Saturday, September 17, 2016

Perangkat Proses dan Fungsinya (Processing Device)

Perangkat Proses dan Fungsinya (Processing Device) - perangkat pemroses berisi instruksi-instruksi program. Perangkat ini mengolah data yang telah dimasukkan lewat input, lalu hasilnya akan ditampilkan melalui perangkat output.

Unit sistem sebuah komputer berisi perangkat-perangkat pemroses program (cabinet system) yg dilindungi oleh casing. Pada pada casing terdapat berbagai komponen perangkat keras seperti chip memory (RAM/random Acces Memory), motherboard, catu daya, hardisk, serta CD Drive RW/ROM (Read and Writer/Read Only Memory).

Baca juga : Perangkat Keras Komputer

Cabinet system ini menjadi pengolah pusat yg berfungsi untuk memproses perintah, melaksanakan perhitungan, serta memanajemen arus berita menuju sistem komputer. Pada pemrosesannya, unit atau perangkat pemrosesan akan berkomunikasi menggunakan perangkat input, hasil, dan  masukan buat melaksanakan perintah-perintah yg berkaitan.

Cabinet system hanya dapat menyimpan data dan instruksi pada register yang ukurannya kecil, sebagai akibatnya tidak bisa menyimpan seluruh informasi yg diharapkan buat holistik proses dari program. Buat mengatasi itu, maka pada perangkat proses dilengkapi dgn penyimpanan yang kapasitasnya lebih besar  yaitu main storage atau internal memory atau internal storage.
Cabinet system adalah perangkat yang digunakan buat memproses semua data yang masuk. Dalam Cabinet system terdapat dua bagian utama, yaitu unit kenali dan unit aritmatika serta akal. Pada 2 bagian utama tadi, cabinet system memiliki beberapa simpanan yg ukurannya kecil yang disebut dengan register.

Data-data yang telah ditangkap komputer melalui perangkat input akan diolah pada komponen pengolah data (processing unit) yg kegunaannya seperti dengan otak manusia, yakni menjadi sentra pengendali sistem komputer.
Secara lebih naratif, fungsi prosesor adalah
A. Memberi address data dan acara.
B. Memasukkan dan  mengambil data.
C. Melaksanakan instruksi-instruksi secara berurutan.
D. Sebagai penghubung antara main storage serta input device/hasil device. Tugas dari prosesor artinya sebagai berikut.
A. Mengontrol kerja sistem.
B. Artinya otak komputer.
C. Memilih saat kapan pengiriman data terjadi.
D. Melakukan operasi  aritmatika dan  melakukan operasi akal.

Mikroprosesor terdiri atas dua bagian primer yg dinamakan unit control serta ALU (Aritmathic and Logic Unit).
A. Unit kontrol
Unit kontrol berfungsi untuk mengendalikan seluruh komponen dalam sistem komputer. Pengendalian yg dilaksanakan unit ini didasarkan di instruksi-instruksi yg terdapat di sistem komputer. Jika terdapat kesalahan, maka akan dimunculkan pesan (eror message).

Unit kontrol menyimpan perintah yg dilakukan oleh komputer, lalu memerintahkan ALU untuk melaksanakan dan menerima balik informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sinkron. Lalu akan mengulang perintah lagi, kemudian unit kontrol akan meneruskan ke perintah berikutnya (umumnya ditempatkan pada slot berikutnya, kecuali Jika perintah itu artinya perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain). Baca juga: Perangkat keras Komputer dan Fungsinya

Penjabaran dalam mikroprosesor dapat digambarkan sebagai berikut.

B. Unit aritmatika dan Logica (aritmathic logical unit)
Aritmathic logical unit (ALU) berperan pada melaksanakan operasi- operasi perhitungan (aritmatika) seperti pengurangan, penjumlahan, serta perkalian juga operasi pembandingan (akal) seperti membanding- kan suatu nilai bernilai 0 atau tidak.

Unit aritmatika serta logika artinya perangkat yg melakukan aplikasi dasar aritmatika (tambahan, pengurangan, dan  semacamnya), pelaksanaan logis aritmatika (AND, OR, NOT), dan  pelaksanaan perbandingan aritma- tika (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Di unit inilah dilakukan “kerja” yang konkret.

Secara lebih terang, ALU yg berfungsi untuk melakukan operasi perhitungan aritmatika dan akal terbagi menjadi empat kelas.
1) Decimal aritmathic
Decimal aritmathic dipergunakan untuk operasi komersial serta dinyatakan dalam sapta desimal dengan menggunakan pertanda plus (+) untuk sapta positif dan indikasi minus (-) untuk sapta negatif.
2) Fixed point aritmathic
Fixed point aritmathic dipergunakan buat operasi aritmatika asal data binary dan  buat menyatakan address asal storage.
3) Floating point aritmathic
Floating point aritmathic dipergunakan untuk operasi matematika.
4) Logic operation
Logic operation bisa berupa operasi-operasi perbandingan, testing, translating, editing, dan  moving logic data.

Ukuran main memory ini ditunjukkan oleh satuan kilobyte (Kb) = 1.024 byte, megabyte (Mb) = 124 kb, atau gigabyte (Gb) = 1.024 Mb. Umum nya 1 byte memory terdiri dari 80 bit. Tiap-tiap bit diwakili dengan digit 1 atau 0. Kode yg digunakan buat mewakilinya tergantung asal komputer yg digunakan, bisa berbentuk sistem kode BCD, sistem kode SBCDIC, sistem kode EBCDIC, atau sistem kode ASCII.

A. Hardisk
Hardisk drive (HDD) adalah perangkat untuk menyimpan data pada mikroprosesor. Bila hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5.400 putaran per mnt, bahkan ada juga yang sampai 7.200 putaran per mnt. Kemampuan sebuah hardisk umumnya dipengaruhi oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Ukuran besarnya juga bervariasi, ada yg 1,2 gigabyte (GB) sampai 80 GB. Satu GB sama dengan 1.000 megabyte, sedangkan 1 megabyte sama menggunakan 1.000 kilobyte.

Baca juga : Sejarah Komputer

B. Floppy disk drive
Floopy disk drive merupakan perangkat yang berfungsi untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun kemudian, masih banyak orang yang memakai floppy disk berukuran 5 ¼ inchi (disket besar ), yg menyimpan data sebesar 700 Kb. Dewasa ini, disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 ½ inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebanyak 1,4 Mb.

Cara kerja floppy disk hampir sama dengan hardisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar motor dalam floppy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data di disket itu.

C. CD-ROM drive
Fungsi CD-ROM drive ialah perangkat yang berfungsi untuk membaca data dari sebuah compact disc (CD). ROM adalah singkatan berasal Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi, CD-ROM hanya digunakan buat membaca data, tidak bisa buat menyimpan data.

Namun saat ini, ada perangkat serupa yang dapat berfungsi untuk menulis/menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca serta tulis). Cara kerja CD-ROM juga CD-RW sama dengan cara kerja hardisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yg diputar adalah kepingan CD. Perangkat pembacanya pula bukan head magnet, tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.

D. Processor
Processor ialah brain (otaknya) personal komputer. Prosesor berfungsi untuk memroses seluruh perhitungan yg harus dilakukan oleh personal komputer. Kekuatan prosesor diukur dengan frekuensinya, mirip 550 MHz (Mega Hertz) Sekrang sudah terdapat yg mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz).

Perangkat Proses dan Fungsinya (Processing Device)


Bila komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu, setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) serta kipas pendingin. Dan sekarang prosesor yang banyak digunakan ialah Intel, AMD, serta IBM.
E. Memory atau RAM (secara acak Acces Memory)
Memori adalah perangkat penyimpanan data ad interim yang dipakai oleh prosesor. Jika PC  dimatikan, maka data pada RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat Jika dibandingkan dengan hardisk.

Baca juga : Perangkat Output dan Fungsinya

F. Kartu grafis (VGA card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berfungsi untuk menerjemahkan hasil (keluaran) PC ke monitor. VGA berfungsi untuk menggambar/design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yg berkekuatan tinggi. Saat ini terdapat VGA dengan memori 16, 32, sampai 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal ialah GeForce buatan perusahaan N-Vidia.
G. Kartu suara (sound card)
Perangkat ini berfungsi untuk mengeluarkan bunyi. Jika kita sedang mendengar musik atau bermain game, perangkat ini sangat berguna. Suaranya bisa stereo, surround (berputar), atau bahkan bunyi 3 dimensi, sebagai akibatnya kita seolah-olah berada di tempat kejadian. Akan tetapi, sound card ini kurang lengkap Jika tidak ada speaker. Oleh sebab itu, kita perlu menghubungkan speaker menggunakan sound card yang sudah terpasang dengan sebuah kabel yg disambung eksklusif ke sound card game.
H. Motherboard
Motherboard atau papan induk berfungsi menjadi tempat semua perangkat primer mikroprosesor yang sudah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.
Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua perangkat komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga personal komputer berjalan dengan lancar.

Itulah  Perangkat Proses dan Fungsinya (Process Device) yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga dengan membacanya Perangkat Proses dan Fungsinya (Process Device) wawasan kalian akan bertambah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:54:00 AM

Related : Perangkat Proses dan Fungsinya (Processing Device)

0 komentar: