Jumat, 09 September 2016

Teknik Dasar Softball dan Cara Melakukannya

;
Teknik Dasar Softball dan Cara Melakukannya - Sofbol adalah salah sat permainan atau olahraga yang memerlukan teknik serta kekuatan yang tinggi sehingga Pemain Softball haruslah memiliki teknik serta sekil yang bagus dalam memainkannya. Dalam permainnan softball seorang pemain harus menguasai teknik yang bagus dengan teknik yang bagus maka pemain akan memberikan kontribusi yang bagus juga untuk permainan tim. 


Berikut ini beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain softball yaitu seperti dalam hal melempar bola, menangkap bola dan juga dalam memukul bola. Penguasaan teknik ini adalah dasar seorang pemain softbal sehingga penguasaannya sangat di haruskan untuk pemain softball. Berikut ini adalah beberapa teknik dalam bermain softball dan cara melakukannya. Baca juga jumlah Pemain Softball Tiap Regu
 
Teknik Dasar Softball dan Cara Melakukannya

Teknik dasar Melempar Bola

Teknik melempar bola dalam permainan atau olahraga softball harus dikuasai oleh seorang pemain, karena pelemparan bola akan terjadi bahkan akan sering dilakukan ketika permainnan berlangsung. Adapun cara melakukan teknik pelemparan adalah sebagai berikut.
  • Sikap badan tegap, pandangan lurus kearah lemparan.
  • Kedua tangan lurus kedepan, kaki tunpuan didepan kaki terkuat dibelakang.
  • setelah itu badan sedikit di serongkan, selanjutnya tangan yang akan digunakan untuk melempar diputar kedepan, kemudian keatas dan kebelakang. kaki tumpuan diangkat.
  • setelah tangn di putar kebelakang badan di condongkan kebelakang, jaga keseimbangan, setelah itu tangan diayun kedepan berbarengan dengan melempar bola.
  • setelah itu kaki yang di angkat di simpan didepan sbagai tumpuan sesudah melempar bola untuk menahan dorongan badan.

Teknik Dasar Menangkap Bola

Pergerakan dalam menangkap bola dapat dilakukan dengan menggunakan satu tangan ataupun dengan kedua tangan. dalam menangkapk bola harus diperhatikan arah datangnya bola. Dalam menangkap bola terdapat beberapa teknik khusus berikut merupakan beberapa teknik khusus dalam menangkap bola.

ketika bola tatang dengan ketinggian setinggi dada tangkapan dilakuakan dengan berdiri kaki agak mengangkang. Kedua tangan sikap tangan lurus kedepan diletakan setinggi bahu, telapak tangan dibuka dan pandangan tetap menuju pada bola.

Ketika bola datang melambung bola ditangkap dengan kedua tangan menghadap keatas, tangan diangkat dengan ukuran di atas dahi dan pandangan tetap menuju ke bola.

Cara melakukan teknik penangkapan ketika bola datang lurus menysur diatas tanah, untuk teknik ini dilakukan bisa dengan beberapa cara yaitu. dengan berdiri membungkuk dan keduatangan diletakan di depan kaki, teknik kedua yaitu dengan berlutut kedua tangan diletakan di depan lutut, cara yang terakhir yaitu dengan berdiri pada satu lutu yang diletakan didepan dan kedua tangan diletakan diantara kedua kaki.

Teknik dasar Memukul Bola

Teknik dasar memukul bola dilakukan dengan sikap badan berdiri kaki terbuka dan kedua tangan memegang tongkat pemukul atau Stik. untuk cara melakukan teknik memukul di lakukan sebagai berikut.

Pertama-tama letakan tongkat pemukul di atas bahu, selanjutnya badan condong sedikit kekanan, dan posisikaki kanan lebih maju dan di bengkokan, posisikaki kiri lurus. Pandangan pokus pada arah datangnya bola, dan selanjutnya ayunkan pemukul kedepan hingga mengenai bola yang datang dengan sekuat tenaga. Baca juga Pengertian Softball Beserta Gambarnya

Teknik Memegang Stik softball

Untuk teknik memegang stik perlu diperhatikan, karena teknik ini tidak boleh sembarangan, teknik memegang setik ada beberapa macam yaitu teknik memegang Panjang, Tengah, dan atas.

Teknik memegang stik dengan pegangan Panjang, stik dipegang didekat ujung dengan meningkatkan kekuatan tengah dan kekuatan pukulan.

Teknik memegang setik dengan pegangan tengah, setik dipegang dibagin tengah stik kurang lebih 5 cm dari bonggol stik untuk mendapatkan kekuatan dan akurasi pukulan.

Teknik memegang di atas yaitu teknik yang dipakai ketika memegang stik di ukuran kurang lebih 10 cm di atas bonggol. teknik ini dilakukan dengan harapan mendapatan kekuatan pukulan dan dapat mengontrolnya dengan lebih baik.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 00.49.00
Tags :

Related : Teknik Dasar Softball dan Cara Melakukannya

0 komentar:

Posting Komentar