Kamis, 06 Oktober 2016

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Lengkap

;
Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Lengkap - Hutan Hujan Tropis adalah sebuah hutan yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi sebingga hutan akan selau basah dan lembab karenanya hutan hujan tropis akan selalu hujan. hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri khusus dibandingkan hutan-hutan yang lainya. 

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Lengkap

Ciri khusus hutan hujan tropis adalah hutan yang memiliki beragam hayati di sana, hutan hujan adalah hutan yang kaya akan makhluk hidup seperti flora maupun fauna sehingga hutan hujan tropis banyak jenis hayatinya. faktor penyebab banyaknya makhluk hidup yang tinggal di hutan hujan trofis dikarenakan hutan hujan trofis adalah hutan hujan yang sangat subur, suburnya hutan hujan trofis di sebabkan oleh curah hujan yang cukup dinggi sehingga banyak sumber makanna untuk makluk hidup disana.  Baca lebih lengkap Pengertian Hujan dan Contohnya

Hutan hujan Tropis memiliki beberapa perbedaan khusus dengan hutan yang lainya perbedaan hutan hujan tropis dengan hutan yang lain adalah dari ciri-cirinya. Berikut ini merupakan beberapa ciri khusus hutan hujan tropis yang membedakannya dengan hutan yang lain. namun hutan hujan tropis hanya ada di beberapa wilayah saja yaitu lebih tepatnya lagi berada di wilayah yang terlwati oleh bentangan khatulistiwa sehungga hutan hujan tropis hanya ada di daerah khusus dengan iklim yang tropis. 

Daerah yang memiliki hutan hujan tropis diantaranya yaitu seperti benua Australia, Meksiko, Amerika Tengah, dan beberapa wilayah di benua Asia. Hutan Hujan Tropis juga adalah tempat dimana obat-obat yang digunakan saat ini berasal, hampir 1/4 obat-obatan di dunia berasal dari Hutan Hujan Tropis.

Ciri Khusus Hutan Hujan Tropis

  • Pepohonan yang tinggi menjulang, pepohonan rapat, dan berdaun lebat. 
  • Dasar hutannya atau tanah hutan ditumbuhi rumput-rumput dan lumut sebagai penutup lahan.
  • Sinar matahari yang tidak dapat menembus dasar hutan.
  • Udaranya sangat basah dan lembap.
  • Memiliki curah hujan yang tinggi Sehingga tanahnya subur.
  • Struktur hutan terdiri dari tajuk yang berlapis-lapis.
  • Lapisan tajuk atas terdiri dari beberapa pohon yang muncul di antara lapisan tajuk yang ada di bawahnya, yang biasanya ketinggian berkisar antara 45-60 m. 
  • Pohon yang terdapat pada lapis teratas umumnya mempunyai tajuk yang sangat kecil dan tidak teratur dengan sedikit susunan cabang.
  • Lapisan tajuk kedua yaitu merupakan kanopi utama yang pada umumnya terdiri dari beberapa jenis-jenis pohon yang ramping dengan ketinggian antara 30-40 m. Baca juga Lapisan Atmosfer beserta Contohnya
  • Lapisan tajuk yang berada di bawahnya terdiri dari beberapa jenis pohon pendek, dengan batang yang mulus, dan tajuk yang kecil terdapat banyak epifit yang terdapat pada cabang yang tinggi. 
  • Pada lantai hutan,terdapat beberapa jenis tumbuhan bawah,seperti palem kecil,jenis-jenis bambu,rotanpaku-pakuan dan jenis-jenis lainnya,atau hampir tidak ada tumbuhan bawah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 06.26.00

Related : Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar