Bacaan Sholat Idul Adha Lengkap dengan Panduan Tata Caranya

Bacaan Sholat Idul Adha – 


Sholat Idul Adha adalah sholat sunat yang dikerjakan ketika lebaran Idul Adha saja, ataupun ketika Bulan Haji. Sholat Idul Adha ini hukumnya Sunat Muakad yang artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan. 


Maka dari itu kesempatan besar ketika umat muslim merayakannya, karena didalamnya terhadapat hikmah dan keutamaan yang luar biasa. Meskipun sunat, tapi peminat dari orang yang mengerjakan sholat ini lebih banyak daripada sholat fardhu..hehe. ya begitulah gambaran orang yang hidup di zaman sekarang, banyak yang salah kaprah, yang fardhu dianggap sunat, giliran yang sunat banyak yang seolah-olah menganggapnya fardhu.

Karena dari itu, saya berfikir untuk memberikan sedikit ilmu yang dipunya untuk memberikan bacaan sholat idul adha ini, agar orang-orang tidak hanya tahu saja, namun bisa melakukannya dengan baik dan benar sesuai dengan aturan syara'.

Tata Cara Sholat Idul Adha lengkap dengan gerakannya

Waktu sholat idul adha


Sholat idul adha ini dikerjakan ketika tanggal 10 bulan dzul-hijjah, ketika orang-orang yang di haji sedang berada di ‘arofah dan kita di Indonesia khususnya melakukan qurban. Biasanya sholat idul adha ini dilakukan secara berjamaah ketika tepat waktunya sholat duha.

Niat sholat idul adha


Seperti biasa, sholat idul adha pun dilakukan sebagaimana umumnya sholat sunat biasa, begitu juga niatnya. Berikut lafadz niat sholat idul adha:

Untuk ma’mum nya:

اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

“Usholli Sunnata 'Iidhil Adhaa Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Ma'muuman Lillaahi Ta'aala”
Artinya: saya niat sholat sunat idul adha dua roka’at menghadap ke kiblat sebagai ma’mum ikhlas karena Alloh Ta’ala.

Untuk imam nya:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA”
Artinya: saya niat sholat sunat idul adha dua roka’at menghadap ke kiblat sebagai imam ikhlas karena Alloh Ta’ala.

Tata cara Sholat Idul Adha


Sholat idul adha dilakukan sebanyak 2 roka’at dengan jumlah takbir yang berbeda-beda. Baiklah, untuk tata caranya adalah sebagai berikut:

1.Takbirotul ihrom disertai dengan niat sebagaimana diatas yang telah dijelaskan. Untuk melakukannya sama halnya dengan sholat yang biasa kita kerjakan

2.Selanjutnya, membaca takbir tambahan sebanyak tujuh kali bahkan ada juga yang memperbolehkannya sebanyak 9 kali takbiran sebelum membaca surat al-fatihah. Dari setiap itungan takbir diperbolehkan untuk kita mengangkatkan kedua tangan kita sebagaimana yang telah difatwakan oleh Ibnu ‘Umar. Ibnul Qayyim mengatakan, “Ibnu ‘Umar yang dikenal sangat meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengangkat tangannya dalam setiap takbir.”

3.Pada setiap bacaan takbir tidak ada yang dikhususkan untuk bacaannya, namun yang pernah saya temui adalah hadits riwayat Ibnu Mas’ud. Beliau berkata: “Diantara tiap takbir, hendaklah menyanjung dan memuji Allah”. Syaikhul Islam mengatakan bahwa sebagian salaf diantaranya selalu membaca bacaan takbir berikut:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي


“Subhanallah Wal Hamdulillah Wa  Laa Ilaha Illallah Wallahu Akbar. Allahummaghfirlii War Hamnii”
Artinya: maha suci Alloh, segala Pujian bagi Alloh, tidak ada yang patut disembah dengan sebenar-benarnya selain Alloh, Ya Alloh, ampunilah aku dan romatilah aku.

Yang perlu diingat, bahwa bacaan takbirnya tidak hanya ini saja, boleh apapun kalimatnya yang penting menandakan pujian bagi Alloh SWT.

4.Selanjutnya, kita bacakan surat Al-Fatihah, jika sedang menjadi ma’mum maka dengarkan saja bacaannya, dan ketika imam selesai membaca fatihah, baru kita membaca fatihah ketika imam membaca surat pilihannya.

5.Perlu diketahui, bahwa Nabi Muhammad SAW, membacakan surat Qaaf pada roka’at pertama sholat idul adha, dan membaca surat Al-Qomar pada roka’at keduanya. Ini dijelaskan dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar. ‘Umar bin Al Khattab pernah menanyakan pada Waqid Al Laitsiy mengenai surat apa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Idul Adha dan ‘Idul Fithri? Ia pun menjawab, “Nabi Muhammad SAW, membaca surat “Qoof, wal qur’aanil majiid” dan “iqtarobatissa’atu wan syaqqol qomaar”.

6.Kita diperbolehkan juga untuk membaca surat al-a’laa pada roka’at pertama dan surat al-gosyiyah pada roka’at keduanya. Itu juga dianjurkan untuk pelaksanaan sholat jum’at dan sholat idul fitri.

Keterangan ini dijelaskan oleh suatu hadits yang diriwayatkan oleh An-Nu’man Bin Basyir, Nabi SAW, bersabda:  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca dalam shalat ‘ied maupun shalat Jum’at “Sabbihisma robbikal a’la” (surat Al A’laa)dan “Hal ataka haditsul ghosiyah” (surat Al Ghosiyah).” An Nu’man bin Basyir mengatakan begitu pula ketika hari ‘ied bertepatan dengan hari Jum’at, beliau membaca kedua surat tersebut di masing-masing shalat.

7.Jika telah selesai membacakan surat pilihannya, maka kita ruku’, sujud sebaimana yang telah biasa kita lakukan dan bangkit kembali untuk melakukan roka’at kedua.

8.Ketika kita masuk pada roka’at kedua, maka kita harus bertakbir kembali sebelum surat al-fatihah, jika di roka’at pertama kita takbir 7 kali, maka roka’at kedua kita takbir 5 kali. Jika pada roka’at pertama kita takbir sebanyak 9 kali, maka kita takbir 7 kali pada roka’at keduanya.

9.Kembali lagi kita membacakan surat al-fatihah dan melanjutkannya sebagaimana gerakan sholat lain hingga kita akhiri dengan salam sebagai penutup dari sholat idul adha ini.

Terimakasih telah membaca artikel saya, semoga besar manfaatnya untuk kita semua. Amiiin.
Bacaan Sholat Idul Adha Lengkap dengan Panduan Tata Caranya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Desuci Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar