Saturday, September 3, 2016

Peraturan Permainan Bola Voli Internasional Terbaru

Peraturan Permainan Bola Voli Internasional Terbaru - Permainan Bola Voli adala salah stu permainan bola besar yang sudah ada sampai saat ini sudah di pertandingkan sampai internasional sampai dalam olimpiade pun dipertandingkan. Peraturan permainan bola voli sudah di tetapkan oleh standar internasional dengan peraturan yang ditetapkan tersebut setiap pemain akan dimudahkan sehingga tidak ada kejanggalan dalam bermain atau dalam sebuah pertandingan.


Aturan bermainan bola voli akan berubah setiap waktunya sampai saat ini akan digunakan dan ditetapkan oleh FIVB (federation International De Volleyball) yaitu induk organisasi bola voli internasional sedangkan di indonesi ada PBVSI (persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Berikut adalah beberapa peraturan Bermain bola voli yang harus kamu ketahui sehingga kamu dapat menjadi pemain profesional dengan tidak menyimpang dari peraturan yang ada.

Pada Sistem Pertandingan atau format kompetisi

pada sistem ini Pertandingan atau kompetisi memakai aturan setengah kompetisi dengan 8 tim didalamnya yang kemudian dibagi menjadi 2 grup. Setiap grup terdiri dari 4 tim, setiap tim diberikan jatah pemain yang diberikan oleh peraturan internasional adalah 10 orang dan yang boleh bermain adalah 6 orang, sisanya yaitu 4 orang menjadi pemain cadangan. Ketika pertandingan berlangsung pelatih diperbolehkan mengganti pemainnya dengan pemain cadangan dengan tidak ada batasan jumlah penggantian.  Baca selengkapnya Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Peraturan yang selanjutnya ketika salah satu pemain atau lebih sedang melakukan pertandingan dalam cabang olahraga yang lain maka pertandingan akan tetap di mainkan dan tidak akan ditunda. Peraturan bermain bola voli jumlah minimal dari satu timg adalah 4 pemain, jika pemain kurang dari 4 orang maka tim yang kurang tersebut akan dianggap tidak sanggup melanjutkan pertandingan dalam kata lain tim tersebut di diskualifikasi atau kalah dalam pertandingan tersebut. 

Peraturan selanjutnya dalam pertandingan bola voli adalah pertandingan berlangsung dalam 3 ronde atau tiga babak (best of three), namun ketika 2 babak awal sudah di menangkan oleh salah satu tim maka pertandingan yang ketiga tidak harus di mainkan. Setiap babak dalam sistem bola voli sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksimal adalah 25 point. Ketika point pada akhir pertandingan sama 24-24 maka pertandingan akan ditambahkan hingga 2 point begitu juga slanjutnya ketika masih sama maka akan terus ditambah sampai ada salah satu yang kalah. 

Peraturan selanjutnya ketika dalam satu grup ada dua tim yang memperoleh point yang sama maka penentuan juara grup di tentukan dari kualitas angka yang didapatkan dari setiap set pada petandingan yang dilakoni oleh tim tersebut. Setiap pergantian set maka setiap tim diharuskan bertukar posisi lapangan, ketika pertandingan sudah mencapai 3 set maka tim diperbolehkan untuk meminta time-out, tim yang dianjurkan untuk meminta time-out adalah tim yang kalah point dari timlawan, setiap set dianjurkan permintaan time-out satukali dalam satu set, dan setiap kali time out panitia akan memberikan 1 menit saja setiap satu kali time-out.

Tugas wasit dalam peraturan bola voli

Apabila salah satu tim lawan dapat memasukan bola pada area lapangan anda maka akan mendapatkan poin satu setelah wasit mengsahkan bola tersebut. Ketika pemain melakukan server untuk memulai jalannya pertandingan, maka bola harus melewati net dan masuk ke dalam area lapangan lawan jika bola tidak masuk atau tidak melewati net, atau juga melebar dari garis lapangan maka tim tersebut akan mendapantkan poin.

Peraturan bermain bola voli untuk pemain

Pemain yang melakukan server tidak diperbolehkan melewati garis lapangan. Saat permainnan berlangsung pemain yang berada ditengah lapangan tidak diperbolehkan untuk menyentuh net ataupun melewati garis tengah lapangan. bola harus dipantulkan tanpa mengenai lantai lapangan pertandingan, setiap kali memantulkan bola pemain hanya diberi jatah satuukali menyentuk atau tidak diperbolehkan doble touch pada bola. ketika bola keluar naun pemain masih mengambilnya maka pertandingan masih dinyatakan berlangsung dan bola tidak dinyatakan out. Baca juga Teknik Dasar Bermain Bola Voli Lengkap Dengan Gambarnya

demikian postingan kali ini tentang peraturan terbaru bola voli internasional semoga dengan adanya peraturan ini anda dapat mengetahui dan menggunakan dengan bijak peraturan ini dalam pertandingan resmi maupun amatir, terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini membantu dan dapat bermanfaat untuk anda..... see you again!!!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:24:00 PM
Tags :

Related : Peraturan Permainan Bola Voli Internasional Terbaru

0 komentar:

Post a Comment