Langsung ke konten utama

Aspek Geografi Dan Contohnya

Aspek Geografi Dan Contohnya - Geografi adalah sebuah ilmu yang menerangkan tentang tata letak, keadaan, dan beberapa bagian mengenai bumi dan alam semesta. Dalam pembentukannya ilmu geografi memiliki beberapa aspek tertentu. Geografi juga mempunyai sebuah kajian dengan ruang yang luas sehingga mempunyai banyak sekali aspek pendukung dalam disiplin ilmu sehingga berkaitan dengan aspek geografi. Hubungan geografi dengan aspek aspek lain dalam disiplin ilmu dapat kita bedakan dalam beberapa aspek yang berada pada geografi antara lain sebagai berikut.

Aspek Fisik

Aspek Fisik geografi adalah sebuah aspek penting yang mengkaji segala sesuatu hal dari fenomena geografi yang dapat memengaruhi keberlangsungan makhluk hidup dan manusia manusia. Sehingga Aspek fisik dari geografi tersebut dapat berupa aspek-aspek yang lainnya.  Baca juga kosef dasar Geografi dan contohnya

Aspek Geografi Dan Contohnya
Seperti aspek astronomis, kimiawi, biologis dan semua fenomena alam yang dapat diamati di alam semesta ini baik itu dari bumi sendiri maupun dari yang lainnya. Aspek fisik memiliki beberapa bagian tertentun dalam susunannya berikut merupakan beberapa paktor yang berada dalam aspek fisik.
  • Aspek Topologi, adalah sebuah aspek yang membahas letak suatu wilayah, sehingga dapat berbentuk muka bumi, luas area dan batas-batas wilayahnya dengan ciri khas tertentu.
  • Aspek Biotik adalah sebuah aspek yang membahas tentang mengenai hal-hal yang berkaitan terhadap unsur-unsur vegetasi (tumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan sehingga membahas kajian penduduk.
  • Aspek Abiotik adalah sebuah aspek yang membahas tentang unsur kondisi tanah, hidrologi atau tata air. Baik perairan darat maupun luat dan juga kondisi iklim suatu wilayah.

Aspek Sosial

Aspek Sosial adalah sebuah aspek yang mengkajikan hubungan antara manusia dengan fenomena geografi atau juga keadaan makhluk hidup sekitarnya. Aspek sosial dapat meliputi dari berbagai aspek dalam kehidupan yaitu, seperti aspek politik, antropologis, ekonomis dan aspek yang dapat berhubungan dengan pola hidup manusia (kebudayaan).

Manusia dipandang sebagai faktor utama pada kajian geografi ini dengan cara memperhatikan pola penyebaran dalam ruang dan juga perilaku manusia terhadap lingkungannya sendiri. Macam-macam aspek yang dibahas dalam aspek sosial ini adalah sebagai berikut.

  • Aspek Sosialisasi, adalah sebuah aspek yang membahas mengenai tentang unsur-unsur sosial, seperti tradisi, adat-istiadat, komunitas lingkungan, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial yang berada di lingkungannya.
  • Aspek Ekonomi, adalah sebuah aspek yang membahas mengenai tentang unsur-unsur ekonomi, seperti pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar yang berada di lingkungannya.  Baca juga letak geografis dan astronomis indonesia
  • Aspek Budaya, adalah sebuah aspek yang membahas mengenai tentang unsur-unsur budaya, seperti pendidikan, agama, bahasa dan kesenian yang berada di lingkungannya.
  • Aspek Politik, adalah sebuah aspek yang membahas mengenai tentanng unsur-unsur kepemerintahan yang dapat terjadi pada kehidupan di masyarakat.
Dengan demikian semua penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa aspek geografi ada dua yaitu meliputi aspek Fisik dan juga asfek sosial. Asfek Fisik tersusun dari beberapa unur aspek yaitu (Aspek topologi, aspek Biotik, dan Aspek Abiotik), Aspek Sosial juga tersusun dari beberapa unsur aspek yaitu apek (aspek sosialisasi, aspek ekonomi, aspek budaya, dan aspek Politik). Sekian postingan kali ini semoga denagn adanya artikel tentang spek Geografi Dan Contohnya ini anda akan lebih mengetahui apasaja aspek penyusun geografi itu. Terimakasi......


Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…