Rabu, 19 Oktober 2016

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

;
Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh -  Untuk memenuhi kebutuhan hidup, kita sebagai mahluk hidup membutuhkan makanan. Selama ini, apa saja yang sudah kalian makan? Tentu kalian pernah memakan nasi, sayur, buah, ayam dan berbagai jenis makanan. Makanan yang kalian makan tentunya harus bergizi. Maksud bergizi adalah makanan itu harus mengandung beberapa bahan dasar, seperti karbohidrat, lemak protein, vitamin dan mineral dan air. Apakah fungsi karbohidrat bagi tubuh kita? Nah pada postingan ini kalian akan memperlajari fungsi karbohidrat bagi tubuh. 

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh
Sumber Karbohidrat

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

1. Fungsi Karbohidrat sebagai sumber energi
Karbohidrat adalah zat makanan yang menghasilkan energi yang utama. Energi merupakan kemampuan untuk melakukan berbagai aktifitaas sehari-hari. Karbohidrat dalam tubuh kita berbentuk monosakarida, dan karbohidrat disebarkan oleh hati ke dalam sel-sel tubuh. Monosakarida teroksidasi oleh oksigen dan dibawa oleh darah dari hati ke seluruh tubuh. Hasil dari oksidasi tersebut adalah panas atau kalori. Kalori atau panas yang terjadi kemudian dirubah oleh tubuh menjadi energi agar tubuh bisa beraktifitas dan bergerak.

2. Fungsi Karbohidrat sebagai cadangan tenaga bagi tubuh
Jumlah karbohidrat dalam makanan yang kalian makan tidak selalu seimbang dengan jumlah karbohidrat yang dibutuhkan. Jika aktifitas tubuh sedikit dan karbohidrat yang dikonsumsi lebih banyak, maka akan terjadi kelebihan karbohidrat. Karbohidrat yang lebih tidak dibuang begitu saja oleh tubuh, akan tetapi dapat disimpan. Kelebihan karbohidrat ini bisa digunakan sewaktu-waktu jika  tubuh kalian memerlukannya. 

Oleh karena itu apabila kalian kurang mengkonsumsi karbohidrat sementara aktifitas sehari-hari padat dan meningkat, maka kebutuhan tubuh kepada karbohidrat bisa dipenuhi dari cadangan karbohidrat. Namun ini hanya bersifat sementara. Apabila berlangsung dalam waktu lama, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi defisiensi zat gizi yang berdampak buruk bagi tubuh dan munculnya penyakit tertentu. Baca juga : Pengertian ilmu gizi

Sebaliknya, kekurangan karbohidrat dalam waktu yang lama memaksa tubuh untuk mengambil cadangan energi dari lemak dan protein. Jika hal itu terus terjadi tanpa ada upaya pencegahan makan cadangan protein dan lemak akan semakin berkurang. Ini tentu akan membahayakan kesehatan pada manusia. Namun apabila terjadi penumpukan cadangan karbohidrat, juga tidak bisa dibiarkan. 

Karbohidrat yang lebih tersimpan dalam bentuk lemak di bawah jaringan kulit. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka dapat menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan yang menimbulkan kegemukan atau obesitas.

3. Fungsi Karbohidrat dapat memberikan rasa kenyang
Salah satu kelebihan yaang dimiliki karbohidrat adalah volume yang besar. Hal ini disebabkan adanya kandungan selulosa di dalam makanan. Volume makanan yang besar ini akan memberikan rasa kenyang.

Itulah Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh. Semoga dengan membaca fungsi karbohidrat bisa menambah wawasan kita dalam ilmu kesehatan dan gizi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 06.04.00
Tags :

Related : Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

0 komentar:

Posting Komentar