Langsung ke konten utama

Bacaan Sholat 5 Waktu

Bacaan Sholat 5 Waktu -


Sholat 5 waktu adalah kewajiban kita sebagai muslim untuk mendirikannya baik yang tua, dewasa maupun anak-anak. Untuk itu wajib lah kepada ibu dan bapak selaku orang tua untuk mengajarkan nya dari usia dini sampai dewasa. Jika kita tidak dapat mengajarkannya, maka titipkanlah pada lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, madrasah dan pengajian lainnya, agar kelas dewasanya menjadi orang yang terbiasa melakukan sholat.

Orang yang meninggalkan sholat sangatlah rugi.. karena apa? Karena siksa Allah SWT, sangat pedih terhadapnya. Sesuai dengan ketentuan Allah SWT, yang telah mewajibkan sholat bagi semua orang islam maka kita harus melihat makna wajib tersebut. Pengertian dari wajib dalam ilmu fiqih ialah “jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan mendapat kan siksa”. Na’uudzu Billaah….

Kita sholat 5 waktu itu berbeda-beda, bagi yang belum tahu, maka ini urutannya sholat yang harus dikerjakan:

a.Subuh
b.Dzuhur
c.Ashar
d.Maghrib
e.Isya’

lengkap panduan dan do'a bahasa arab bacaan sholat 5 waktu

BACAAN SHOLAT 5 WAKTU LENGKAP


a)Bacaan Sholat Subuh


Shalat subuh merupakan suatu sholat yang termasuk dalam salahsatu 5 waktu sholat wajib. Sholat subuh wajib dilakukan jika sudah terlihat fajar kala pagi. Sholat subuh ini dilaksanakan sebanyak 2 roka’at dan satu kali salaman.

Ketika roka’at kedua biasanya memakai QUNUT untuk madzhab syafi’i. kalaupun tidak suka memakai qunut tidak apa-apa. Sangat saya anjurkan kepada semua kaum muslimin untuk melakasanakan sholat subuh ini dengan cara berjama’ah. Karena ganjaran ataupun pahala nya sangat besar dibandingkan dengan sholat menyendiri.

Berikut bacaan sholat subuh:

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii Fardhosh Shubhi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa-An Lillaahi Ta’aala”

Yang Artinya ialah :
Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka’at menghadap kiblat ikhlas karena Allah Ta’ala

b)Bacaan Sholat Dzuhur


Sholat Duhur merupakan sholat yang dilakukan pada tengah hari, disini kita diwajibkan melaksanakannya sebanyak 4 roka’at sholat dengan 1 kali salam. Sholat dzuhur ini dilakukan ketika lebih sedikit bayangan matahari dari waktu tengah-tengah siang sekali. Maka jika sudah terlebih sedikit masuklah waktu sholat dzuhur ini.

Berikut di bawah ini bacaan niat sholat dzuhurnya:

اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii Fardhodl Dhuhri Arba’a Raka’aatim Mustaqbilal Qiblati Adaa-An Lillaahi Ta’aala”

Yang artinya ialah:
Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka’at menghadap kiblat ikhlas karena Allah Ta’ala

c)Bacaan Sholat Ashar


Sholat Ashar adalah sholat yang dikerjakan pada sore hari. Disini kita harus sholat sebanyak 4 raka’at. Dengan 1 kali salam, seperti halnya sholat duhur tadi.

Berikut bacaannya:

اُصَلّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii Fardhol ‘Ashri Arba’a Raka’aatim Mustaqbilal Qiblati Adaa-An Lillaahi Ta’aala’

Artinya ialah :
Aku berniat shalat fardu ‘Ashar empat raka’at menghadap kiblat ikhlas karena Allah Ta’ala

d)Bacaan Niat Shalat Magrib


Sholat Maghrib merupakan sholat yang dikerjakan pada pertama kali waktu malam masuk menurut hisab. Pada waktu ini kita harus melaksanakan sholat sebanyak 3 Roka’at dan satu kali salam. alangkah baiknya dengan berjamaah dilakukannya.

Berikut bacaannya sholat magrib:

اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii Fardhol Maghribi Tsalaatsa Raka’aatim Mustaqbilal Qiblati Adaa-An Lillaahi Ta’aala”

Berikut Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala

e) Bacaan lengkap Shoolat Isya’


Sholat isya adalah sholat yang dikerjakan setelah magrib, atau sekitar pukul 19.00 WIB. Disini diwajibkan untuk kita sholat sebanyak 4 raka’at dengan 1x salaman. Sholat ini sangat dianjurkan untuk melaksanakannya secara berjama’ah. Karena sholat ini beda ganjarannya dengan sholat fardhu yang lain, bedanya yaitu pahala nya paling besar Karena godaannya juga paling besar untuk yang akan melaksanakannya.

Inilah bacaannya shalat isya’:

اُصَلّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII FARDHOL ‘ISYAA’I ARBA’A RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya :
Aku berniat shalat fardu ‘Isya empat raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala


Catatannya sangat penting @@@ :

Untuk niat bacaan sholat, tergantung dari yang melaksanakannya, karena disini beda-beda. Jika ma’mum begini dan jika imam pun begini, jika sholat sendiri begini jika sholat berjamaah begini, untuk pemaparannya perhatikan contoh niat dibawah ini:


Ketika sholat berjama’ah sebagai ma’mum, maka bacaan lafadz niat sholatnya adalah sebagai berikut :

Bacaan sholat sebagai ma’mum


اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii Fardhol Maghribi Tsalaatsa Raka’aatim Mustaqbilal Qiblati Adaa-An Ma’muuman Lillaahi Ta’aala”

Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat Sholat Fardhu untuk seorang Imam:


اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii Fardhol Maghribi Tsalaatsa Raka’aatim Mustaqbilal Qiblati Adaa-An Imaaman Lillaahi Ta’aala”

Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat sebagai Imam karena Allah Ta’ala


Terimakasih telah menyimak dan membaca. Semoga bisa mengamalkannya dan menjadi amal sholeh bagi saya sendiri sebagai penulisnya. Amiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…