Friday, September 30, 2016

Pengertian Web Browser dan Contohnya

Pengertian Web Browser dan Contohnya -Web browser atau penjelajah web atau peramban web merupakan perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk menerima serta menyajikan sumber informasi yang ada di Internet. Sebuah sumber informasi itu dapat berupa halaman web, gambar, video,file pdf atau jenis konten lainnya.

Meskipun web browser terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah wen browser juga bisa digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa web browser yang populer adalah Google Chrome miliknya google, Firefox, Internet Explorer milik Microsoft, Opera, dan Safar. Baca juga : Macam macam aplikasi internet

Pembahasan pada postingan ini akan mengacu ke sebuah web browser yang merupakan bawaan dari OS Windows, yaitu web browser IE atau Internet Explorer. Internet Explorer secara otomatis terpasang setelah kalian meng-install sistem operasi Windows di laptop kalian. Untuk memulai program web browser Internet Explorer dapat kalian lakukan dengan cara seperti berikut.

(1) Klik Start
(2) Pilih All Programs > Internet Explorer sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.

Internet Explorer yang saya gunakan adalah Internet Explorer Versi 11 (selanjutnya, disebut dengan IE11). Berbeda dengan versi-versi terdahulu, pada IE11 mulai diberlakukan sistem tab page. Dengan demikian, kalian dapat menampilkan halaman web sekaligus dalam satu jendela Internet Explorer. Setiap halaman pada IE11 diwakili oleh sebuah tab yang jelas lebih efektif dibandingkan sistem single windows pada versi sebelumnya. Cara berpindah dari halaman web cukup dilakukan dengan memilih tab. Lihatlah gambar dibawah ini untuk lebih jelas dan jelas tentang web browser Internet Explorer 11.


1. Title Bar
Letak penunjuk untuk judul halaman yang sedang aktif sama seperti pada program aplikasi lain. Pada title bar IE11 juga terdapat Control Button untuk mengatur tampilan jendela aplikasi atau menutup program aplikasi.

2. Menu Bar
Pada IE11 menu bar tidak ditampilkan secara langsung karena penggunaan dari menu bar memang tidak lagi begitu efektif dan telah diwakili oleh tombol-tombol yang ada pada tool bar. Untuk mengunakan menu bar, terlebih dahulu kalian harus menekan tombol Alt pada keyboard.

3. Address Bar
Address Bar berfungsi untuk menuju ke halaman web tertentu. seperti www.google.com dll. Address bar juga dapat berfungsi menunjukkan alamat dari halaman web yang sedang kalian kunjungi. Untuk menuju ke situs web tertentu, kalian tinggal mengetikkan alamat web tersebut pada address bar, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. Contoh, ketikkan: www.google.co.id, kemudian tekan tombol Enter.

Pada address bar disediakan dua tombol, yaitu tombol Refresh yang berfungsi untuk menampilkan ulang halaman web yang sedang dibuka, dan tombol Stop yang berfungsi untuk membatalkan akses untuk menuju halaman web yang akan dibuka.

4. Search Bar
Ketika kalian membutuhkan informasi, seperti informasi tentang sejarah internet, namun kalian tidak tahu situs mana yang harus kalian akses, maka kalian bisa menggunakan Search Bar. Untuk menampilkan alamat web atau situs yang membahas tentang komputer, kalian tinggal mengetikkan teks “komputer” atau "sejarah internet dunia", kemudian tinggal menekan tombol Enter. Selanjutnya akan ditampilkan halaman web Live Search Microsoft yang berisi beberapa alamat situs yang membahas mengenai komputer dan internet.

Tombol di sisi kanan search bar dapat kalian pakai untuk metode pencarian lain. Misalnya, ketika kalian ingin mencari teks “komputer” pada halaman web yang sedang kalian buka, kalian tinggal mengklik tombol bergambar anak panah ke bawah, kemudian klik menu Find on This Page.

5. Tab Button
Tab button berfungsi untuk mewakili halaman-halaman web yang telah dibuka dan ditelusuri. Setiap halaman web yang telah dibuka diwakili oleh sebuah tab.

6. Tool Bar
Tool bar adalah bar yang berisi tombol-tombol yang digunakan untuk mengeksplorasi program aplikasi. Beberapa tombol yang akan sering digunakan, di antaranya sebagai berikut.

- Navigation Buttons
Navigation Buttons terdiri dari dua buah tombol, yaitu tombol Back/kembali dan tombol Forward. Tombol Back digunakan untuk menuju ke halaman web sebelumnya. Sedangkan tombol Forward berfungsi untuk menuju ke halaman selanjutnya, hal ini berlaku jika kalian pernah menekan tombol Back.

- Favourites Buttons
Terdiri dari dua buah tombol yaitu tombol Favourites Center dan tombol Add to Favourites. Tombol Favourites Center berfungsi untuk menampilkan daftar halaman-halaman yang disukai. Halaman ini biasanya sudah disediakan oleh Microsoft atau halaman-halaman lain yang sengaja disimpan dengan tujuan agar mudah dipanggil kembali. Tombol Add to Favourites, berfungsi untuk menyimpan situs web tertentu ke dalam kategori favourites.

- Home Button
Berfungsi untuk menjadikan suatu halaman web menjadi halaman utama. Halaman tersebut akan tampil ketika program IE11 dijalankan.

- Print Button
Berfungsi untuk mencetak halaman yang sedang ditampilkan. kalian juga dibolehkan untuk melihat tampilan cetak sebelum melakukan pencetakan.

- Page Button
Berfungsi untuk mengolah halaman web. Dengan menggunakan tombol page button kalian dapat membuka halaman baru (menambahkan tab) juga dapat menyimpan situs (dalam bentuk file) yang sedang kalian buka.

- Tools Button
Berfungsi untuk mengolah program aplikasi IE11. Ada berbagai menu yang tersedia. Salah satunya berfungsi untuk menampilkan Menu Bar, ada juga yang berfungsi untuk menampilkan halaman secara Full Screen.

7. Status Bar
Bagian ini menampilkan informasi status dari halaman yang sedang kalian buka. Status Bar terletak di bagian kiri bawah jendela browser. Informasi yang dapat kalian amati melalui status bar ini, antara lain progress penerimaan data oleh browser dari server, tujuan dari satu link, dan file yang sedang dibuka.

8. Workspace
Workspace atau ruang kerja adalah bagian yang menampilkan isi dari suatu laman web yang sedang kalian kunjungi. Jika web atau situs yang kalian kunjungi memiliki tampilan yang lebih besar dari pada tempat yang tersedia, kalian bisa menggunakan fasilitas scrolling.

Itulah Pengertian Web Browser dan Contohnya, silhakan praktekan dan amati sendiri. Semoga dengan membaca Pengertian Web Browser dan Contohnya kalian lebih memahami lagi apa itu web browser? apa macam macam web browser?.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 8:23:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Web Browser dan Contohnya

0 komentar: