Langsung ke konten utama

Bacaan Shalat

BACAAN SHALAT -


Shalat shalat dan shalat. Itulah amalan penting yang harus ditanamkan dalam kehidupan muslim sehari-harinya. Maka dari itu, bagaimana jika kita kita terus shalat tapi tidak memakai ilmunya, termasuk bacaannya pun masih pada salah? Nah, amalan seperti itu akan ditolak oleh Allah SWT. Untuk itu mari kita sebarkan “watawaashou bil haq watawaashou bissobr”. Untuk pembahasan saat ini saya akan membahas tentang Bacaan Shalat.

1)Takbirotul Ihram


Lafadz bacaannya: “Alloohu Akbar” yang artinya: Allah Maha Besar

2)Do’a Iftitah Shalat


Allaahu akbar kabiira, walhamdulillaahi katsiira, wa subhanallaahi bukrataw, waashiila
(Allah Maha Besar, dan Segala Puji yang sangat banyak bagi Allah, dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang)

Lengkap tutorial dan bacaan sholat bahasa arab lengkap artinya


Innii wajjahtu wajhiya, lillazii fatharassamaawaati walardha, haniifam, muslimaa, wamaa ana minal musrykiin
(Sungguh aku hadapkan wajahku kepada wajah-Mu, yang telah menciptakan langit dan bumi, dengan penuh kelurusan dan penyerahan diriku, dan aku tidak termasuk orang-orang yang mempersekutuan Engkau/Musryik)

Innasshalaatii, wa nusukii, wa mahyaaya, wa mamaati, lillaahi rabbil 'aalamiin
(Sesungguhnya shalatku dan ibadah qurbanku, hidupku dan matiku, hanya untuk Allaah Rabb Semesta Alam)

Laa syariikalahu, wabidzaalika umirtu, wa ana minal muslimiin
(Tidak akan aku menduakan Engkau, dan memang aku diperintahkan seperti itu, dan aku termasuk golongan hamba yang berserah diri kepada-Mu)

3)Surat Al-fatihah (pasti kita sudah mengetahui bagaimna jelasnya dan artinya juga, maka dari itu saya tidak akan memaparkannya pada artikel ini).


4)Membaca surat-surat pilihan dari salah satu ayat al-qur’an


5)Ruku’ dan Tumaninah didalam Ruku’


Bacaannya:
“Alloohu Akbar” (menggerakan badan)
“Subhaana Robbiyal Adziimi Wabihamdihi” dibacanya 3x

6)I’tidal dan Tumaninah dalam I’tidalnya


Bacaannya ialah:
Sami'allaahu, li, man, hamidahu : (Mudah-mudahan Allah mendengar, kepada sesiapa yang memuji-Nya)
Rabbanaa, lakal, hamdu : (Yaa Tuhan kami, bagi- Mu segala Puji)
Mil ussamaawaati, wa mil al ardhi, wa mil a maa shikta, min shai in, ba'du : (Sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki, dari sesuatu dan sesudahnya).

7)Sujud dan tumaninah ketika sujud


Bacaannya:
Allaahu' Akbar : (Allah Maha Besar)
Subhaana, rabbiyal, a'laa, wa, bihamdihi : (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Luhur, dan aku memuji-Nya) minimalnya dibaca sebanyak 3 kali, lebih pun tidak apa.

8)Duduk diantara Dua Sujud dan tumaninah ketika duduknya


Bacaannya:
Allaahu' Akbar : (Allah Maha Besar)
Allaahummaghfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa'nii, wahdinii, wa 'aafinii, warzuqnii : (Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah kekuranganku, sehatkanlah aku, dan berilah rejeki kepadaku).

9)Tasyahud Awwal


Bacaannya:
Allaahu' Akbar : (Allah Maha Besar)

Attahiyyaatul mubaarakaatus shalawaatut thayyibaatulillaah : (Segala ucapan selamat adalah bagi Allah, dan kebahagiaan serta kebaikan)

Assalaamu' alayka ayyuhannabiyyu warahmatullaahi wa barakaatuh : (Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi, dan beserta Rahmat Allah, dan berkat-Nya)

Assalaamu 'alayna wa 'alaa 'ibaadillaahis shaalihiin : (Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada kami pula, dan kepada sekalian hamba-hambanya yang soleh)

Asyhadu allaa ilaaha illallaah : (Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan kecuali Allah)

Wa asyhadu annaa muhammadar rasuulullaah : (Dan aku bersaksi, bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya, dan Rasul-Nya).

10)Duduk Tasyahud Akhir


Bacaannya:
Allaahu' Akbar (Allah Maha Besar)
mengulang kembali bacaan dari Duduk Tasyahud Awal lalu diteruskan dengan:

Allaahumma, shalli 'alaa muhammad, wa 'alaa, aali muhammad : (Ya Allah, berikanlah kebahagiaan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad)

Kamaa, shallayta, 'alaa ibrahiim, wa 'alaa, aali ibraahiim : (Sebagaimana telah Engkau berikan kebahagiaan kepada Ibrahim, dan kepada keluarga Ibrahim)

Allaahumma, baarik, 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad : (Ya Allah, berikanlah berkah kepada Muhammad, dan kepada keluarga Muhammad)

Kamaa, baarakta, 'ala ibraahiim, wa 'alaa, aali ibraahiiim : (Sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrahim, dan kepada keluarga Ibrahim)

Fil 'aalamiina Innaka, hamiidummajiid : (Sesungguhnya Engkau, Maha Terpuji lagi Maha Mulia).

11)Membaca Salaman

Bacaannya:
Assalaamu' alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh : (Salam sejahtera untukmu, Rahmat Allah dan berkat-Nya)

Akhirnya, telah selesailah artikel saya siang hari ini. Semoga banyak beri manfaat untuk kita semua. Amiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…