Langsung ke konten utama

Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya

Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya - Bola Basket adalah salah satu jenis olah raga yang paling banyak di minati, namun demikian dalam bermain basket seseorang di haruskan memiliki teknik yang cukup bagus dalam memainkannya baik itu Teknik dasar maupun teknik tambahan. Teknik bermain basket perlu anda ketahui karena tidak sembarangan orang dapat memainkannya, Basket adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan dengan masing-masing tim ber anggotakan lima orang dalam satu tim. 

Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya

Pertandingan dilakukan dengan saling mencetak angka dengan cara memasukan bola kedalam keranjang lawan. permainan basket memiliki tensi pertandingan yang begitu tinggi sehingga pemain dituntut untuk memiliki fisik skil dan teknik yang cukup tinggi dalam memainkannya. Teknik permainana bola basket dapat di asah tergantung posi si pemain tersebut, untuk posisi dalam bermain basket ada tiga posisi yaitu Defense (pemain bertahan) yaitu pemain yang bertugas untuk menjaga ring untuk tidak kemasukan bola oleh pemain lawan.  Baca juga artikel lain tentang Ukuran Lapangan Bola Basket Standar Internasional

Posisi yang kedua adalah Playmeker (Pemain tengah) pemain tengah yang bertugas menjaga keseimbangan tim dari bertahan ke menyerang, posisi yang terkhir adalah pemain Forward (pemain penyerang) yaitu pemain yang bertugas menyerang lawan dan menciptakan poin untuk memmenagkan pertandingan. 

Permainan Bola Basket adalah salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat tidak kalah dengan sepak bola, khususnya di kalangan masyarakat Amerika, namun demikian di kalangan masyarakat lainpun juga sangat digemari seperti di Eropa, Asia, dan daerah yang lainnya termasuk di indonesia permainan bola basket di indonesia adalah salah satu permainan atau olah raga yang digemari kedua setelah sepak bola. Di amerika permainan bola basket memiliki kompetisi liga bola basket yang biasanya dikenal dengan ssingkatan NBA (National Basket Association) dan di Indonesia yaitu NBL (National Basketball League.

Teknik Bermain Bola Basket

Berikut ini merupakan beberapa teknik dasar bermain bola basket, dengan ini anda dapat memainkan basket dengan baik karena dalam mengetahui teknik dasar ini anda akan bisa memainkan permainnan bola basket dengan lebih mudah.

Teknik Cara Memegang Bola

Dalam memegang bola sikap tangan di bentuk membengkok seperti mangkuk, posisi bola di pegang dengan kedua tangan berada di samping bola dan agak ke belakang. untuk jari di letakan merenggan seging ga dapat menyentuh dan memegang semua bagian bola. Posisi ibu jari diletakan diletakan di belakang bola dengan sedikit dekat dengan dada, posisi kaki sedikit di bengkokan membentuk kuda-kuda, dengan salah satu kaki kedepan, badan dicondongkan kedepan dan posisi lutut harus rileks.

Teknik Cara Menangkap Bola

Cara menangkap bola teknik dilakukan dengan memperhatikan dulu arah datangnya bola selanjutnya bola di jemput dengan jari jari tangan dan dicengkram dengan rileks, saat bola sudah di cengkram dengan kedua tangan dan jari-jari langsung melekat dan mencengkram bola dengan erat. ketika bola datang dari atas kepala kemungkinan teknik mengangkap dilakukan dengan sambil melompat, ketika bola datang searah tinggi dada maka yang dilakukan dengan mmbentuk kuda-kuda dan bersiap dengan datngnya bola.

Teknik Mengoper Bola 

Untuk Teknik mengoper bola sangat lah mudah bola di genggam dengan tangan sebagaimana teknik menggenggam tadi dan selanjutnya adalah melempatkan bola dengan kedua tangan dalam teknik mengoper ada tiga macam cara yaitu teknik Over head pass (teeknik mengoper di atas kepala) teknik yang kedua adalah tknik chest Pass (teknik mengoper di deppan dada) dan yang terakhir adalah teknik Bounce Pass (teknik yang dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai lapangan) 

Teknik Menggiring Bola (Dribling)

Teknik menggiring bola atau bisaa di sebut dribling ball adalah salah satu teknik dasar yang harus asangat dikuasai oleh pemain baseket karena ketika akan menyerang bola harus dimainkan seperti dipantul pantulkan ke lantai lapangan karena apa bila pemain memegang bola tetapi tidak dimainkan atau menggiring bola dengan tidak di mainkan maka pemain akan dikenai hukuman atau pelanggaran.

Teknik Memasukan bola (shooting)

teknik ini juga adalah teknik yang harus dikuasai karena biasanya ketinggian ring dan penghadangan lawan sangat lah ketat ketika itu maka bola dilemparkan atau shooting, teknik shooting dilakukan agar bola masuk kedalam ring dan mendapatkan angka. teknik shooting dilakukan sebagai berikut. Pertmatama bbola digenggam dengan kedua tangan dimana tangan tumpuan di sisi bola sebagai penyeimbang bola dan tangan terkuat di belakang bola agar bola dapat dilempar dengan tepat, posisi badan agak condong kebelakang dan tangan membengkok sehingga ada sedikit ancang-ancang agar lemparan lebih kuat, kemudian pandangan pokus ke ring dan lemparkan sesuai ketepatan anda kedalam ring.  Baca selengkapnya Tinggi Ring Basket Untuk Putra dan Putri

Demikian postingan kali ini semoga dengan adanya artikel tentang  Teknik Dasar Bola basket semoga dapat membuat anda lebih terampil dalam bermain Basket karena teknik dasar merupakan teknik yang harus benar benar dikuasi sebelum anda bermain basket, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dlam proses pembelajaran dan pengenalan mengenai Teknik Bola basket. Sekian dan terimakasi semoga bermanfaat.......

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…