Peranan Telekomunikasi Dalam Teknologi Informasi

Peranan Telekomunikasi Dalam Teknologi Informasi - Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi telekomunikasi dapat membuat kalian dapat mengirim informasi dan menerima informasi ke pihak lain atau dari pihak lain yang lokasinya berjauhan.

Teknologi telekomunikasi membuat jarak jauh seolah dekat. Jarak bukan lagi masalah dan hambatan. Aplikasi aplikasi yang lahir dari telekomunikasi teknologi adalah sebagai berikut;

Peranan Telekomunikasi Dalam Teknologi Informasi
Telekomunikasi


Aplikasi Telekomunikasi

a. ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine)
ATM biasa digunakan dalam perbankan. ATM dapat membuat kalian melakukan transaksi pengambilan uang tunai, melakukan pembayaran berbagai tagihan atau transfer uang, bahkan kalian juga bisa memesan tiket kereta api.

ATM bekerja sebagai perangkat input dan output. Sebagai perangkat input, ATM dapat membuat kalian memasukkan nomor PIN, nominal jumlah uang, dan hal-hal lain yang tersedia dalam menu. Adapun sebagai perangkat output, ATM bisa membuat petugas bank melihat perintah maupun kode dan angka yang diketikkan pada perangkat input.

Baca juga : Perangkat input dan fungsinya

b. Telekonferensi
Telekonferensi merupakan media yang dapat membuat kalian saling bercakap dan bertatap muka melalui perangkat komputer. Dengan memanfaatkan teknologi internet, video konferensi mudah sekali untuk diimplementasikan.

Kalian tinggal duduk di depan komputer yang telah dilengkapi dengan webcam dan bisa berbicara dengan lawan bicara meskipun jauh, bahkan teknologi telekomunikasi saat ini telah mengembangkan telekonferensi dalam bentuk smartphone dengan fasilitas 3G.

c. Telecommuting
Telecommuting adalah pekerja bekerja yang dilakukan diluar kantor, melainkan Telecommuting dapat bekerja di rumah atau di dalam mobil yang berpindah-pindah.

d. Komputasi grup kerja (workgroup computing)
Komputasi grup kerja adalah para pekerja yang menggunakan komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah.

e. EDI (Electronic Data Interchange)
EDI adalah sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang telah memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang telah memiliki sistem komunikasi.

Kedudukan Jalur Komunikasi dan Arah Transmisi

Kedudukan jalur komunikasi yang menentukan cara menghubungkan perangkat-perangkat yang akan berkomunikas bisa kita bedakan menjadi titik ke titik atau multititik. 

Baca juga : Profesi dalam Bidang Teknologi Informasi

a. Titik ke titik atau point to point
Titik ke titik atau point to point menghubungkan secara khusus dua buah perangkat yang akan berkomunikasi. Model seperti ini bisa diterapkan pada dua buah perangkat komputer yang berkomunikasi melalui kabel paralel, contohnya untuk melakukan salinan berkas antara kedua komputer tersebut. Contoh lainnya adalah pada komunikasi komputer dengan printer melalui port paralel atau serial.

b. Multititik (multipoint)
Multititik adalah hubungan yang dapat membuat sebuah jalur bisa digunakan oleh sejumlah perangkat yang berkomunikasi. Model seperti ini bisa kita ditemukan pada jaringan yang menggunakan topologi bus.
Peranan Telekomunikasi Dalam Teknologi Informasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buku Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar