Langsung ke konten utama

Sejarah Mailing List Indonesia

Sejarah Mailing List Indonesia - Diskusi serta interaksi antar manusia merupakan kunci keberhasilan Internet. Salah satu alat yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah email memakai jasa mailing list server yg dapat menampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui email sekaligus.

Di tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti saat ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di wilayah Berkeley, Amerika serikat membuat mailing list pertama Indonesia dengan alamat email indonesians@janus. www.Berkeley.edu.

Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi seperti diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yg diangkat lebih banyak mengenai obrolan antar umat beragama.
Sejarah Mailing List Indonesia
Mail
Baca juga : Pengertian Email dan Jenisnya
Di samping mailing list bertema keagamaan, ada juga mailing list Indonesia yg sifatnya keilmuan seperti:

1. Pau-mikro@ee.Umanitoba.Ca dan pada kemudian hari sebagai mailing list awal para hacker Indonesia.
2. Ids@listserv.Syr.Edu adalah jaringan kajian pembangunan Indonesia,

Dengan adanya Internet di negara Indonesia di tahun 1993-1994 dan kepulangan para mahasiswa yang belajar di luar negeri kembali ke Indonesia, mailing list Indonesia secara bertahap terbentuk di Indonesia.

Dua perangkat PC dengan spesifikasi Pentium II di Institut Teknologi Bandung (ITB) yg artinya sumbangan Alumni Institut Teknologi Bandung telah menyumbangkan banyak jasanya buat pembentukan awal komunitas maya Indonesia yang akhirnya jumlahnya mencapai ratusan mailing list. Beberapa mailing list yg bertahan di ITB hingga hari ini adalah itb@itb.Ac.Id dan  dosen@itb.Ac.Id.
Baca : Manfaat Email dan Fungsinya

Sebagian besar  mailing list yang tertera diatas merupakan sejarah. Keberadaan serta arsip banyak mailing list Indonesia pada masa lalu bisa kita lihat alamat http://www.Umanitoba.Ca/indonesia/milis.Html atau http://www.Airland.Com/id/komputer/milis.Html.

Pada hari ini, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada fasilitas gratis yg pada berikan oleh yahoogroups.Com yang bisa diakses melalui situs http://groups.Yahoo.Com dan Google di mesin http://groups.Google.Com. Di negara Indonesia jasa diskusi mailing list cuma cuma dilakukan mesin http://groups.Or.Id yang diletakan pada Internet Service Provider CBN.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…