Langsung ke konten utama

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional dan Internasional

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional dan Internasional - Gawang adalah salah satu hal terpenting dalam permainan sepak bola karena gawang merupakan sebuah acuan dan tempat dimana para pemain sepak bola mencetak angka dengan demikin gawang adalah hal yang terpenting dalam permainan sepakbola. Gawang di definisikan sebagai sebuah acuan rintangan yang dibuat oleh manusia. Didalam dunia olahraga dan atletik gawang adalah sebuah rintangan. 

Dengan adanya rintangan atau gawang seorang atlet harus melalui gawang dengan cara melompati gawang. Dalam pertandingan sepak bola gawang berguna sebagai sasaran parra pemain untuk menciptakan angka dengan acuan gawang sebagai pengacunya dengan demikian gawang adalah sebagai tanda seseorang memasukan atau tidaknya bola. Baca juga Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional dan Internasional

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional dan Internasional

Penentuan golnya sebuah bola detentukan dengan bola melewati atau tidak nya pada garis gawang yang di buat, garis tersebut berada antara 2 tiang gawang mulai dari ujung gawang yang satu kemudian di tarik garis lurus ke tiang gawang yang kedua.

Dalam permainan sepak bola peraturan resmi menganai gawang belumlah pasti karena setiap generasi mengalami perubahan jadi hampir dalam setiap pertandingan ketika bola masuk atau tidaknya kedalam sebuah gawang selalu ada perselisihan karena itulah lalam mementukan peraturan gawang sampai sekarang masih dipertanyakan kepastiannya. 

Untuk itu paba bulan desember 1882 diadakan konferensi FA didalam konferensi tersebut aturan resmi tentang gawang dibahas, yaitu tentang pengertian gawang dalam permainan sepak bola, dengan demikian pengertian gawang adalah dua buah tiang yang ditancapkan dengan jarak 8 yard dengan diatasnya diberi mistar dengan tinggi 8 kaki dari tanah. pada awal mulanya gawang ada dengan tidak adanya jaring.

Namun hal tersebut kemudian mulai dirundingkan kembali dan padasaat itu ada seorang warga Liverpool bernama Brodie dia memakaikan jala atau jaring di gawang pada saat akan bermain bola, dan jala gawang untuk pertama kali digunakan pada pertandingan resmi yaitu pertandingan antara tim sepak bola The North vs The South pada Januari 1981. 

Gawang memiliki komponen yang terbuat dari besi dengan masing-masing tiang berukuran sama dan juga terbentang sebuah jaring agar bola yang masuk kedalam gawang lebih jelas terlihat dan juga lebih mudah diketahui. Didalam peraturan sepakbola gawang sudah ditetapkan setandarisasinya yang harus dipatuhi oleh setiap pertanding dalam menyelenggarakan pertandingan dan menyediakan lapangan. setandar tesebut meliputi bagaimana bentuk gawang dan ukuran gawang. Berikut ini merupakan beberapa setandar resmi untuk ukuran dan bentuk gawang.

Ukuran Gawang Sepak Bola

Pertama tama gawang haruslah diletakan di setiap garis lebar lapangan yaitu disetiap ujung garis lapangan dalam satu langan terdapat dua gawang yang masing masing diletakan di tengah tengah, bentuk gawang yaitu berbentuk persegi panjang jika dilihat dengan seksama, gawang terdiri dari dua tingan yang biasanya ditancapkan di tanah sehingga gawang tidak akan bergerak ketika terkena sentuhan pemain, ukuran tinggi gawang yaitu sekitar 2,44 m dengan panjang antar tiang sekitar 7,32 m. Perlu anda perhatikan ukuran gawang dihitung dari sisi dalam tiang dan mistar gawang, adapun untuk ukuran lubang jaring atau jala biasanya sebesar 10 cm.

Untuk kekuatan ketahanan sebuah gawang harus terbuat dari besi sebagai tiang dan mistarnya atau bahan lainnya dengan persetujuan dari FIFA akan tetapi biasnya sebuah gawang terbuat dari Besi, dengan bentuk bulat atau elips dengan diberi warna putih sehingga gawang terlihat lebih jelas. Baca juga Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Lengkap

Tiang gawang yang digunakan haruslah kuat sehingga tidak bergeser ketika ada pemain yang menyentuhnya, supaya gawang tidak bergeser anda bisa menancapkannya ke dalam tanah ataupun yang lainnya sehingga gawang tidak bergeser, begitu pula jaringnya biasanya jaring terbuat dari serat pelastik yang kuat sehingga ketika bola masuk kedalam gawang jaring tidak akan sobek terkena bola yang keras, jaring haruslah melekat pada tiang, mistar dan tanah sehingga tidak mengganggu kinerja seorang penjaga gawang atau kiper. 

Demikian Artikel kali ini tentang Ukuran Gawang Sepakbola semoga dengan adanya artikel ini anda dapat lebih mudah mengenai bagai mana dan berapa ukuran gawang sepak bola yang sudah ditetapkan oleh peraturan nasional maupun internasional. Semoga artikel ini membantu, terimakasih Brafo sepakbola Indonesia.....

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…