Friday, September 16, 2016

Peraturan Bulu tangkis Tunggal dan Ganda

Peraturan Bulu tangkis Tunggal dan Ganda - Bulu Tangkis adalah sebuah permainan atau olahraga yang dapat di mainakan oleh pemain tunggal maupun ganda, permainan bulu tangkis adalah sebuah permainan yang dimainakan dengan memukul sebuah kok (terbuat dari karet atau kayu yang diberi bulu angsa atau bebek sebagai penyeimbangnya), dengan menggunakan alat pemukul yaitu raket. peraturan permainan bulu tangkis sudah ditetapkan dan disahkan oleh induk bulu tangkis dunia yaitu FBI (Federation Badminthon International).

Peraturan Bulu tangkis Tunggal dan Ganda

Dengan peraturan tersebut seorang atlit bulu tangkis diharuskan mengikuti peraturan tersebut sehingga dapat bermain dengan sportif. Peraturan yang dikeluarkan oleh FBI diantaranya yaitu peraturan permainan untuk pemain bulu tangkis tunggal dan untuk pemain bulu tangkis ganda peraturan tersebut diantaranya adalah seperti dibawah ini.  Baca Juga Teknik Dasar Bulu Tangkis Atau Badminton beserta Gambarnya

Peraturan Bulutangkis Tunggal

Petama permainan pada set awal dimulai dengan sekor (0 – 0), pemain pertama yang melakukan ditentukan dengan koin tos, servis dilakukan di dua area yang pertama yaitu di area kanan. Area kanan dilakukan servis ketika poin yang berjalan dengan jumlah poin genap, dan selanjutnya ketika poin berada di hitungan yang ganjil maka pemain akan melakukan servis di sisi lapangan sebelah kiri.

Ketika pemain yang mengawali servis memenangkan rally (menyerang dan mempertahankan lapangan dan dilakukan dengan tempo yang panjang) dan mendapatkan poin maka pemain tersebut akan mendapatkan giliran melakukan servis kembali pada sisi sebelahnya, contoh sebelumnya pemain yang mendapatkan poin melakukan servis disebelah kiri lapangan maka sipemain harus berpindah posisi ke sisi kanan ketika melakukan servis yang kedua begitu pula seterusnya.

Ketika pemain yang menerima servis memenangkan rally dan memperoleh poin maka pemain tersebut yang akan melakukan servis untuk rally selanjutnya dengan peraturan apabila poin pemain yang mendapatkan poin adalah ganjil maka servis dilakukan dari sisi kiri lapangan, begitu pila sebaliknya apabila poin pemain tersebut adalah pada genap maka servis harus dilakukan dari sisi lapangan sebelah kanan.

Peraturan Bulutangkis Ganda

Pertama Setiap tim dalam permainan ganda pemain yang melakukan servis adalah satu orang pemain dan tetap shingga ketika permainan berlangsung dan tim mendapatkan poin maka yang melakukan servis adalah pemain tersebut begitu pula seterusnya, pemain hanya akan melakukan satu kali servis, yang dimaksud adalah ketika pemain lawan yang mendapatkan poin maka servis tidak boleh dilakukan oleh pemain lainnya dalam satu tim melainkan berpindah ke pemain lawan seterusnya sampai akhir set.

Sama seperti permainan di pertandingan nomer tunggal di nomor ganda pun di awal set permainan poin adalah ( 0 – 0 ) dan ketika poin pemain yang melakukan servis adalah genap maka servis dilakukan dari sisi kanan lapangan, sebaliknya ketika poin yang di dapat dan pemain yang melakukan servis adalah ganjil maka servis dilakukan dari sisi kiri lapangan.

Ketika pemain yang mengawali servis memenangkan rally (menyerang dan mempertahankan lapangan dan dilakukan dengan tempo yang panjang) dan mendapatkan poin maka pemain tersebut akan mendapatkan giliran melakukan servis kembali pada sisi sebelahnya, contoh sebelumnya pemain yang mendapatkan poin melakukan servis disebelah kiri lapangan maka sipemain harus berpindah posisi ke sisi kanan ketika melakukan servis yang kedua begitu pula seterusnya. Baca juga Ukuran Lapangan Bulu Tangkis dan Gambarnya

Ketika pemain yang menerima servis memenangkan rally dan memperoleh poin maka pemain tersebut yang akan melakukan servis untuk rally selanjutnya dengan peraturan apabila poin pemain yang mendapatkan poin adalah ganjil maka servis dilakukan dari sisi kiri lapangan, begitu pila sebaliknya apabila poin pemain tersebut adalah genap maka servis harus dilakukan dari sisi kanan lapangan. 

Demikianlah artikel ini semoga dengan adanya artikel ini saya posting dengan harapan agar anda dapat memahami  bagaimana peraturan bulu tangkis Tunggal dan Ganda semoga anda dapat menerapkannya pada pertandingan yang nyata semoga bermanfaat terimakasi!!!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:42:00 PM
Tags :

Related : Peraturan Bulu tangkis Tunggal dan Ganda

0 komentar: