah belajar tentang pengertian jaringan komputer dan macam macam jaringan komputer. Pada kesempatan ini kita akan sama sama belajar tentang pengertian topologi jaringan komputer beserta gambarnya.

Topologi jaringan yang sering dipakai ada tiga macam, yaitu topologi jaringan BUS, topologi jaringan Ring, dan topologi jaringan Star.

Macam Macam Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

1. Topologi Jaringan Komputer BUS
Karakteristik dari topologi BUS adalah sebagai berikut.
Jaringan bus sering disebut juga dengan Daisy Chain, jaringan ini paling banyak digunakan karena sederhana dalam penginstalan. Dalam topologi jaringan BUS terdapat satu jalur umum yang berbentuk suatu garis lurus, yang mana masing-masing node tersebut dihubungkan ke dalam jalur garis tersebut.
Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Pada topologi bus dua ujung jaringan harus ditutup dengan terminator dan terdapat node node sepanjang kabel. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan ini hanya terdiri dari satu saluran kabel BNC. PC/Komputer yang akan terhubung ke jaringan bisa mengkaitkan dirinya dengan men tap Ethernetnya sepanjang kabel.

Dengan hanya menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya akan sangat dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan BUS
Keunggulan:
Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
Hemat kabel.
Layout kabel sederhana.

Kelemahan:
Apabila ada gangguan di sepanjang kabel inti/pusat maka semua jaringan akan mengalami gangguan.
Kepadatan pada jalur lalu lintas.
Diperlukan perangkat keras Repeater untuk jarak jauh.

b. Jaringan Ring atau Cincin
Topologi jaringan cincin adalah topologi jaringan komputer yang berbetuk cincin atau ring, masing masing dari rangkaian titik terhubung ke dua titik lainnya, sehingga apabila di gambarkan maka jaringan ini melingkar seperti cincin.
Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Pada Topologi ring, masing-masing titik atau node berperan sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya, Berarti masing-masing dari perangkat tersebut saling bekerjasama untuk menerima sinyal dari perangkat sebelumnya lalu meneruskannya pada perangkat sesudahnya, proses menerima dan meneruskan sinyal data ini dibantu oleh TOKEN.

Topologi ring sistem transmisinya memakai kabel yang saling terhubung ke beberapa workstation dengan file server dalam bentuk lingkaran tertutup, maka topologi jaringan memiliki kelemahan yaitu apabila salah satu hubungan ada yang putus maka semua hubungan akan terputus.

c. Jaringan Star atau Bintang
Topologi bintang adalah jenis topologi jaringan komputer yang bentuknya seperti bintang dimana konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun jaringan ini dibilang cukup mahal.
Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Karakteristik tipologi star sebagai berikut.
- Medium transmisi yang dipakai dalam topologi jaringan ini membentuk jalur tertutup (closed loop) dan setiap workstation memiliki kabel tersendiri untuk langsung terhubungan dengan filter server, Maka seluruh sistem tidak akan mengalami kegagalan jika ada salah satu kabel pada workstation yang terganggu.

- Mudah untuk dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang terhubung ke central node atau titik pusat.

- Bisa menggunakan kabel low grade karena hanya menghandle satu lalu lintas data, umumnya menggunakan kabel UTP. Node-node  tersebut tersambung langsung ke suatu node pusat (biasanya berupa hub) sehingga mudah dikembangkan.

Baca juga : Pengertian Topologi jaringan komputer

Itulah  Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya yang bisa saya paparkan pada postingan ini, semoga dengan mempelajari Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya, kalian akan lebih memahami tentang jaringan komputer
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 6:01:00 AM

Related : Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment