Langsung ke konten utama

Hutan Hujan Tropis dan Contohnya

Hutan Hujan Tropis dan Contohnya - Hutan Hujan Tropis atau sering juga disebut sebagai Hutan Hujan Tropika adalah sebuah hutan yang selalu basah atau lembap. Hutan Hujan Tropika biasanya banyak terdapat pada daerah-daerah yang dilewati atau di sekitar wilayah khatulistiwa, yang kurang lebih terdapat di lintang khatulistiwa 0°–10°ke utara dan ke selatan dari garis khatulistiwa. 

Hutan Hujan Tropis dan Contohnya

Hutan hujan tropis juga bisa didefinisikan sebagai hutan yang berada di daerah tropis yang mempunyai curah hujan cukup tinggi. Karena curah hujan yang cukup tinggi di daerah hutan hujan tersebut Sehingga disebutlah sebagai Hutan Hujan tropis. Baca lebih lengkap artikel tentang  Pengertian Hujan dan Contohnya

Hutan-hutan tersebut banyak terdapat di berbagai tempat-tempat di dunia, seperti di antaranya yaitu di Benua Asia, Benua Australia, Benua Afrika, Benua Amerika Selatan, Benua Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulauan Pasifik. Dalam sebuah istilah bahasa inggris, formasi antara hutan Hujan tersebut biasanya lebih terkenal dengan sebutan sebagai lowland equatorial evergreen rainforest, tropical lowland evergreen rainforest, atau secara ringkasnya bisa disebut dengan tropical rainforest.

Hutan hujan tropika merupakan sebuah rumah atau habitat yang cocok untuk setengah spesies flora dan fauna yang berada di seluruh dunia. Sampai-sampai hampir 1/4 obat medern yang digunakan saat ini berasal dari tumbuhan yang berada di hutan hujan tersebut. Hutan hujan tropika terbentuk di beberapa wilayah-wilayah yang beriklim tropis karena curah hujan tahunan di daerah yang beriklim trofis berkisar minimum antara 1,750 milimeter (69 in) dan 2,000 milimeter (79 in). 

Sedangkan jumlah rata-rata hujan di daerah yang beriklim trofis perbulanannya berada di atas 18 °C (64 °F) pada setiap tahun. Hutan basah tropis tersebut hanya akan tumbuh di daratan rendah hingga mencapai ketinggian sekitar 1.200m dan di atas permukaan tanah-tanah yang sangat subur, kering atau tidaknya tergenang air dalam waktu yang lama, dan tidak pernah memiliki musim kemarau yang cukup lama. 

Hutan hujan tropika tersebut merupakan sebuah vegetasi yang sangat kaya, baik dalam jumlah jenis makluk hidup yang membentuknya, maupun dalam sebuah ketinggian dalam sumber daya lahannya, seperti tana,air,cahaya matahari yang dimilikinya. 

Hutan Hujan Tropis biasanya adalah dataran rendah yang keberadaan pepohonannya didominasi oleh beberapa pepohonan besar yang dapat membentuk tajuk berlapis-lapis, sekurang-kurangnya tinggi tajuk rata pohon di daerah hutan hujan tropis sekitar 45m tingi pohon yang paling tinggi dibandingkan tinggi rata-rata hutan lainnya. Pepohonan yang sangat rapat dan daunnya hijau sepanjang tahun. Hutan Hujan Tropis memiliki tiga lapisan tanjuk sebagai unsur pembentukannya. dan berikut ini adalah tiga lapisan tanjuk tersebut. Baca Juga Lapisan Atmosfer beserta Fungsinya

Lapisan Pembentukan dari Hutan Hujan Tropis

Pertama Lapisan pohon-pohon yang sangat tingg menjulang yang muncul disana-sini dan muncul di atas atap tajuk atau biasa disebut juga dengan kanopi hutan.

Kedua Lapisan kanopi hutan mencapai rata-rata yang tingginya yaitu sekitar 24-36m.

Ketiga Lapisan tajuk yang berada di bawah dan tidak pernah menyambung. Lapisan tersebut tersusun dari beberapa pohon-pohon muda.


Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…