Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia - Islam masuk ke nusantara kita ini bukan murni sebagai negara pertama sebagaimana bukti dari keberadaan masa kini, tapi yang pertama kali menduduki indonesia dari segi agama itu adalah agama hindu dan budha. Namun sangatlah patut bersyukur kita atas segala kesempatan yang diberikan dari Alloh SWT, karena saat ini negara kita lah menjadi negara dengan populasi islam terbanyak dan terbaik.

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia
Kerajaan Islam Tertua di Indonesia
Ketika awalnya islam mulai menjaba nusantara, terdapatlah raja-raja islam yang membangun kerajaan ketika itu, yang perlu kita ketahui bahwa kerajaan pertama islam di indonesia ialah Kerajaan Samudra Pasai. Mengapa demikian? Karena telah ditemukannya makam dari raja samudera pasai kala itu dan juga hasil dari sisa sisa peninggalan yang sampai sekarang masih terjaga keberadaannya.

Ada juga yang berpendapat bahwa memang ketika ini yang kita ketahui kerajaan islam tertua di indonesia ini adalah kerajaan samudera pasai, namun ada yang menemukan kerajaan yang lebih tua dari samudera pasai ialah KERAJAAN PERLAK, yang ada pada daerah di ujung aceh timur.

Lebih lengkap baca Sejarah Kerajaan Aceh Singkat

Kerajaan perlak ini didirikan tepatnya pada tahun 840 M masehi, juga dilihat lihat kerajaan ini cukup lama sekali, dan bahkan sudah ada beroperasi selama hingga tahun 1292 masehi sampai akhirnya dibergabungkan dengan kerajaan Samudra Pasai, dimana sekarang banyak kita kenal sebagai Kerajaan tertua islam di indonesia.

Seorang raja pertama yang mempunyai pemerintahan di Samudera Pasai  ialah raden rajanya yang diberi nama dengan nama Sultan ‘alaidin Syekh Maulana Abdul Aziz Syah. Dengan demikian dia juga merupakan hasil dari pasangan suami istri Ali Bin Maulana Ja’far Shadiq yang juga pendatang islam dengan seorang Makhdum Tansyuri juga merupakan Pimpinan Perlak pada jaman sebelum masuk islam.

Akhirnya dengan gaya kepemimpinan yang dipunyai oleh Sultan Alaidin menjadikannya sebagai orang yang di ganti namanya menjadi Nama Bandar Khalifah.

Katika itu, kerajaan samudera pasai ini bukanlah pemeluk agama islam melainkan mereka menganut aliran yang dinamakan syi’ah yang tentunya sekarang pun kembali terdengar dan kembali mengubrak abrik isi ajaran agama islam. Mengapa mereka awalnya memgang aliran dari syi’ah? Karena mereka semua mendapatkan dukungan penuh dari Dinasti Fatimiyah negara Mesir. 

Tapi ketika kerajaan mesir atau pun dinasti fatimiyah runtuh maka ketika itulah hubungan antara mereka dengan syi’ah agak berkurang dan bahkan sekarang juga beralih pada aliran sunni yaitu ahlu sunnah wal jama’ah.
Akhirnya sulta alaidin pun telah meninggal, pada tahun 913 masehi tepatnya. Ini pun di picu perang yang di sebab kan oleh bentroknya aliran syi’ah dan sunni.

Akhirnya, dikarenakan perang panas antara sunni dan syi’ah, sampai sampai kerajaan pun tidak memiliki sultan kurang lebih yaitu 2 tahun lamanya.ketika itu para syi’ah memenangkan peperanga dan mengangkat sultan alaidin sebagai pengisi tahta kerajaan. Namun, ketika diakhir masa jabatan sultan maulana ali mughat terjadi lagi lah peperangan yan terjadi antara kaum syi’ah dan sunni lagi. Namun yang menjadi pemenang dalam perang kala itu ialah kaum syia’h.

Jadi sudah jelas, bahwa keterangan yang membacakan tentang kerajaan islam tertua di indonesia ialah kerajaan perlak. Dan kerajaan ini pun berlangsung ssecara damai sampai tahun 1023.
Kerajaan Islam Tertua di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Desuci Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar