Thursday, October 6, 2016

Hutan Hujan Tropis dan Contohnya

Hutan Hujan Tropis dan Contohnya - Hutan Hujan Tropis atau sering juga disebut sebagai Hutan Hujan Tropika adalah sebuah hutan yang selalu basah atau lembap. Hutan Hujan Tropika biasanya banyak terdapat pada daerah-daerah yang dilewati atau di sekitar wilayah khatulistiwa, yang kurang lebih terdapat di lintang khatulistiwa 0°–10°ke utara dan ke selatan dari garis khatulistiwa. 

Hutan Hujan Tropis dan Contohnya

Hutan hujan tropis juga bisa didefinisikan sebagai hutan yang berada di daerah tropis yang mempunyai curah hujan cukup tinggi. Karena curah hujan yang cukup tinggi di daerah hutan hujan tersebut Sehingga disebutlah sebagai Hutan Hujan tropis. Baca lebih lengkap artikel tentang  Pengertian Hujan dan Contohnya

Hutan-hutan tersebut banyak terdapat di berbagai tempat-tempat di dunia, seperti di antaranya yaitu di Benua Asia, Benua Australia, Benua Afrika, Benua Amerika Selatan, Benua Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulauan Pasifik. Dalam sebuah istilah bahasa inggris, formasi antara hutan Hujan tersebut biasanya lebih terkenal dengan sebutan sebagai lowland equatorial evergreen rainforest, tropical lowland evergreen rainforest, atau secara ringkasnya bisa disebut dengan tropical rainforest.

Hutan hujan tropika merupakan sebuah rumah atau habitat yang cocok untuk setengah spesies flora dan fauna yang berada di seluruh dunia. Sampai-sampai hampir 1/4 obat medern yang digunakan saat ini berasal dari tumbuhan yang berada di hutan hujan tersebut. Hutan hujan tropika terbentuk di beberapa wilayah-wilayah yang beriklim tropis karena curah hujan tahunan di daerah yang beriklim trofis berkisar minimum antara 1,750 milimeter (69 in) dan 2,000 milimeter (79 in). 

Sedangkan jumlah rata-rata hujan di daerah yang beriklim trofis perbulanannya berada di atas 18 °C (64 °F) pada setiap tahun. Hutan basah tropis tersebut hanya akan tumbuh di daratan rendah hingga mencapai ketinggian sekitar 1.200m dan di atas permukaan tanah-tanah yang sangat subur, kering atau tidaknya tergenang air dalam waktu yang lama, dan tidak pernah memiliki musim kemarau yang cukup lama. 

Hutan hujan tropika tersebut merupakan sebuah vegetasi yang sangat kaya, baik dalam jumlah jenis makluk hidup yang membentuknya, maupun dalam sebuah ketinggian dalam sumber daya lahannya, seperti tana,air,cahaya matahari yang dimilikinya. 

Hutan Hujan Tropis biasanya adalah dataran rendah yang keberadaan pepohonannya didominasi oleh beberapa pepohonan besar yang dapat membentuk tajuk berlapis-lapis, sekurang-kurangnya tinggi tajuk rata pohon di daerah hutan hujan tropis sekitar 45m tingi pohon yang paling tinggi dibandingkan tinggi rata-rata hutan lainnya. Pepohonan yang sangat rapat dan daunnya hijau sepanjang tahun. Hutan Hujan Tropis memiliki tiga lapisan tanjuk sebagai unsur pembentukannya. dan berikut ini adalah tiga lapisan tanjuk tersebut. Baca Juga Lapisan Atmosfer beserta Fungsinya

Lapisan Pembentukan dari Hutan Hujan Tropis

Pertama Lapisan pohon-pohon yang sangat tingg menjulang yang muncul disana-sini dan muncul di atas atap tajuk atau biasa disebut juga dengan kanopi hutan.

Kedua Lapisan kanopi hutan mencapai rata-rata yang tingginya yaitu sekitar 24-36m.

Ketiga Lapisan tajuk yang berada di bawah dan tidak pernah menyambung. Lapisan tersebut tersusun dari beberapa pohon-pohon muda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 6:10:00 AM

Related : Hutan Hujan Tropis dan Contohnya

0 komentar:

Post a Comment