Langsung ke konten utama

Bacaan Sholat Sunnah Lengkap

BACAAN SHOLAT SUNNAH LENGKAP -


sholat sunnah merupakan sholat yang sering kita kerjakan pada selain sholat fardhu. Jenis dari sholat sunnah ini begitu banyak, hingga tidak dapat saya rincikan secara detil nya. 


Dari salahsatu jenis sholat sunnah, yang sering kita lakukan dan termasuk sholat sunnah muakad hukumnya ialah sholat sunnah rowatib. Sholat sunnah ini dilaksanakan sebelum dan sesudah sholat fardhu, tergantung aturan yang di perbolehkan oleh Rosulullah SAW, dalam pelaksanaannya.

Kadang kita sering melaksanakan sholat tersebut jika ingin, namun terkadang juga kita sering melewatkan sholat tersebut, karena memang itulah manusia yang imannya yazid (bertambah) dan yanqush (berkurang). Dikalah kita sedang ingin melaksanakannya biasanya iman kita sedang bertambah pada haqiqatnya, dan sebaliknya kalau kita sedang malas mengerjakannya, maka pada haqiqatnya iman kita sedang bertambah.

lengkap dengan tulisan arab dan do'a nya

Untuk lebih dalam lagi saya akan menjelaskan bacaan yang sering dibaca pada sholat sunnah. Berikut penjelasannya:

A.Niat Bacaan Sholat Sunnah


a.Bacaan Sholat sunnah dzuhur

Sebelum fardhu:

“Ushallii sunnatazh-zhuhri rak`ataini qabliyyatal lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar”
yang artinya ialah: Aku niat shalat sunah sebelum zhuhur dua rakaat karena Allah Ta `ala. Allaahu akbar.

Sesudah fardhu:

“Ushallii sunnatazh-zhuhri rak'ataini ba`diyyatal Iiilaahi ta'aalaa. Allaahu akbar”
yang artinya ialah: Aku niat shalat sunah sesudah zhuhur dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allaahu akbar.

b.Bacaan Sholat Sunnah Ashar


Sebelum Fardhu:

“Ushallii sunnatal-`ashri rak'ataini qabliyyatal lillaahi ta`aalaa. Allaahu akbar”
yang artinya ialah: Aku niat shalat sunah sebelum asar dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allaahu akbar.

c.Bacaan Sholat Sunnah Maghrib


Setelah Fardhu:

“Ushallii sunnatal-maghribi rak'ataini ba'diyyatal lillaahi ta'aahta. Allaahu akbar”
yang artinya ialah: Aku niat shalat sunah sesudah maghrib dua rakaat karena Allah Ta `ala. Allaahu akbar.


d.Bacaan Sholat Sunnah Isya’


Sebelum Isya’:

“Ushallii sunnatal-`isyaa'i rak'ataini qabliyyatal lillaahi ta`aalaa. Allaahu akbar”
yang artinya ialah: Aku niat shalat sunah sebelum isya' dua rakaat karena Allah Ta `ala. Allaahu akbar.

Setelah Isya’:

“Ushallii sunnatal-`isyaa'i rak'ataini ba'diyyatal lillaahi ta'aa¬laa. Allaahu akbar.”
yang artinya ialah: Aku niat shalat sunah sesudah isya' dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allaahu akbar.

e.Bacaan Sholat Sunnah Subuh


Sebelum Subuh:

“Ushallii sunnatal-fajri rak'ataini lillaahi ta`aalaa. Allaahu akbar”
yang artinya: Aku niat shalat sunah fajar dua rakaat, karena Allah Ta'ala. Allaahu akbar.

B.Fadilah ataupun Keuntungan Melaksanakan Sholat Sunnah


1.Keunggulan Sholat Sunnah sebelum Subuh menurut Sabda Nabi Muhammad SAW, dalam haditsnya:

Bacaan dan panduan sholat sunnah rowatib

`An `Aa'isyata radhiyallaahu `anhaa `anin-nabiyyi shallallaahu `alaihi wa sallama qaala: Rak`atal-fajri khairum minad-dun-yaa wa maa fihaa.

"Dari Aisyah ra. bahwa Nabi saw. telah bersabda: Dua rakaat fajar (shalat sunah yang dikerjakan sebelum subuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. "' (HR. Muslim).


2.Keuntungan Sholat Sunnah sebelum waktu Dzuhur yang diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW,:

Lengkap artikel tentang sholat sunnah dan bacaannya

`Anibni `Umara radhiyallaahu `anhu qaala: Shallaitu ma'a rasuulillaahi shallallaahu `alaihi wa sallama rak'ataini qablazh-zhuhri wa rak`ataini ba`dahaa wa rak'ataini ba`daljumu'ati wa rak`ataini ba'dal-`isyaa'i.

Artinya adalah : Dari Ibnu Umar ra. ia berkata: `Pernah saya shalat bersama Rasulullah saw. dua rakaat sebelum zhuhur dan dua rakaat sesudah zhuhur, dan dua rakaatsesudah Jum'at dan dua rakaat sesudah isya'. "' (HR. Bukhari dan Muslim)


C.Tata Cara dan Bacaan Sholat Sunnah Lengkap


perlu diketahui, bahwasannya pelaksanaan sholat Sunnah seperti biasa layaknya kita sholat fardhu biasa, namun yang jadi pembeda bagaimana jenis sholat Sunnah yang kita kerjakannya. Berikut dalam blog saya ini terdapat lengkap berbagai jenis tata cara dan bacaan sholat Sunnah tersebut, tinggal anda cari saja di tab “search”.

Dan untuk do’a iftitah, itu sebaiknya dibacakan saja meskipun dalam sholat Sunnah. Karena didalamnya terdapat berbagai  macam pendapat yang berbeda-beda. Ada yang mengharuskan dan ada yang memperbolehkan untuk tidak dibacakan, namun dengan demikian mereka pun mempunyai dalil dan argumennya masing-masing.

Sekian artikel saya kali ini semoga banyak manfaat untuk kita semua. Amiiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…