Thursday, October 6, 2016

Bacaan Sholat Idul Fitri Lengkap

Bacaan Sholat Idul Fitri –


Sholat Idul Fitri merupakan sholat yang di kerjakan ketika 1 syawal pada tahun hijriyah tertentu. Dimana sebelumnya umat muslim khususnya telah melaksanakan kewajiban mereka yaitu berpuasa romadhon full satu bulan lamanya.

Dengan adanya hari raya idul fitri ini, para muslim mendapatkan kemenangan mereka atas kesabaran yang di laluinya selama satu bulan penuh, maka dari itu di sunahkan pula untuk melakukan sholat sunat ketika hari raya tersebut.

Maka dari itu, pada postingan kali ini saya kan memberikan panduan tentang bacaan dan tata cara sholat idul fitri yang baik dan benar sesuai dengan rukun syara’ yang telah di tentukan.

Waktu Sholat Idul Fitri


Sholat idul fitri di laksanakan dimulai terbitnya matahari dari arah timur sampai tergelincirnya, biasanya yang lazim dilaksanakan oleh para Umat Muslim yaitu ketika waktu sholat duha. Pelaksanaannya juga boleh dikerjakan sendirian, boleh juga dikerjakan secara berjama’ah, namun alangkah lebih baiknya jika sholat idul fitri ini dikerjakan dengan cara berjama’ah.

Panduan Tata Cara Sholat Idul Fitri lengkap dengan Bacaannya

Bacaan Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya Lengkap


Berikut ini kaefiat ataupun tata cara dan bacaan sholat idul fitri dengan lengkap:

1.Ketika malam takbir, biasanya sampai subuh pun masih terdengar gema takbir hari raya. Nah pada saat itu, alangkah baiknya kita segera melaksanakan mandi sunnat Hari Raya, karena disana sangatlah dianjurkan untuk kita, karena menandakan hari raya adalah dimana orang-orang mendapatkan kemenangan mereka kembali ke fitrah, begitu pula kita rohani jasmani pun harus bersih dan suci.

2.Tepatnya pada tanggal 01 bulan syawal, setelah kita mandi sunat, lalu berangkatlah ke masjid (jika yang di masjid) atau ke lapang seraya memperbanyak bacaan takbir.

3.Sesampainya di masjid, maka segeralah sholat tahiyatul masjid, lalu setelahnya kembali mengumandangkan takbir sampai tiba waktunya berjama’ah melaksanakn sholat idul fitri.

4.Setelah akan dimulai sholat idul fitri, maka segeralah berniat dan dibarengkan dengan bacaan takbirotul ihrom seraya mengangkat kedua tangan kita untuk melaksanakan sholat sunat idul fitri. Berikut lafadz sholat idul fitri nya:


“Ushallii sunnatal li'iidil-fithri rak`ataini lillaahi ta'aalaa”

Artinya: Aku niat shalat sunah `Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta `ala.

5. Setelah kita masuk pada roka’at pertama, maka yang harus dilakukan adalah membaca do’a iftitah kemudian takbir sebanyak 7 kali dalam setiap sudah takbir maka disunatkan mengangkat kedua tangan sebagaimana gerakan takbirotul ihrom. Berikut bacaan takbir idul fitri sebelum fatihahnya:


“Subhaanallaah wal-hamdu lillaah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar”

Artinya: Mahasuci Allah, dan segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan melainkan Allah dan Allah Mahabesar.

6.Jika kita telah selesai takbir dan tasbih, maka bacalah surat al-fatihah, jika berjama’ah berarti hanya imam saja yang membacanya, ketika imam membaca surat setelah fatihah barulah giliran kita membacanya. Namun sunat membaca surat setelah fatihahnya yaitu surat Qof atau pun surat al-A’la, sebagaimana Rosulullah SAW selalu melakukannya ketika hari raya.

7.Adapun gerakan sholat seterusnya setelah surat ba’da fatihah, itu sama saja sebagaimana biasanya sholat kita lakukan, dari mulai i’tidal, ruku, sujud, duduk diantara dua sujud dan sujud ke dua lalu keatas lagi untuk melaksanakan roka’at kedua, itu sama saja seperti halnya kita sholat biasa, bacaanya pun sama.

8.Jika sudah masuk pada roka’at kedua, maka ketika sebelum fatihah kita membaca takbir kembali, namun itungannya berbeda dengan roka’at pertama, yaitu sebanyak 5 kali takbir.

9.Setelah kita baca takbir di roka’at kedua sebelum fatihah, maka kita membaca kembali surat pilihan, disunatkan disini membaca surat al-gosyiyah. Karena Rosulullah suka akan surat tersebut sebagaimana yang selalu dibacakannya ketika hari raya. Kalau kita berjama’ah berarti imam lah yang membacakan suratnya.

10.Selanjutnya, kita mengikuti gerakan imam dan bacaannya pun sama seperti sholat-sholat lainnya.

11.Setelah kita sholat, maka denganrkan khutbah yang dilakukan oleh khotib. Khutbahnya sama seperti sholat jum’at yaitu sebanyak 2 kali, namun yang membedakan ini adalah ketika khutbah di hari raya si khotib membacakan takbir dulu sebanyak 9 kali pada khutbah pertama dan 7 kali pada khutbah kedua, pembacaannya pun harus berturut-turut. Kita sebagai pendengar wajib diam dan mendengarkan khutbah tersebut, termasuk tidak boleh terlihat aurat bagi perempuan.

12.Alangkah baiknya ketika khutbah dalam hari raya idul fitri kita menjelaskan tentang zakat, puasa dan hal-hal yang berkaitan dengan adanya idul fitri.

13.Lafadz yang harus dibaca ketika takbiran yaitu:

“Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar. Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil-hamdu. 3x Allaahu akbar kaburaw wal-hamdu lillaahi katsiiraa wa - subhaanallaahi bukrataw wa ash'vlaa. Laa ilaaha illallaahu wa laa na`budu illaa iyyaahu mukhlishiina lahud-diina wa lau karihal-kaa6ruun. Laa ilaaha illallaahu wahdahu shadaqa wa'dahu wa nashara `abdahu wa a'azza jundahu wa hazamal¬ahzaaba wahdah. Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil-hamdu.”


Allah Mahabesar (3 kali). Tidak ada tuhan melainkan Allah, dan Allah Mahabesar, Allah Mahabesar dan segala puji bagi Allah. Allah Mahabesar dan aku mengagungkan Allah dengan sebesar-besar keagungan. Dan segala puji bagi Allah dan kami memuji Allah sebanyak-banyaknya. Mahasuci Allah pada pagi dan petang, tidak ada tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang kami sembah kecuali hanya Allah, dengan ikhlas kami beragama kepada-Nya, walaupun orang-orang kafir membenci. Ddak ada tuhan melainkan Allah sendiri-Nya, benar janji-Nya, dan Dia menolong hamba-Nya, dan Dia mengusir musuh nabi-Nya dengan sendiri¬Nya, tidak ada tuhan melainkan Allah, Allah Mahabesar Allah Mahabesar dan bagi-Nya segala puji.

14.setelah saya jelaskan bacaan sholat idul fitri, maka perlu kita ketahui sesungguhnya sholat idul fitri itu bisa dan harus dilakukan dari kalangan muslim yang semuanya. Termasuk anak kecil, orang muda dan tua juga harus. Sebagaimana keterangan ini Nabi Muhammad SAW, jelaskan dalam haditsnya:

“An Ummi `Athiyyah qaalat: Kunnaa nu'maru an nakhruja yaumal-`iidi hattaa nakhrujal-bikra min khidrihaa hattaa nakhrujal-huyyadha fa yakun khalfan-naasi fa yukabbirna bitakbiirlhiiii wa yad'uuna bidu`aa'ihini yarjuuna barakatan dzaaGkal-yaumi wa thuhratah”

Dari Ummi `Athiyah katanya: `Kami diperintahkan pergi shalat hari raya, bahkan anak-anak gadis keluar dari pingitannya. Juga perempuan-perempuan yang sedang haid (datang bulan) tetapi mereka hanya berdiri saja di belakang orang banyak, dan turut takbir dan berdoa bersama-sama dan mereka mengharapkan beroleh keberkahan dan kesucian hari itu'. (HR. Bukhari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 1:22:00 AM
Tags :

Related : Bacaan Sholat Idul Fitri Lengkap

0 komentar:

Post a Comment