Langsung ke konten utama

Bacaan Sholat Wajib Paling Lengkap

Bacaan Sholat Wajib –


Sholat wajib atau yang sering kita sebut dengan sholat fardhu merupakan suatu kewajiban seorang muslim yang telah baligh dan mempunyai akal untuk melaksanakannya. Dimana sholat wajib ini menjadi sebuah tolak ukur bagi manusia untuk timbangan amalnya.

Waktu Sholat Wajib


Sholat wajib dikerjakan sebanyak 5 waktu dalam satu hari satu malam. Mengapa bisa? Karena diibaratkan suatu barang jika sering dibersihkan contoh dalam satu hari satu malam barang tersebut di cuci sebanyak 5 kali, terbayangkan bagaimana bersihnya? Nah. Ini pun menjadi alasan mengapa kita harus melakukannya dalam satu hari satu malam itu 5 kali, karena kita manusia biasa yang tentunya banyak melakukan kesalahan dan banyak sekali membuat dosa yang terasa maupun tidak, maka dari itu Allah SWT, menyuruh kita membersihkan hal tersebut dari jasmani kita sebanyak 5 kali dan insya allah akan bersih sekali jasmani kita dari dosa-dosa dan kesalahan tersebut.

Bacaan dan panduan lengkap tentang sholat wajib

Rokaat Sholat Wajib


Sholat wajib yang harus 5 waktu dikerjakannya dalam satu hari satu malam mempunyai roka’at yang berbeda dari masing-masing waktu, rinciannya adalah sebagai berikut:

a.Subuh
Sholat subuh dikerjakan sebanyak 2 Roka’at sholat
b.Dzuhur
Sholat Dzuhur harus dikerjakan dengan jumlah 4 raka’at
c.Ashar
Sholat ashar wajib kita kerjakan sebanyak 4 roka’at
d.Magrib
Sholat maghrib diperintah dikerjakan sebanyak 3 roka’at sholat
e.Isya’
Dan sholat isya’ ini harus dilakukan sebanyak hitungan 4 raka’at sholat

Bacaan Sholat Wajib secara Rinci dan Lengkap


1.Niat sholat

subuh
اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 
Dzuhur
اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Ashar
اُصَلّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 
Maghrib
اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 
Isya’
اُصَلّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

2.Bacaan Takbirotul Ihrom

Lafadz “Alloohu Akbar”

3.Bacaan Do’a Iftitah

اللَّهُمَّ باعِد بَيْني وبَيْنَ خَطايايَ كما بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ, اللَّهُمَّ نَقِّنِي الخَطايا كما يُنَقّى الثَّوْبُ الأبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ, اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطايايَ بالمَاءِ والثَّلْجِ وَالبَرَدِ‏.
Allohumma baa'id baenii wa baena khotooyaayaa kamaa baa 'adta baenal masyriqi wal maghribi, Allohumma naqqinii min khotooyaayaa kamaa yunaqqist tsaubul abyadu minad danasi, Allohummagsil khotooyaayaa bil maa'i wa tsalji wal barod.

4.Bacaan Surat Fatihah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
يَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

5.Bacaan Surat-surat pilihan sesuai dengan yang kita hafal

6.Bacaan Ruku’

“Subhaana Robial ‘adiimi wabihamdihi” 3x

7.Bacaan Do’a I’tidal setelah ruku’

“Robbanaa Lakal Hamdu Mil’us Samaawaati Wamil-ul Ardi Wamil-U Maa Syi’ta Min Syai’in Ba’du”

8.Bacaan Sujud

“Subhaan Robbial A’laa Wabihamdih” 3x juga

9.Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud (Iftirosy)

“Alloohummagfir Lii Warhamnii, Warfa’nii, Warzuqni, Wahdinii, Wa’aafinii, Wa’fu ‘Annii”.

10.Bacaan Tasyahud Akhir

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى  مُحَمَّد وعلى آلِ  مُحَمَّد كَمَا صَلَّبْتَ عَلَى  إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى  مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ   مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى   إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ  إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد

11.Bacaan Do’a Setelah Tasyahud Akhir

اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ

12.Bacaan Salam dalam Sholat

"Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh"


Sahabat buku sekolah semua, terimakasih telah menyimak, mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan silahkan komentar saja. Terimakasih sekali lagi telah bersedia membaca artikel singkat tentang bacaan sholat wajib ini dari saya, semoga besar manfa’at untuk kita semua, amiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…