Langsung ke konten utama

Bacaan Takbiratul Ihram

Bacaan Takbiratul Ihram -


Takbirotul ihrom merupakan salahsatu dari rukun sholat yang sering kita lakukan. Dimana kita melakukan shola fardhu maupun Sunnat maka selayaknya lah kita hafal akan bacaan takbiratul ihram tersebut, baik dalam keadaan imam maupun menjadi ma’mum.

Rosulullah Bersabda dalam haditsnya yang bunyinya:

مِفْتَاحُ الصَّلَاةِ الطُّهُورُ، وَتَحْرِيمُهَا التَّكْبِيرُ، وَتَحْلِيلُهَا التَّسْلِيمُ

Artinya ialah:
“Kunci shalat itu adalah bersuci, lalu memulainya dengan takbir kemudian mengakhirinya dengan ucapan salam.

Takbiratul ihram adalah takbir yang pertama kali kita bacakan saat sholat. Sebagaimana yang tertulis langsung dalam ta’rif atau definisi sholat, takbir ini merupakan hal paling wajib yang harus kita kerjakan dalam sholat.

lengkap gerakan dan gambar dalam panduan bacaan takbiratul ihram ini

LAFADZ TAKBIRATUL IHRAM


Lafadz ataupun bacaan takbiratul ihram ialah sebagai berikut:

اَللهُ اَكْبَرُ 

Yang artinya ialah: “Allah SWT, itu Maha Besar

Lalu, timbullah suatu pertanyaan, “apakah wajib mengangkat tangan kita saat takbiratul ihram?” nah, jawabannya adalah tidak wajib, namun Sunnah muakad.
Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Utsaimin yang berkata:

رفع اليدين عند تكبيرة الإحرام، وعند الركوع، وعند الرفع منه، وعند القيام من التشهد الأول سنة

Artinya adalah: “mengangkat kedua tangan kita ketika takbiratul ihram dan ketika ruku’, lalu ketika I’tidal dan ketika berdiri lagi dari posisi tasyahud awwal hukumnya Sunnat”.

PELETAKAN TANGAN KETIKA TAKBIRATUL IHRAM


Keadaan Telapak Tangan ketika TAKBIRATUL IHRAM

Takbiratul Ihram posisi tangan kita jangan di bentangkan semuanya, jangan pula digenggam.
Jari-jari tangan kita harus menghadap ke kiblat (pami tiasa).
Rosullullah Pun Bersama shohabatnya :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ فِي الصَّلَاةِ رَفَعَ يَدَيْهِ مَدًّا

Atinya adalah:
Rosulullah SWT, ketika masuk ke sholat, maka beliau memindahkan tangannya dan dibentangkan 2 fungsinya.

 Berikutnya:
1.   Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ إِذَا افْتَتَحَ الصَّلاَة

BACAAN TAKBIRATUL IHRAM


1.    Mengangkat tangan pada sejajar dengan pundak dan ukurannya juga sama.
2.    Selanjutnya mengangkat tangan sekaligus do’a disana.
3.    Mambaca takbir lalu mengerjakan niat dalam hati
4.    Bacaannya "ALLOOHU AKBAR"

WAKTU TAKBIRATUL IHRAM


Takbiratul Ihrom waktunya ialah setiap niat dan setiap qobla fatihah. Adapun lebih rinci lagi masalah takbiratul ihram bisa terus simak ke bawah.

Bacaan takbiratul ihram ini merupakan suatu keharusan yang tidak boleh ditinggalkan oleh kita ketika melaksanakan sholat. Mengucapkannya juga tidak harus dengan niat bareng. Karena mustahil sekali lafadz takbiratul ihram dan niat dapat bersatu.

Inilah gambarannya pendapat dari Imam Hanafi dan Imam Hambali tentang takbiratul ihram dan niat yang disatukan:

Imam Al-Kasani mengatakan: 

إن تقديم النية على التحريمة جائز عندنا إذا لم يوجد بينهما عمل يقطع أحدهما عن الآخر

Artinya yaitu: “boleh mendahulukan Niat daripada Takbiratul Ihram menurut mandhab kami” (imam Hanafi).

Ibnu Qudamah ikut berpendapat juga:

قال أصحابنا: يجوز تقديم النية على التكبير بالزمن اليسير

Artinya: “para Ulama dalam Madzhab kami (Hambali) berpendapat bahwa mendahulukan niat sebelum takbiratul ihram itu BOLEH selama tidak terlalu lama jeda.”


Sudah jelas bukan? Tentang bacaan takbirotul ihram ini saya akhiri, dan selamat belajar sholat.



Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…