Wednesday, October 19, 2016

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Latar Belakang Pendirian Asean - ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi Negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN ini didirikan tepatnya pada tanggal 08 Agustus tahun 1967.

Nama ASEAN ini dalam KBBI (Kamus Besar Bahsa Indonesia) disebutkan artinya ialah Perbara atau singkatan dari Perhimpunan Bangsa bangsa Asia Tenggara. ASEAN kini telah mempunyai sepuluh Negara yang menjadi Anggotanya, yaitu Negara Indoensia, Malaysia, Brunei Darussalam, Laos, Negara Filiphina, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam dan Negara Myanmar.


artikel lengkap sejarah Asean

Latar Belakang Berdirinya ASEAN


Secara globalnya saya poinkan faktor-faktor yang menjadi latar belakang adanya ASEAN. Negara – negara yang termasuk dalam ASEAN ini dikarenakan banyaknya kesamaan antara Negara yang satu dengan yang lainnya. Mengapa bisa demikian? Inilah kesamaan yang dimiliki Negara Anggota ASEAN:

1.Adanya Kesamaan dalam letak Geografisnya antara Negara Anggota ASEAN

Dari salah satu factor pertama yang menjadi alasan mengapa berdiri nya ASEAN ialah karena Negara Anggota tersebut memiliki kesamaan dalam letak Geografi. Yaitu tepatnya geografis negara anggota tersebut tepat di ASIA TENGGARA dan diantara dua samudera, yaitu SAMUDERA HINDIA dan SAMUDRA PASIFIK.

2.Terdapatnya suatu kesamaan Budaya

Kedua dari factor yang sangat mendasar didirikannya ASEAN ialah Negara Anggota mempunyai kesamaan dalam segi Budayanya. Yaitu selalu senantiasa menjaga dan menjalankan budaya dari Nenek Moyang Negara tersebut. Yang mana sekarang kita kenal sebagai RUMPUN MELAYU AUSTRONESIA.

3.Karena adakesamaan nasib Negara, yaitu diantaranya pernah dijajah oleh Negara Asing (disini dikecualikan Negara Thailand)

4.Terdapat suatu kepentingan bersama dalam berbagai bidang Negara.

Sejarah dan Latar Belakang berdirinya ASEAN Lengkap


Didirikannya ASEAN ditandai dengan adanya pertemuan 5 orang menteri Luar Negeri Negara Anggota ASEAN tepatnya pada tanggal 5-8 bulan Agustus tahun 1967 di Bangkok, Thailand. Menteri-menteri tersebut merupakan perwakilan dari 5 Negara ASEAN yaitu Malaysia, Indonesia, Thailand, Filiphina dan Singapura.

Nama-nama dari perwakilan tokoh menteri luar Negeri itu ialah sebagai berikut:

a)Adam Malik, wakil dari Indonesia.
b)Tun Abdul Razak, wakil dari Malaysia.
c)Rajaratman, perwakilan dari Singapura.
d)Thanat Khoman, Perwakilan dari Negara pribumi yaitu Thailand
e)Narsisco Ramos, wakil dari Filipina.

Lanjut cerita, akhirnya Kelima tokoh tersebut saat itu juga menandatangani sebuah kesepakatan besar antar Negara yang dikenal oleh kita sebagai Deklarasi Bangkok. Kejadian tersebut tepatnya pada tanggal 08 bulan Agustus thn 1967, sejak saat itulah Organisasi ASEAN resmi berdiri dan mulai menerima dan membuka anggota baru untuk Negara Anggota ASEAN.


Negara Brunei Darussalam adalah negera yang pertama kali daftar menjadi Negara Anggota ASEAN setelah 5 Negara tadi, yaitu pada tanggal 07 Januari thn 1987. Barulah hanya selang waktu dalam satu minggu dari kemerdekaan Negara Brunei menyusul lah Negara Vietnam mendaftar menjadi Anggota Negara ASEAN, dan diresmikan bergabung pada tanggal 28 bulan Juli tahun 1987. 

Akhirnya tidak lama dari kejadian tersebut, datanglah Negara Laos dan Myanmar untuk menjadi Anggota Negara ASEAN, tepatnya kedua Negara tersebut menjadi anggota ke delapan dan ke Sembilan dari anggota Negara ASEAN, di resmikan pulan pengangkatan keanggotaannya pada tanggal 23 Juli tahun 1997. Terakhir, yang bergabung adalah Negara Kamboja yang masuk pada Tanggal 16 Desember tahun 1998.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:21:00 AM
Tags :

Related : Latar Belakang Berdirinya ASEAN

0 komentar:

Post a Comment