Saturday, September 10, 2016

Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia - Naskah Teks Proklamasi Klad merupakan asli tulisan tangan sendiri oleh Ir. Soekarno sebagai pencatatnya dan diambil dari karangan Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo.

Adapun orang yang merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia ialah Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S. Miyoshi, S. Nishijima, Soekarno, Mohmammad Hatta dan Achmad Soebardjo.

Baca juga : Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia dan Bangsa Lain

Ketika itu, Para Golongan muda yang berada diluar meminta untuk Membacakan Teks Proklamasinya dengan cara sekeras mungkin. Namun, orang Jepang tidak mengizinkan. Hanya saja beberapa kata yang dituntut yaitu kata diserahkan, dikasihkan, merebut, dan penyerahan. Akhirnya yang dipilih oleh Negara Indonesia yaitu Pemindahan Kekuasaan.

Setelah teks proklamasi dirumuskan dan kemudian dibacakan, akhirnya teks proklamasi tersebut disiarkan diradio milik Jepang dan diseluruh pelosok Negeri pun mendengarkan Teks Proklamasi Kemerdekaan tersebut.

Naskah Teks Proklamasi Klad




Dibawah ini adalah Teks Proklamasi tersebut:
Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
Dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17-8-‘05
Wakil-wakil Bangsa Indonesia.

Yang lucunya, Naskah Proklamasi Klad ini dibuang begitu saja, sampai pernah ada ditempat sampah rumah Laksamana Muda Maeda, agar Naskah asli ini dapat diselamatkan, maka disimpanlah selama 46 thn, 9bulan dan 19hari sampai deberikan pada Presiden Soeharto di Bina Graha tepatnya tanggal 29 Mei 1992.

Teks Proklamasi Mengalami Perubahan


Naskan Proklamasi Otentik (naskah proklamasi yang mengalami Perubahan), adalah merupakan hasil Ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik (seorang tokoh muda yang selalu ikut andil dalam persiapan Proklamasi). Teks Proklamasi yang baru isinya adalah sebagai berikut:

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Perlu diketahui juga oleh kita semua, bahwa Teks Naskah Proklamasi yang lama maupun yang baru itu terdapat tahun yang ditulis dengan 05 karena pada saat itu yang digunakan adalah tahun dan penanggalan Militer Jepang yang sesuai dengan tahun di Jepang, lebih tepatnya tahun 2605.

Baca juga : Makna Pembukaan UUD 1945

Tokoh-tokoh yang Merundingkan Perumusan Teks Proklamasi

Berikut dibawah ini Tokoh yang dengan langsung merumuskan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI:
a. Ahmad Subardjo memberi usulan untuk kalimat pertama yaitu lafad: “ Kami rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan kami” kemudian diubah menjadi “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”.

b. Soekarno menulis konsep untuk kalimat keduanya, yaitu lafad: “Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan, dan lain-lain akan diselenggarakan dengan cara yang secermat-cermatnya serta dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”.

c. Mohammad Hatta orang yang telah menggabung 2 pendapat dari kalimat diatas dan disempurnakan sehingga berbunyi seperti teks Proklamasi yang sekarang kita pakai dan kita miliki.

Pidato Proklamasi Kemerdekaan RI

Tugu Proklamasi ataupun Tugu Proklamasi yang berada di Jalan Proklamai (dulu itu namanya jalan Pegangsaan Timur) termpat dimana dibacakannya Naskah Proklamasi dan Pidato Proklamasinya tanggal 17 Agustus tahun 1945.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:12:00 AM
Tags :

Related : Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

0 komentar:

Post a Comment