Langsung ke konten utama

Peranan Telekomunikasi Dalam Teknologi Informasi

Peranan Telekomunikasi Dalam Teknologi Informasi - Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi telekomunikasi dapat membuat kalian dapat mengirim informasi dan menerima informasi ke pihak lain atau dari pihak lain yang lokasinya berjauhan.

Teknologi telekomunikasi membuat jarak jauh seolah dekat. Jarak bukan lagi masalah dan hambatan. Aplikasi aplikasi yang lahir dari telekomunikasi teknologi adalah sebagai berikut;

Peranan Telekomunikasi Dalam Teknologi Informasi
Telekomunikasi


Aplikasi Telekomunikasi

a. ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine)
ATM biasa digunakan dalam perbankan. ATM dapat membuat kalian melakukan transaksi pengambilan uang tunai, melakukan pembayaran berbagai tagihan atau transfer uang, bahkan kalian juga bisa memesan tiket kereta api.

ATM bekerja sebagai perangkat input dan output. Sebagai perangkat input, ATM dapat membuat kalian memasukkan nomor PIN, nominal jumlah uang, dan hal-hal lain yang tersedia dalam menu. Adapun sebagai perangkat output, ATM bisa membuat petugas bank melihat perintah maupun kode dan angka yang diketikkan pada perangkat input.

Baca juga : Perangkat input dan fungsinya

b. Telekonferensi
Telekonferensi merupakan media yang dapat membuat kalian saling bercakap dan bertatap muka melalui perangkat komputer. Dengan memanfaatkan teknologi internet, video konferensi mudah sekali untuk diimplementasikan.

Kalian tinggal duduk di depan komputer yang telah dilengkapi dengan webcam dan bisa berbicara dengan lawan bicara meskipun jauh, bahkan teknologi telekomunikasi saat ini telah mengembangkan telekonferensi dalam bentuk smartphone dengan fasilitas 3G.

c. Telecommuting
Telecommuting adalah pekerja bekerja yang dilakukan diluar kantor, melainkan Telecommuting dapat bekerja di rumah atau di dalam mobil yang berpindah-pindah.

d. Komputasi grup kerja (workgroup computing)
Komputasi grup kerja adalah para pekerja yang menggunakan komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah.

e. EDI (Electronic Data Interchange)
EDI adalah sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang telah memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang telah memiliki sistem komunikasi.

Kedudukan Jalur Komunikasi dan Arah Transmisi

Kedudukan jalur komunikasi yang menentukan cara menghubungkan perangkat-perangkat yang akan berkomunikas bisa kita bedakan menjadi titik ke titik atau multititik. 

Baca juga : Profesi dalam Bidang Teknologi Informasi

a. Titik ke titik atau point to point
Titik ke titik atau point to point menghubungkan secara khusus dua buah perangkat yang akan berkomunikasi. Model seperti ini bisa diterapkan pada dua buah perangkat komputer yang berkomunikasi melalui kabel paralel, contohnya untuk melakukan salinan berkas antara kedua komputer tersebut. Contoh lainnya adalah pada komunikasi komputer dengan printer melalui port paralel atau serial.

b. Multititik (multipoint)
Multititik adalah hubungan yang dapat membuat sebuah jalur bisa digunakan oleh sejumlah perangkat yang berkomunikasi. Model seperti ini bisa kita ditemukan pada jaringan yang menggunakan topologi bus.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…