Langsung ke konten utama

Bacaan dalam Sholat

Bacaan dalam Sholat -


Tata cara melakukan sholat ataupun kaefiatnya memang sangat susah dibandingkan dengan gerakannya. Karena ini menyangkut dengan kekhusyuan kita ketika melaksanakannya dalam hati. Yang akan saya paparkan pada kesempatan ini yaitu bacaan dalam sholat. Semoga dengan artikel ini dapat menambah keinginan kita dalam melaksanakan sholat dengan khusyu’ sesuai dengan syari’at islam yang telah diajarkan kepada kita. Amiiin

Perlu kita ingat juga, sesibuk apapun kegiatan kita janganlah sampai menyepelekan sholat. Karena sholat merupakan pokok dari segala amal sholeh dan amal baik kita di dunia ini.

Sabda Rosulullah SAW. Dalam haditsnya tentan sholat adalah sebagai berikut:

"Assolatu 'imaduddin, fa man aqomaha faqod aqomaddin waman hada faqod hada maddin"

Artinya :"Sholat itu adalah tiang agama, maka barang siapa yang mendirikannya maka sungguh ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkannya sungguh mereka telah meruntuhkan agama." (HR. Bukhari).



Rukun Sholat dalam Kitab Safinah


Rukun sholat dalam kitab safinah ada 17 poin, berbeda dengan rukun shalat yang ada dalam kitab riyadul badi’ah yang ada 13 poin. Disini yang akan saya jelaskan dalam kitab safinahnya, karena safinah merupakan dasar sekali ilmu fiqih. Biasa di kaji oleh para ibtida di pondok pesantren salafi.

Berikut penjelasannya:

1.Niat
2.Takbirotul ihrom
3.Berdiri
4.Membaca surah al-fatihah
5.Ruku’
6.Tumaninah dalam ruku’
7.I’tidal
8.Tumaninah ketika I’tidal
9.Sujud
10.Tumaninah saat sujud
11.Duduk diantara dua sujud ataupun duduk iftirasy
12.Tumaninah dalam duduk antara 2 sujud
13.Duduk dalam roka’at terakhir
14.Tasyahud akhir
15.Membaca sholawat
16.Mengucapkan salam
17.Tertib


Itulah diatas rukun sholat yang harus kita kerjakan dan jangan sampai kita tinggalkan, jika ada yang tertinggal maka sholat kita tidak sah alias harus ulangi kembali.

BACAAN DALAM SHOLAT


Dengan Detail saya akan paparkan bacaan bacaan dalam sholat yang biasa kita lakukan:

1.Mengucapkan niat dalam hati

Niat pada hakikatnya adalah perbuatan hati, jadi tidak ada niat jika hati tidak mengucapkannya, dan tidak ada niat jika hati kita tidak khusyu’ dan ikhlas mengucapkannya.
Berikut bacaan niat sholat yang 5 waktu:

•Niat Sholat Subuh :
Usolli fardu subhi rokataeni mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu subuh dua rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."

•Niat Sholat Dzuhur :
Usolli fardu duhri arbaarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu dzuhur empat rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."

•Niat Sholat Asar :
Usolli fardu asri arbaarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu asar empat rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."

•Niat Sholat Magrib :
Usolli fardu magribi salasarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu magrib tiga rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."

•Niat Sholat Isya :
Usolli fardu isya'i arbaarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu isya empat rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."

2. Pembacaan do’a iftitah (dilakukan sebelum fatihah)

Bacaannya yaitu di bawah ini:
 "Allahu akbar kabiro walhamdulillahi kasiro wasubhanallahibukrota waasila. Inni wajjahtuwajhiyalilladi fatorossamawati walardo hanifammuslima wama ana minal musyrikin. Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin. Lasyarikalahu wabidalika umirtu waana minal muslimin."

3.Membaca surat al-fatihah

4.Melakukan ruku’. Berikut bacaan ketika kita sedang ruku’ :

"Subhanarobbiyal 'adimi wabihamdihi" dibaca sebanyak 3x

5.kemudian berdiri lagi dengan membaca takbir dan doa I’tidal. Berikut ini bacaan ketika I’tidal:

 "Sami'allahuliman hamidah. Robbana lakal hamdu mil ussamawati wamil ulardi wamil umasyi'ta ming syaiim ba'du."

6.Sujud pertama

Di bawah ini bacaan ketika kita sujud pertama:

 "Subhanarobbiyal'ala wabihamdihi." dibaca 3x

7.Duduk diantara 2 sujud, dengan membaca kalimat berikut ini :

 "Robbigfirli warhamni wajburni warfa'ni warjukni wahdini wa'afini wafuanni."

8.Melakukan sujud kembali untuk sujud ke dua dengan bacaan seperti pada sujud pertama.

9.Duduk kembali dan membaca tasyahud akhir jika sudah pada roka’at terakhir, namun jika belum kembali berdiri saja. Berikut bacaan tasyahud akhir:

"Attahiyatul mubarokatussholawatut toyyibatulillah. Assalamualaika ayyuhannabiyyu warrohmatullohi wabarokatuh. Assalamu"alaina waala ibadillahis sholihin."

Selanjutnya bacaan syahadat dan sholawat:

"Asyhadu allailaha illallah waasyhaduanna muhammadarrosulullah. Allahumma solli 'ala syaidina muhammad wa'ala ali syaidina muhammad. Kama shollaita 'ala syaidina ibrohim wa'ala ali syaidina ibrohim. Wabarik 'ala syaidina muhammad wa'ala ali syaidina muhammad. Kama barokta 'ala syaidina ibrohim wa'ala ali syaidina ibrohim. Fil'alamina innaka hamidum majid. Allahuma inni 'audubika min'adabil kobri wamin adabinnar wamin fitnatil mahya wamamati wamin fitnatil masihiddajah. Allahumag firli makodamtu wama akhortu wama asrortu wama asroptu wama a'langtu wama angta a'alamu bihi minni. Angtal mukoddimu waangtal muakhiru lailaha illa angta subhanaka inni kuntum minaddolimin. Ispalana ya rosulallah pijamadil mahdi."

10.Terakhir, sesuai dengan ketartibannya, maka mengucapkan salam. Berikut ini bacaan salam:

Memalingkan wajah ke kanan : "Assalamu'alaikum warrohmatullah". Lalu baca :"Allahumma inni asaluka paujabil jannah"

Memalingkan ke kiri : "Assalamu'alaikum warrohmatulloh". Lalu baca : " Allahumma inni asaluka najjata minannar"

Setelah salam, lalu usap wajah dengan membaca :
"Bismillahi lailaha illa huarrohmanurrohim. Allahuma hab aniyal hama wal hajan"

Selesailah tata cara dan bacaan sholat dari saya, semoga membawa rohmat dan maghfiroh untuk kita semua. Amiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…