Friday, September 16, 2016

Perangkat Input dan Fungsinya (Input Device)

Perangkat Input dan Fungsinya (Input Device) - Komputer merupakan perangkat pengolah data dan informasi dari mekanisme yang sudah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk mendeskripsikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu. Tetapi, arti kata ini kemudian dipindahkan untuk mesin itu sendiri.

Proses pemindahan data hingga menjadi suatu informasi terangkum pada suatu sistem. Sebuah sistem terdiri dari beberapa rangkaian yang tidak selaras dan menghasilkan sebuah kolaborasi sebagai hasilnya bisa digunakan untuk memasukkan data, memproses data, serta menghasilkan informasi.

Salah satu komponen sistem komputer adalah perangkat keras atau hardware. Perangkat keras dari sistem komputer ini memungkinkan suatu komputer bisa menggunakan sistem operasi. Berdasarkan kegunaannya, komponen atau perangkat keras komputer dibagi menjadi 5 kategori, yaitu perangkat input (input device), pemrosesan, perangkat output (Output Device), memori kerja, serta memori penyimpanan. Baca juga : Pengertian Komputer dan Fungsinya
Namun pada tulisan ini, saya akan memaparkan kepada kalian tentang perangkat input dan fungsinya saja. Untuk perangkat output dll, saya akan membahasnya di lain kesempatan.

Pengertian Perangkat Input dan Fungsinya
Perangkat input (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Dalam hal ini data dapat berupa huruf, nomor, gambar, bunyi, audio-video, serta gerakan.

Perangkat input berfungsi menerima serta input. Input dapat berupa signal input atau maintenance input. Signal input artinya tenaga yang akan diolah oleh sistem. Maintenance input artinya energi yang akan dipergunakan untuk mengolah signal input atau dengan istilah lain signal input artinya suatu materi yang akan diolah sedangkan maintenance input merupakan suatu program yang berfungsi untuk mengolah data yang dimasukkan.
Beberapa perangkat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai perangkat input sendiri dan menjadi perangakat output untuk menampilkan hasil, perangkat yang demikian ini diklaim dengan nama terminal. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui perangakat telekomunikasi, maka disebut dengan Remote Job Entry (REJ) terminal atau Remote Batch Terminal.

Dengan adanya input device tadi, komputer memberi tahu perintah yang diberikan serta data yang akan diolah. untuk mendukung keberadaan komponen input dibutuhkan perangkat input device. Dengan adanya perangkat input juga memungkinkan input dapat diproses secara cepat oleh CPU. Melalui perangkat input ini tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke penyimpanan luar sebagai akibatnya memungkinkan hubungan langsung antara pemakai dengan sistem komputer.
Perangkat Input dan Fungsinya (Input Device)
Perangkat Input dan Fungsinya (Input Device)


Macam Macam Perangkat Input dan Fungsinya


Perangkat input saat ini sangat banyak sebagaimana terlihat dalam bagan berikut.

1. Perangkat Untuk Mengertik
Perangkat pengetikan berfungsi untuk memasukkan data atau perintah. perangkat yang paling umum dipergunakan pada sistem komputer adalah keyboard. Perangkat pengetikan yang lain artinya ATM (Automatic Teller Machine) yang digunakan menjadi mesin pengambil dan POS (Point Of Sale) yang dipakai di mini market.

a. Keyboard
Penciptaan keyboard komputer diilhami dari penciptaan mesin ketik yang dari rancangannya didesain serta dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Baca juga

Keyboard komputer pertama diubahsuaikan berasal kartu pelubang (punch card) serta teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu penghasil lubang (punched card reader) sebagai perangakt input serta hasil.

Keyboard ialah sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard pada bahasa Indonesia adalah papan tombol jari atau papan tuts. Di keyboard ada tombol-tombol huruf A – Z, a – z, nomor  0 - 9, tombol serta karakter khusus berikut : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘  dan  tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya yaitu 104 tuts.

Sebagai alat, keyboard merupakan perangkat input data yang bisa mengganti alfabet, nomor, ataupun kode lain menjadi isyarat lis- trik yang dapat diproses personal komputer. Keyboard paling awam dipergunakan menjadi perangkat input dan  ialah perangkat yang paling lama dimanfaatkan sesudah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card).

Keyboard menjadi perangkat input langsung, umumnya diikuti oleh tampilan display yang akan menampilkan apa yang ditekan. Keyboard jenis ini ialah terminal. Beberapa perangakat input eksklusif yang memakai keyboard untuk memasukkan data dibedakan menjadi teleprinter terminal, financial transaction terminal, point of sale terminal, dan  visual display terminal.

Teleprinter terminal atau line terminal terdiri dari keyboard serta tampilan berupa alat cetak (printer). Input dimasukkan dengan menekan tombol-tombol kunci yang terdapat di keyboard dan apa yang ditekan akan tercetak di layar berbentuk kertas. Input yang dimasukkan tadi akan dikirim serta diproses oleh perangkat proses.
Financial transaction terminal dipergunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Salahsatu dari penggunaan terminal ini untuk Electronic Find Transfer (EFT) dengan menggunakan ATM (Automated Teller Machine). ATM dipakai di bank-bank yang melayani transaksi keuangannya selama 24 jam perharinya. Dengan memasukkan kartu pengenal bank yang berisi nomor  rekening nasabah ke dalam ATM diikuti memasukan beberapa tombol tertentu pada keyboard, komputer secara langsung akan melaksanakan transaksi tersebut.
Dewasa ini, jenis keyboard banyak tersebar, diantaranya adalah Keyboard 101-key Enhanced, Keyboard Windows 104-key, Keyboard Standard Apple 82- key, dan Keyboard Extended Apple 108-keyIr. Keyboard Windows memiliki tombol kontrol tambahan berupa tombol-windows atau Start dan tombol perangkat lunak, sedangkan keyboard Apple memiliki susunan yang khusus untuk sistem operasi Apple Mac. Selain itu masih ada lagi keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh penyandang tunanetra. Secara garis besar sistem keyboard umumnya terdiri berasal tombol-tombol.

Jenis Jenis Keyboard


Tombol di keyboard dibagi menjadi empat bagian, yaitu typewriter (pengetikan), numeric key (angka), function key (fungsi) serta control key (control).
1. Typewriter
Typewriter adalah perangkat input atau input device fungsinya sama dengan mesin ketik. Keyboard memiliki berbagai macam bentuk, namun rapikan letak alfabet atau angka di tombol-tombol pengetikan menyerupai rapikan letak pada mesin ketik tradisional atau yang tak jarang disebut menggunakan sistem QWERTY (kata ini diambil berasal sederetan tombol-tombol kiri teratas pada mesin ketik). Tujuan mengikuti sistem ini ialah untuk memudahkai pengoperasian oleh pemakai yang telah terbiasa dengan mesin ketik.



Selain itu, keyboard memiliki tambahan tombol menjadi berikut.

- Backspace, berfungsi untuk menghapus ke arah satu karakter pada sebelah kiri pointer.

- Capslock, berfungsi untukmembentuk huruf akbar (kapital).

- Delete, berfungsi untuk menghapus satu huruf atau satu angka di sebelah kanan kursor.

- Esc, berfungsi untuk membatalkan perintah.

- End,  berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir baris/page/lembar kerja.

- Insert,berfungsi untuk menyisipkan satu huruf/istilah/kalimat.

- Page Up, berfungsi untuk melihat dokumen ke atas.

- Page Down, berfungsi untuk melihat dokumen ke bawah.

- Tab, berfungsi untuk memindahkan kursor satu tab ke kanan.


b. Numeric key
Numeric key berfungsi menjadi tombol numeric (angka). Tombol ini terletak pada bagian sebelah kiri keyboard. Numeric key lazimnya memiliki 17 tombol menggunakan susunan yang akan memudahkan pemakai yang sudah terbiasa menggunakan kalkulator.

 c. Function key
Function key berjumlah 12 tombol, yaitu dari F1 hingga F12. Tombol ini terletak pada bagian paling atas. Fungsinya bhineka tergantung acara yang sedang dijalankan.

 d. Special function key
Tombol ini akan berfungsi jika ditekan secara bersamaan dengan tombol lain, jenisnya merupakan Shift, Alt, serta Ctrl.

Cara kerja keyboard ialah pada bagian bawah keyboard terdapat sebuah rangkaian listrik yang dianggap key matrix. Rangkaian ini terputus-putus di setiap bawah tombol. Penekanan pada suatu tombol keyboard akan menyebabkan rangkaian tersebut sebagai terhubung dan mengakibatkan peredaran listrik yang dipantau oleh prosesor personal komputer . Kemudian, prosesor tersebut mencocokkan lokasi koordinat x serta y tombol yang ditekan di peta karakter yang tersimpan pada ROM.

Dengan demikian, prosesor akan mengetahui setiap karakter yang ditekan oleh pemakai. Bila pemakai menekan lebih berasal satu tombol pada saat yang bersamaan, maka prosesor akan mencari eksistensi kombinasi tombol tersebut dalam peta karakter. Peta karakter ini bisa ditimpa oleh software, contohnya pada perangkat lunak yang menghendaki agar rapikan letak keyboard QWERTY diubah menjadi DVORAK, atau kombinasi kunci tertentu memiliki arti yang berbeda.

DVORAK artinya sistem tata letak keyboard yang disusun berdasarkan keseringpakaian alfabet. Selain itu, keyboard juga dilengkapi dengan perangkat yang mampu menyerap getaran elektronis yang diakibatkan sang pemutus sambungan rangkaian listrik. Hal tadi diharapkan agar prosesor permanen mengenalinya menjadi satu tekanan tombol saja. Keyboard juga dilengkapi menggunakan typematic. Typematic akan menghasilkan prosesor melakukan pengulangan ketik jika suatu tombol ditekan terus-menerus.

2. Pointing device
Penggunaan keyboard kurang memuaskan. perangkat input yang berupa pointing device lebih tepat dipergunakan. Perangkat penunjuk dipergunakan untuk memilih data atau perintah yang ada pada layar monitor. Ketika ini perangkat penunjuk banyak dimanfaatkan terutama pada perangkat lunak yang berbasis gambar, sebab memilih perintah menggunakan perangakat penunjuk lebih mudah daripada wajib mengingat perintah yang wajib diketikkan lewat keyboard. Pointing device yang paling awam yaitu mouse dan sejenisnya. Adapun yang lain berbentuk pena elektronis, di antaranya adalah pen based computer system, light pen, serta digitizer.


Macam macam Pointing device


a. Mouse
Mouse adalah pointing device yang dipergunakan untuk mengatur posisi kursor pada layar. Dengan menggeser mouse pada bidang yang datar, contohnya meja kursor pada layar akan bergeser sesuai dengan arah asal pergeseran mouse. Selesainya kursor menempati posisi tertentu di layar yang diinginkan, Anda dapat menekan tombol yang ada pada mouse untuk beberapa keperluan, tergantung dari program yang dipergunakan, contohnya untuk menentukan suatu pilihan di layar.

Mouse pertama kali dikembangkan oleh Dough Engelbart di Standford Research Institute lebih kurang tahun 1960, yang selanjutnya dikembangkan dan diterapkan pada komputer Xerox Star. Baru pada tahun 1982, Apple memperkenalkan produknya dengan nama Apple Lisa. Secara awam bentuk fisik mouse terdiri dari 2 tombol serta roda penggerak (wheel). untuk lebih tahu kegunaan tombol-tombol mouse, perhatikan tabel berikut. Baca Jua: Perangkat Keras Komputer


b. Touch screen (layar sentuh)
Touch screen merupakan sebuah perangkat keras yang mirip monitor komputer, namun memiliki kelebihan dibandingkan monitor biasa. Layar sentuh atau pada bahasa Inggrisnya touch screens, touch screens, touch panels, atau touch screen panels merupakan layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sebagai akibatnya seorang bisa berinteraksi dengan personal komputer menggunakan cara menyentuh gambar atau goresan pena yang terpampang di layar komputer.

Touchscreen kerap dipakai pada kios informasi di daerah-daerah umum, misalnya di bandara dan  rumah sakit serta pada perangkat pembinaan berbasis komputer. Sistem touch screen tersedia dalam bentuk monitor yang telah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touch screen yang lebih hemat yang dapat dipasang di monitor yang sudah terdapat. Contoh komputer yang sudah menggunakan teknologi ini adalah komputer Hewlet-Packard HP 150.

Tetapi touchscreen ini pula bukannya tanpa kelemahan. Meskipun secara fisik kebal terhadap gangguan elemen-elemen luar, kinerja dari layar sentuh ini bisa diganggu oleh elemen-elemen spt debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Sedikit saja ada debu atau benda lain yang menempel pada atasnya maka layar sentuh bisa mendeteksinya menjadi suatu sentuhan. Sensor-sensor ultrasoniknya akan bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, layar sentuh jenis ini wajib dijaga dengan ekstra hati-hati. Layar sentuh jenis ini sangat cocok digunakan di ruangan training personal komputer, keperluan dalam ruangan untuk menampilkan isu dengan sangat jernih dan  tajam, presentasi pada ruangan, dan  banyak lagi.

c. Joystick
Joystick adalah perangkat input atau input device yang berfungsi untuk mengendalikan aplikasi permainan (game). Di prinsipnya cara kerja joystick sama menggunakan mouse hanya saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil.

d. Light Pen
Light pen perangkat input atau input device penunjuk yang sama seperti pena serta bisa membentuk cahaya yang dipergunakan bersamaan menggunakan sebuah layar yang peka cahaya. Light pen memungkinkan pema- kai mengarah langsung ke layar di mana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan. Model pemanfaatan light pen, yaitu pada alat pengendali lalu lintas udara di bandara.


3) Scanner
Scanner perangkat input atau input device yang fungsinya sama dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat kalian lihat pada kertas, sedangkan cara kerja alat scanner ini adalah menggunakan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca. Perangkat input scanner dapat berupa Magnetic Ink Character Recognition (MICR) serta optik reader. Hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu lalu baru dapat dirubah serta dimodifikasi sebagai akibatnya tampilan dan  hasilnya menjadi indah yang lalu bisa disimpan menjadi file text, dokumen, serta gambar.

Baca juga : Komponen Komponen Komputer

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran menggunakan kertas folio, terdapat jua yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru berbentuk pena telah diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner ukuran pena tadi bisa menyimpan sampai 1.000 page teks cetak dan  kemudian mentransfernya ke sebuah komputer (PC). Scanner berukuran pena tadi dinamakan Quick link. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya lebih kurang 3 ons. Scanner tersebut berdasarkan WizCom dapat melakukan pekerjaannya random lebih cepat dibanding dengan scanner yang berbentuk datar.


Scanner merupakan bentuk pertama dari perangkat pembaca pengenal karakter tinta (magnetik ink character recognition). Alat ini umumnya banyak digunakan oleh bank-bank untuk transaksi cek. Dewasa ini telah dikembangkan suatu alat scanner (optical data reader) yang digunakan untuk membaca data secara langsung dari kertas biasa dan tanpa menggunakan tinta magnetic yang khusus.

Dewasa ini juga berbagai scanner yang tersebar di dunia dengan banyak sekali merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard (HP), EPSON, UMAX, dll.

Perbedaan tiap scanner dari aneka macam brand terletak pada pemakaian teknologi serta resolusinya. Pemakaian teknologi contohnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.


Cara kerja scanner, yaitu pada ketika tombol mouse ditekan untuk memulai scanning yang terjadi adalah menjadi berikut.

- Fokus tombol mousedari personal komputer  menggerakkan pengendali kecepatan di mesin scanner. Mesin yang terletak pada scanner tadi mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.

- Lalu unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tem- pat atau jalur yang sesuai untuk pribadi memulai scanning.

- Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa aktivitas scanning sudah mulai dilakukan.

- Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah terselesaikan dan  hasilnya bisa dilihat di layar monitor.

- Bila hasil atau tampilan teks/gambar ingin diubah, Anda bisa mengubahnya dengan memakai software-software aplikasi yang ada. Contohnya menggunakan Adobe Photoshop.


4. Sensor
Sensor adalah alat yang bisa secara langsung menangkap data kejadian fisik. Contohnya data analog (data yang berupa gambar) dikumpulkan oleh perangkat sensor dan dimasukkan ke pengubahan analog- to-digital conventer yang berikutnya akan diproses komputer. Misalnya digiting camera. Perangkat digiting camera ini bisa menangkap objek gambar mirip foto, dokumen, dan  objek tiga dimensi yang kemudian akan ditampilkan ke layar komputer kemudian diproses lebih lanjut. Tetapi layar peraga komputer wajib spesifik, yaitu yang memiliki resolusi yang tinggi.


5. ATM (Automatic Teller Machine)
ATM disebut juga Anjungan Tunai mandiri. Alat-alat ini dipergunakan oleh perbankan untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran aneka macam jenis tagihan, serta transfer uang, bahkan pada kota besar bisa digunakan untuk memesan tiket kereta barah. ATM bekerja menjadi input sekaligus output. ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN serta nominal angka uang. Jadi perangkat pengeluaran ATM memungkinkan petugas (pemakai) melihat perintah atau kode serta nomor yang diketikkan pada perangkat input.

Baca juga : Perangkat Keras Komputer


6) POS (Point of Sale)
POS atau Point of Sale adalah peralatan yang digunakan di toko-toko untuk memasukkan data pembelian, umumnya alat ini berisi tombol-tombol spt keyboard, lengkap dengan angka serta fasilitas yang memungkinkan untuk memroses kartu kredit.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:47:00 AM

Related : Perangkat Input dan Fungsinya (Input Device)

0 komentar: