Wednesday, September 14, 2016

Sejarah Bola Voli Secara Lengkap

Sejarah Bola Voli Secara Lengkap - Bola voli adalah salah satu permainan atau olah raga yang menggunakan bola besar, olah raga ini dimainkan oleh dua grup atau tim yang saling berlawanan dengan masing-masing grup memiliki pemain maksimal enam orang. Permainan bola Voli dimainkan dengan cara memukul bola dengan kedua tangan ataupun oleh satu tangan dengan ketentuan poin ketika bola yang dipukul jatuh di area lawan dan melewati net atau tidak menyangkut di net.

Sejarah awal adanya bola voli adalah ketika itu bola voli bernama Mintonette, ketika itu seorang instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tahun 1895 tanggal 9 februari di Holyoke Amerika Serikat. Baca juga Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Beserta Gambarnya

Sejarah Bola Voli Secara Lengkap

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli diberi nama Mintonette (nama sebelum jadi bola Volli). Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani dari YMCA, yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). 

Kemudian Setelah bertemu dengan James Naismith yaitu seorang yang pertama pencipta olahraga bola basket dia lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939, Morgan selanjutnya menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette (sebelum jadi Bola Volli). James Naismith adalah salah seorang olahragawan yang sangat bersejarah hidupnya didedikasikan sebagai instruktur pendidikan jasmani dari YMCA, demikian pula William G. Morgan yang juga mendedikasikan hidupnya untuk seorang instruktur pendidikan jasmani dari YMCA. 

William G. Morgan adalah seorang yang lulusan dari Springfield College of YMCA, dia menciptakan menciptakan permainan Mintonette (sebelum Berganti menjadi Bola Voli) ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith (pencipta Basketball). Olahraga permainan Mintonette adalah merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan menggabungkan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter permainan olahraga menjadi satu, yaitu mulai dari bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan yang dimainkan di dalam air. Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus untuk anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini selanjutnya dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) yaitu pada tahun 1896, di lakukan ketika demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School dengan itu lah Pada awal tahun 1896 diatas, Dr. Luther Halsey Gulick yaitu seorang Director yang Professional terhadap Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director dalam Department of Physical Education di the International Committee of YMCA.

Yaitu sebagai pakar olahraga di YMCA ketika itu mengundang dan meminta Morgan untuk memperagakan permainan baru yang telah dia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, peragaan tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Didalam kesempatan tersebut, Morgan mengambil dua tim yang pada masing-masing dalam tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, pencipta bola volli yaitu Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan dan tidak ada batasan.  Baca Juga Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional dan Gambarnya

Dan menurut penjelasannya ketika saat itu, permainan ini dapat dimainkan oleh banyak pemain dengan Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan Bola Voli. Untuk sasaran dari permainan ini adalah dengan mempertahankan bola agar tetap bergerak dan tidak jatuh ketananh dengan melewati net yang sudah di tentukan tingginya, dari wilayah satu ke wilayah lain (wilayah lawan). 

Sekian postingan kali ini semoga dengan adanya artikel ini anda akan mengetahui bagaimana Bola Voli itu di ciptakan dengan adanya artikel ini sejarah bola voli akan anda ketahui semoga bermanfaat trimakasi........
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 1:22:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Bola Voli Secara Lengkap

0 komentar: