Langsung ke konten utama

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman - Perangkat lunak bahasa pemrograman (language software) adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis pada bahasa program ke pada bahasa mesin (machine languange), sebagai akibatnya dapat diterima dan dimengerti personal komputer .

Apabila languange software tidak tersedia, maka Produsen program wajib menulis programnya langsung menggunakan bahasa mesin yg berbentuk bilangan binary.

Suatu instruksi program yang ditulis pada bahasa mesin dapat berbentuk seperti 000100110010. Tanpa mengetahui arti tertentu berasal masing-masing bagian dari bilangan binary tadi secara persis, maka akan sangat sulit untuk dimengerti dengan benar maksud dari instruksi tersebut.

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman


Baca juga : Sejarah Komputer

Instruksi yg berbentuk sapta binary disebut menggunakan object code. Sedangkan perpaduan dari instruksi-instruksi yg membentuk suatu program pada bahasa mesin disebut dengan object program. Tiap-tiap instruksi object code terdiri berasal operation code (op code) dan open and.
Penulisan program dengan bahasa mesin dirasakan terlalu sulit dan menghaabiskan banyak waktu, maka dikembangkan languange perangkat lunak menjadi alternatif penulisan program yg lebih simpel.

Penerjemahan Bahasa Pemrograman

Penerjemah bahasa pemrograman dibedakan menjadi tiga macam, yaitu assembler, kompiler, serta interpreter.
1. Asembler artinya program yang digunakan buat menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) ke pada bahasa mesin.
2. Kompiler artinya program penerjemah yang mengonversi seluruh kode asal selain dalam bahasa rakitan sebagai kode objek. Yang akan terjadi berupa kode objek inilah yg bisa dijalankan oleh personal komputer . Proses buat melakukan penerjemahan ini biasa disebut kompilasi.
3. Intepreter ialah program yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode asal lalu menjalankan instruksi yg telah pada- terjemahkan tersebut.

Software language pemrograman (language software) adalah program yg dipergunakan buat menerjemahkan perintah-perintah yg ditulis dalam bahasa program ke pada bahasa mesin sehingga bisa diterima serta dimengerti sang komputer.

Pembagian Bahasa Komputer

Pada dasarnya bahasa personal komputer  dapat dibedakan sebagai empat macam, yaitu bahasa mesin dan  bahasa assembly (ke dua bahasa ini termasuk bahasa taraf rendah/low level language), bahasa tingkat tinggi (high level language), serta bahasa generasi keempat.

1) Bahasa mesin
Bahasa mesin termasuk ke pada bahasa taraf rendah (low level language) karena sifat asal bahasa mesin lebih berorientasi di mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa   ini berupa kode-kode yg terdiri dari sekumpulan angka yg terdapat   pada pada komputer yang umumnya diwakili oleh kode angka 1 (satu) serta 0 (nol). Kode ini artinya frekuwensi elektronik yang memberitahu komputer apa yg harus dikerjakan.

Dalam penggunaannya umumnya intruksi dituliskan dalam bentuk bahasa pemrograman yang akan disampaikan ke kompiler, assembler, atau interpreter yang bertugas buat menerjemahkan bahasa pem- rograman tersebut ke bahasa mesin.

Assembler artinya sebuah program. Program ini merogoh berita yg dituliskan sang programmer pada bahasa assembly dan  menerjemahkannya ke sebuah program yang bisa dihukum komputer. Output assembler wajib  diproses oleh linker buat menghasilkan program akhir.

2) Bahasa assembly
Bahasa asembly ialah bahasa pemrograman yg menggunakan bahasa rakitan. Bahasa assembly kebanyakan dipergunakan buat pengendalian hardware yg diwujudkan dalam kependekan istilah kata menjadi pengganti kode-kode biner, contohnya JNZ (jump non zero) yang adalah lompatlah Jika tidak sama dengan nol.

Kelanjutan dari bahasa assembly ialah sebuah program yang berguna buat merogoh berita yang dituliskanoleh seorang programmer dalam bahasa assembly serta menerjemahkannya ke pada sebuah program yg dapat dieksekusi personal komputer, program ini dinamakan assembler. Output assembler wajib diproses oleh linker buat membuat program akhir.

3) Bahasa tingkat tinggi (high level languange)
Bahasa taraf tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena memang didesain untuk banyak orang . Bahasa pemrograman yang termasuk pada bahasa taraf tinggi adalah menjadi berikut.

a. BASIC (Beginners All-purposes Symbolic Instruction Code)
BASIC adalah bahasa program ini dikembangkan di tahun 1965 di Darmouth College. Penciptanya adalah John Kemeny serta Thomas Kurtz. BASIC dipergunakan dalam aplikasi matematika. Selain itu, Program ini juga digunakan pada beberapa perangkat lunak lainnya seperti akuntasi, permainan, file simulasi, serta lain-lain.

Keunggulan Program BASIC terletak pada kemudahan pada pemakaiannya, sedangkan kelemahannya yaitu tidak mendukung operasi sapta kompleks dan penanganan terhadap berkas sangat terbatas sehingga tidak cocok digunakan untuk software bisnis.

b. LOGO
LOGO adalah Bahasa yang dikembangkan untuk pendidikan dan simulasi pengajaran pada anak-anak dalam menyelesaikan problem dan melakukan pemrograman. Ditemukan di tahun 1967 oleh Seymour Papert menggunakan menggunakan LISP, yaitu satu jenis bahasa pemrograman untuk kecerdasan buatan. Progrm Logo sangat simpel untuk digunakan ketika membuat gambar, sehingga banyak digunakan dalam membuat laporan-laporan bisnis dalam bentuk grafik.

c. COBOL (Common Business Oriented Language)
COBOL adalah jenis program yang seringkali digunakan pada dunia usaha dan komersial, mulai dikembangkan di tahun 1959. Tetapi sampai saat ini, program ini masih banyak digunakan di jenis kompu- ter minicomputer dan  mainframe. COBOL mempunyai keunggulan- keunggulan sebagai berikut.

-  COBOL Memiliki  kode  buat  seluruh  flatform  yg  sama, sebagai akibatnya
tidak tergantung di mesin.
- COBOL Menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris, sebagai akibatnya sangat mu- dah dipahami sang programmer.
- COBOL Penanganan masukan dan  keluaran simpel dilakukan.
- COBOL Penanganan terhadap berkas sudah tersedia dan bahkan mendukung aneka macam macam tipe-tipe berkas mirip sekuensial dan  indeks.
Kelemahan dari  COBOL ialah struktur penulisan program yg sangat banyak serta sangat kaku sehingga membuat para programmer sebagai lelah dan bosan.

d. PASCAL
PASCAL adalah Bahasa yang ditemukan  Nicklaus Wirth pada tahun 1971. PASCAL dirancang buat pedagogi pemrograman. PASCAL sangat terkenal di kalangan mahasiswa ilmu komputer dan  teknik. Pascal mempunyai keunggulan dibandingkan Fortran juga Basic, yaitu sangat praktis dipelajari serta mempunyai dukungan fungsi-fungsi matematika yang sangat lengkap. Tetapi Pascal juga memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa mendukung operasi bilangan kompleks dan tidak mendukung media perangkat lunak usaha.

Baca juga : Pengertian Perangkat Lunak

Eksistensi Pascal dapat pula dijadikan bahasa dasar dalam pembuatan kode aplikasi Delphi (software buat pengembangan program di lingkungan Windows). Pascal pula digunakan sebagai landasan pembuatan kode pada Kylix, yaitu perangkat lunak pengembang program di lingkungan Linux.

e. Fortran (Formula Translator)
Fortran ialah bahasa taraf tinggi yang pertama kali diciptakan. Bahasa ini mulai dikembangkan di tahun 1956 oleh John Backus di IBM. Fortran dipergunakan dalam bidang software matematika, yaitu dalam hal perumusan serta perhitungan sebagai akibatnya menjadi andalan keunggulan dari bahasa ini. Namun Fortran memiliki kelemahan, yaitu operasi masukan dan  keluarannya sangat kaku serta sulit dipahami.

Buat membuat bahasa fortran, seseorang programmer tidak harus mengetahui bahasa mesin, namun wajib  tahu tata bahasa dan  peraturan bahasa fortran.
f. Algol (prosedur pemecahan  Language)
Algol merupakan bahasa automatic yg cocok buat memecahkan permasalahan yang membutuhkan perhitungan numerik buat beberapa pengolahan logic.
g. PL/1 (Programming Language)
Programming language ialah bahasa komputer yang bisa digunakan pada segala bahasa. Pada kenyataannya bahasa ini sulit dipelajari dan  hanya dapat dipergunakan di mesin IBM.
h. RPG (Report Program Generation)
RPG ialah program buat pengolahan laporan. Bahasa ini sangat populer pada lingkungan minicomputer dan  mainframe IBM. RPG diluncurkan pertama kali di tahun 1964.
i. APL (Aritmathic Programming Language)
APL ialah bahasa komputer buat memecahkan soal-soal matematika (ilmu hitung). Diperkenalkan dan diciptakan oleh Kenneth Iverson di tahun 1962. Bahasa ini memakai keyboard khusus yg berisikan simbol-simbol yang kompleks yg memungkinkan buat melakukan penyelesaian matematika yang kompleks.

4) Bahasa pemrograman generasi keempat
Bahasa pemrograman generasi keempat meliputi Microsoft Visual Basic, Visual J++, dan Visual C++ yang dikembangkan berasal keluarga akbar bahasa tingkat tinggi buat memudahkan pemrograman.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…