Langsung ke konten utama

Booting dan Linux Init Process

Booting dan Linux Init Process - Booting adalah suatu proses pada sistem operasi (operating system) pada saat PC atau laptop dihidupkan pertama kali. Urutan proses booting pada sistem operasi linux, secara umum adalah sebagai berikut :
1. BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System yang merupakan antarmuka level paling bawah yang menghubungkan antara komputer dan komponennya. BIOS melakukan pengecekan integrity memori dan mencari perintah pada MRB atau Master Boot Record yang terdapat pada hardisk atau floppy drive.

Baca selengkapnya di : Pengertian BIOS dan Fungsinya

2. Master Boot Record menjalankan boot loader. Pada OS Linux, boot loader yang sering digunakan adalah Linux Loader atau LILO dan GRand Unified Boot loader atau GRUB. Pada OS Red Hat dan Turunannya menggunakan GRUB sebagai boot loader.

3. LILO dann GRUB akan membaca label sistem operasi yang kernelnya akan dijalankan. Pada boot loader inilah sistem operasi mulai dipanggil. Untuk mengatur file grub, buka filenya pada /boot/grub/grub.conf

4. Selanjutnya, tanggung jawab untuk proses booting diserahkan pada kernel. Setelah itu, kernel akan menampilkan versi kernel yang digunakan, mengecek status SELinux, mengecek partisi swap, mengecek memori, dll.

5. Kernel yang dipanggil oleh bootloader selanjtnya menjalankan program init, init adalah suatu proses yang menjadi basic dari proses-proses yang lain. Hal ini terkenal dengan nama The First Process. Proses ini mengacu pada script yang ada di file /etc/rc.d/rc.sysinit.

Baca Juga: Pengertian Booting

6. Program init selanjutnya menentukan jenis run level yang berada  pada file /etc/inittab.

Berdasarkan pada run-level, script akan menjalankan berbagai proses lain yang diperlukan oleh sistem sehingga sistem mampu berfungsi dan mampu digunakan.
Run level merupakan suatu ukuran yang mengatur layanan yang akan dijalankan seperti single user, reboot, shutdown, dll. Program untuk mengatur runlevel ini adalah init yang ada pada direktori /etc/inittab, seperti pada gambar berikut ini.

Booting dan Linux Init Process
Run level pada OS Linux
Linux memiliki 6 daerah operasi dimana -0 adalah halt, -1 adalah single user,-2-5 dipakai untuk multi pengguna. Berdasarkan sistem boot, Linux sistem akan melakukan hal hal berikut:

- Mengeksekusi program /sbin/init yang memulai semua proses-proses lain. Program ini akan diberikan ke mesin oleh proses awal yang diterjemahkan pada file/etc/inittab.

- Komputer akan di-booting ke runlevel yang didefinisikan oleh baris initdefault pada file /etc/inittab. Pada gambar di atas, defaultnya adalah id:2:initdefault.

Baca Juga: Pengertian Booting dan Contohnya
 - Satu dari proses-proses yang dimulai oleh init adalah /sbin/rc. Skrip ini menjalankan sekumpulan  skrip  pada direktory /etc/rc.d/rc0.d/,  /etc/rc.d/rc1.d,/etc/rc.d/rc2.d dan seterusnya.

- Script pada direktory tersebut dieksekusi pada setiap daerah boot dari operasi sampai menjadi operasi yang lengkap. Script yang dimulai dengan S adalah script startup sedangkan script yang dimulai dengan K menandakan script shutdown (kill). Angka yang mengikuti huruf tersebut adalah  urutan eksekusi (terendah ke tertinggi)

Kesimpulan
Booting adalah suatu proses pada sistem operasi (operating system) pada saat PC atau laptop dihidupkan pertama kali. Run level adalah suatu ukuran yang mengatur layanan yang akan dijalankan seperti single user, reboot, shutdown, dll. Program untuk mengatur run level ini yaitu init yang terletak di direktori /etc/inittab.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…