Langsung ke konten utama

Sejarah Bola Basket Di Dunia dan Indonesia

Sejarah Bola Basket Di Dunia dan Indonesia - Bola Basket adalah sebuah olahraga atau permainan yang diciptakan secara tidak sengaja dan dianggap sebagai olahraga unik karena penciptaannya itulah dengan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga olah raga, bola basket adalah olahraga yang unik. sejarah mencatat Pada tahun 1891 Dr. James Naismith yaitu seorang guru olahraga yang berasal dari Kanada dia yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk mahasiswa profesional di YMCA di Springfield Massachusetts.

Sejarah Bola Basket Di Dunia dan Indonesia

Sejarah Bola Basket Dunia

Dia di tuntut harus membuat suatu permainan yang bisa di mainkan di ruang tertutup (indoor) untuk mengisi kekosongan waktu para mahasiswa ketika masa liburan musim dingin di New England sehingg kondisi para mahasiswa pun tidak menurun. Sejarah bola basket dunia tercatat permainan bola basket Terinspirasi dari sebuah permainan yang pernah dia mainkan pada saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan sebuah permainan yang sekarang biasa dikenal sebagai bola basket pada tangga 15 Desember 1891. Baca juga Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya

Menurut cerita yang beredar dalam sejarah bola basket sempat mengalami sebuah penolakan dari beberapa gagasan karena permaianan bola basket dianggap terlalu keras dan kurang cocok untuk dimainkan di dalam ruangan atau di gelanggang-gelanggang olahraga tertutup, kemudian dia menulis beberapa peraturan dasar bermaian bola basket dan kemudian membuat sebuah keranjang dan di tempelkan di dinding ruang sebuah gelanggang olahraga, dan kemudian meminta para mahasiswa untuk mulai memainkan permainan bola basket ciptaannya itu.

Sejarah Pertandingan resmi bola basket yang pertama dipertandingkan dan diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 yang bertempat di tempat kerja Dr.James Naismith. Nama Basket pada awalnya adalah sebuah sebutan yang diucapkan oleh salah satu muridnya dan kemudian terkenal dan Olahraga bola basketpun terkenal di seantero Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun diselenggarakan di seluruh kota-kota negara bagian Amerika Serikat sampai sekarang dan kemudian sebuah kejuaraan bola basket di bentuk dan di kenal sampai sekarang dengan nama NBA (National Basketball Asociation).

Pada mulanya setiap tim berjumlah sembilan orang pemain dan tidak ada dribble (menggiring bola) dalam cara bermain bola basket dan bola hanya dapat berpindah melalui lemparan. Sejarah peraturan permainan bola basket ketika itu diawali dari 13 peraturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith.

Sejarah Bola Basket Indonesia

Ada beberapa informasi mengatakan Sejarah awal masuknya permaian bola basket bersamaan dengan kedatangan para pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan Indonesia. Yaitu lebih tepatnya sejak pada tahun 1894, permainan bola basket sudah dimainkan oleh orang-orang Cina di Provinsi Tientsien sehingga kemudian menyebar luas ke seluruh daratan di Cina. Mereka yang berdagang ke Indonesia adalah kelompok orang yang keadaanya menengah kaya yang memilih olahraga dari Amerika itu (bola basket) sebagai identitas kelompok penduduk Cina modern.

Sebuah informasi yang ini diperkuat oleh sebuah fakta menjelang pada awal kemerdekaan, klub-klub bola basket yang ada di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya yang sebagian besar tumbuh dan berkembang dari sekolah-sekolah Cina. Dan dari klub itu pula kemudian terlahirlah salah seorang pemain legendaris dalam sejarah basket Indonesia, dan namanya adalah Liem Tjien Siong yang kemudian banyak dikenal dengan nama Sonny Hendrawan ketika itu Pada tahun 1967 Sonny terpilih sebagai Pemain Terbaik di Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan. ketika itu tim Indonesia menduduki menduduki peringkat ke-4 di bawah Filipina, Korea, dan Jepang.  Baca artikel terkait Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional

Kemudian pada gelaran kejuaraan PON I yang digelar di Solo, permainan bola basket ini sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan ketika itu. Hal ini membuktikan bahwa permainan bola basket sangat cepat memasyarakat dan mudah diakui oleh negara-Negara tersebut. Selang tiga tahun kemudian, Maladi yaitu Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi seorang Menteri Olahraga.

Dia kemudian meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk sebuah organisasi bola basket. Pada akhirnya dikarenakan sebuah tuntutan kebutuhan untuk menyatukan organisasi basket di Indonesia, disepakatilah sebuah pembentukan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955 yang disingkat dengan Perbasi. 

Demikianlah artikel tentang Sejarah permaian Basket Dunia dan Indonesia semoga dengan ini anda dapat mengetahui awala mulanya permainan bola basket di ciptakan baik itu di duni maupun di Indonesia.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…