Langsung ke konten utama

Perangkat Output Beserta Fungsinya (Output Device)

Perangkat Output Beserta Fungsinya (Output Device) - Perangkat Output atau Output Device atau Perangkat keluaran adalah perangkat yang dikendalikan komputer untuk memberikan informasi kepada user, contohnya seperti monitor (perangkat untuk menampilkan yang akan terjadi pengetikan, berita diklaim jua soft copy), printer (perangkat yang dipergunakan buat mencetak informasi pada kertas diklaim pula hard copy), dan sound system.

Hasil mengeluarkan hasil pengolahan data ke dalam bentuk yg di inginkan, seperti tulisan (terdiri dari huruf, istilah, karakter khusus dan  simbol-simbol), image (terdiri berasal grafik dan  gambar), bunyi (terdiri dari bentuk musik dan dialog), serta bentuk-bentuk yang dapat dibaca oleh mesin, pada bentuk simbol yang hanya bisa dibaca serta dimengerti oleh PC.


Baca juga : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat Output Beserta Fungsinya

Buat mendapatkan hasil output tersebut dibutuhkan perangkat buat menampilkannya, yaitu perangkat output atau output device. Hasil device bisa berbentuk menjadi berikut.
Perangkat Output Beserta Fungsinya (Output Device)
Perangkat Output

A. Hard Copy Device
Hard copy device adalah perangkat yang bisa digunakan buat mencetak goresan pena (kata, nomor, karakter spesifik, serta simbol), gambar, dan  grafik di media keras (hard media) seperti kertas atau film. Hasil hard copy sifatnya permanen dan bisa dibawa ke mana-mana (portable). perangkat yg biasa digunakan adalah printer, plooter, dan  compute output to microfilm.

1. Printer (alat cetak)
Printer pada bahasa Indonesia berarti pencetak. Kata ‘printer’ sering dipergunakan untuk menyebut perangkat cetak yang terhubung menggunakan komputer. Untuk menghubungkan printer menggunakan komputer diperlukan sebuah kabel yg terhubung dari printer tersebut ke CPU komputer .

Printer adalah salahsatu perangkat (hardware) yang terhubung ke komputer dan  mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar serta tampilan lainnya yang berasal dari personal komputer  ke media kertas atau sejenis. Kata yg dikenal di resolusi printer disebut dpi (dot per inch), maksudnya ialah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya, maka akan semakin bagus hasil cetakannya. Kebalikannya, Jika resolusinya rendah maka hasil cetakan tersebut akan buruk dan tidak bagus.

Jenis Jenis Printer

Dewasa inibanyak sekali jenis printer yg beredar pada antaranya artinya menjadi berikut.

A) Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu pada saat sedang mencetak, printer Dot-Matrix suaranya cenderung keras serta kualitas mencetaknya kurang baik karena gambar yg tercetak akan terlihat mirip titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer dot- matrix hanya memiliki satu rona, yaitu rona hitam.

Namun, printer ini masih banyak dipergunakan saat ini karena memang sangat awet. Kelebihan lainnya dari Dot-Matrix adalah pita printer jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan  laserjet.

B) Inkjet Printer
Inkjet printer ialah alat cetak yg sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas yang dihasilkan lumayan bagus. Kecepatan mencetak jumlah laman di printer inkjet tak sama, tergantung pada merek printer tadi. Namun pada inkjet printer, yang akan terjadi cetakan lebih lama keringnya Jika kita bandingkan dengan laser printer.

C) Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya sama dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga relatif banyak bisa mencapai lebih10 lembar per mnt. Kualitas yang dihasilkannya juga sangat bagus, seolah-olah sama dengan aslinya. Selain itu yang akan terjadi cetakan cepat kering. Akan tetapi, harga printer ini cukup mahal.
Baca juga : Perangkat Input dan Fungsinya

B. Soft Copy Device
Soft copy adalah perangkat output yang dipergunakan  untuk menampilkan goresan pena (kata, nomor, karakter spesifik, dan  simbol-simbol) dan  gambar serta grafik pada media lunak (soft media) yang berupa sinyal elektronika. Soft copy device dapat berupa video display, flat panel, serta speaker.

1) Monitor
Monitor adalah perangkat output yang termasuk ke dalam piranti softcopy. Sesuai teknologi pembuatannya monitor terbagi menjadi monitor CRT (Chatode Ray Tube) dan monitor layar datar (Flat Panel Display). Layar datar sendiri dibedakan menjadi 3, yaitu Monitor LCD, EL, dan  plasma.
Monitor memiliki ukuran yang sama dengan pesawat televisi. Monitor komputer  desktop yang saat ini umum terdapat di pasaran mempunyai ukuran 14”. Selain itu, terdapat juga ukuran 15”, 17”, 19”, serta 21”. Buat laptop ukurannya merupakan 12,1”, 13,3”, serta 14,1”.

Resolusi monitor dipengaruhi dengan jumlah piksel (asal dari kata picture element)  yg  artinya  titik  terkecil  penghasil  tampilan  pada layar. Jadi model, resolusi 1.024 x 768 artinya bahwa monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel. Dengan istilah lain, jumlah piksel pada monitor adalah 1.024 x 768 butir. Semakin tinggi resolusinya semakin mengagumkan kualitas tampilan monitor.

Baca juga: Perangkat Keras Komputer

Jenis Jenis Monitor

Jenis monitor yang dikenal antara lain menjadi berikut.
-  Monitor monochrome, yaitu monitor satu rona (hijau, orange, atau putih).
-  Monitor CGA (Colour Graphic Adapter), mempunyai 4 sampai 216 warna.
-  Monitor EGA (Enhancanched Graphic Adapter), memiliki 16 sampai 64 warna
-  Monitor VGA (Video Graphic Array), mempunyai warna 256 rona atau lebih.

2) Speaker
Speaker adalah perangkat output berupa bunyi. Dengan adanya perangkat output ini klaian dapat bekerja sambil mendengarkan musik atau bahkan bisa belajar bahasa asing.

C. Drive device
Drive device merupakan perangkat output yg digunakan buat merekam simbol pada bentuk yang hanya bisa dibaca oleh mesin (machine-readable-form) pada media, misalnya disk magnetik atau tape magnetik. Alat penggerak ini mempunyai fungsi ganda, yaitu menjadi input dan hasil.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…