Senin, 03 Oktober 2016

Jenis Jenis Email dan Penjelasannya

;
Jenis Jenis Email dan Penjelasannya - Sesuai dengan namanya, email (elektronic mail) dikirim secara elektronik. Hal ini menyebabkan email yang kalian kirim dapat dicopy dengan sangat mudah sehingga kalian dapat mengirimkan jenis file yang berupa suatu dokumen ataupun teks, ataupun gambar yang dapat diterima oleh penerima dengan syarat harus terhubung dengan internet.

Setelah kita memahami pengertian email dan fungsinya, sejarah email dunia, dan macam macam situs penyedia email. maka pada dalam postingan ini kita akan sama sama membahas jenis jenis email dan penjelasannya serta contohnya.

Jenis Jenis Email dan Penjelasannya, Jenis email beserta contohnya, jenis email beserta pengertiannya
Jenis Email

Jenis Jenis Email dan Penjelasannya

a. POP (Post Office Protocol)
POP Mail sering disebut atau SMPT (Simple Mail Transfer Protocol) E-Mail. POP Mail adalah email yang diterima melalui ISP atau Internet Service Provider langganan kita. ISP mempunyai fungsi seperti kantor pos yang menampung semua surat-surat yang akan dikirim oleh si pengirim sebelum surat itu kirimkan kepada alamat tujuan.

POP mail memiliki keunggulan dalam mengirim surat dan menerima surat, keunggulannya adalah POP mail dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung dengan internet). Dengan metode seperti ini pelanggan akan merasa diuntungkan karena surat akan cepat ditransfer secara local ke ISP sehingga mengurangi waktu biaya online.

Baca juga : Pengertian ISP dan Fungsinya

Untuk mengecek email masul kalian  dapat melakukannya dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload email masuk kalian dan kemudian memutuskan hubungan kembali ke internet. Setelah kalian selesai membalas surat tersebut, kalian harus menghubungkan kembali komputer ke internet lalu mengirimkannya.

Untuk proses itu kalian harus memiliki program client mail seperti Eudora atau Microsoft Outlook Expres. Kelemahan dari sistem POP Mail adalah kalian tidak dapat membuka dan membaca email dari sembarang tempat.

b. Web Based Email
Email berbasis web adalah jenis email yang ditawarkan oleh web penyedia jasa layanan email, seperti Google, yahoo, HotMail, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Email

Sistem Web Based email mempunyai kelebihan, yaitu diberikan secara gratis atau free oleh web yang bersangkutan. Selain itu, kalian bisa mengecek email di mana saja tanpa mempedulikan pelanggannya berasal dari ISP tertentu.

Layanan email jenis web ini juga memiliki kelemahan, yaitu sebagai berikut.

- Ketika ingin mengecek email kalian harus selalu terhubung ke internet dan sudah tentu akan menambah jumlah biaya.
- Dalam kecepatan mengirim dan menerima email sangat bergantung dari bandwith (lebar pita, diartikan sebagai kecepatan transfer data) dari sebuah  ISP ke dalam World Wide Web.

Baca juga : Pengertian Email dan Contohnya

c. Email Forwading
E-Mail forwarding merupakan jenis layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email yang lain. Jenis email ini sangat bermanfaat bagi orang yang suka ganti alamat email.

Kelebihan dari email jenis forwarding adalah kalian dapat menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain itu, kelebihan lain dari email forwarding adalah dapat mengganti alamat email, dan kalian tidak harus memberitahu alamat email yang baru. Kalian cukup memberikan  alamat email forwardingnya.

Kelemahan email forwarding  adalah dalam mengecek email masuk harus selalu terkoneksi dengan internet, karena sifatnya hanya sebagai perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain. Email forwarding juga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke alamat email yang sesungguhnya.

Dibawah ini adalah perbedaan antara Web Mail dan POP3
Web Mail
- Tidak membutuhkan mail client.   
- Hubungan ke interner tidak boleh sampai putus ketika sedang mengakses email, mulai dari mengirim email sampai menerima email.
 - Waktu yang perlukan untuk akses internet pada saat mengirim email dan menerima email dapat dikurangi.
- Web harus tetap terkoneksi dengan internet walaupun hanya membaca.   
- Lebih cepat dan handal.   
- Memakai komputer orang lain yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya.

POP3
- Membutuhkan aplikasi mail client sebagai alat pengaksesan email dari server ke komputer atau sebaliknya.
- Media penyimpanan lebih besar karena media untuk menampung email yang tersimpan dalam komputer pribadi ukurannya tidak terbatas.
- Bisa dibaca secara offline
- Cara kerjanya lebih lambat.

Sekian dari saya mengenai Jenis Jenis Email dan Penjelasannya, jika ada pertanyaan dengan topik Jenis Jenis Email dan Penjelasannya, silahkan berkomentar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10.41.00
Tags :

Related : Jenis Jenis Email dan Penjelasannya

0 komentar:

Posting Komentar