Tuesday, October 4, 2016

Manfaat Air Hujan bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Air Hujan bagi Kehidupan Manusia - Air Hujan adalah sebuah air yang turun dari langit, dengan adanya air hujan manusia sangatlah di untungkan oleh sebab itu air hujan sangatlah bermanfaat. Manfaat air hujan sangatlah banyak sebagaimana air yang biasa kita gunakan untuk mandi, cuci, kakus, minum dan lain lain.

Manfaat Air Hujan bagi Kehidupan Manusia

Air adalah salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Air menjadi salah satu unsur yang sangat potensi dari alam yang paling besar untuk kehidupan makhluk hidup dan alam sekitar. Sebagaimana Air menjadi salah satu komponen paling besar dalam tubuh manusia, karena unsur yang terdapat di dalam tubuh manusia 80% adalah air.  Baca juga Pengertian Hujan Lengkap

Namun dalam kehidupan makhluk hidup di dunia sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari air, tanpa air makluk hidup tidak akan dapat menjalankan kehidupan dengan sempurna. Ada berbagai jenis sumber air dari alam yang tersedia untuk kehidupan manusia. Salah satunya adalah Air Hujan.

Kandungan yang terdapat di dalam air hujan yang jatuh ke permukaan bumi dan telah melewati lapisan atmosfer sangatlah beragam tergantung lokasi tempat air hujan itu turun. Hal ini membuat kita akan selalu berfikir, apakah air hujan itu aman untuk kehidupan manusia dan makluk hidup yang lain??. 

Pada dasarnya air hujan memiliki kandungan zat dan gas yang berbeda-beda tergantung dengan lokasi jatuhnya air hujan tersebut, namun biasanya kandungan zat yang terdapat di dalam air hujan yang paling banyak ditemukan adalah seperti karbon dioksida, zat asam dan garam. Kandungan semua jenis zat dalam air hujan juga dipengaruhi oleh kualitas udara disekitar lokasi hujan tersebut. sebelum mengetahui kandungan dari air hujan kita harus tahu dulu tentang beberapa manfaat dari air hujan berikut ini merupakan beberapa manfaat air hujan bagi kehidupan manusia yang sangat vital.

Manfaat Air Hujan

  • Air Hujan sangat bermanfaat Untuk Meningkatkan Ekonomi Manusia
Air hujan berpotensi besar bagi kehidupan manusia, terutama untuk meningkatkan ekonomi manusia. Secara umum air hujan telah dapat menjadi sumber untuk pekerjaan manusia seperti pertanian,perikanan dan pengolahan sumber daya hutan. Kita tahu bahwa manfaat hutan sangat penting bagi kehidupan manusia. Ketika musim kemarau panjang,manusia akan merasakan kekurangan air yang menyebabkan kegagalan panen pada petani,bahkan kekurangan air hujan sebagai sumber air dalam kehidupan bisa menyebabkan masalah padaperikanan.
  • Air Hujan Sebagai Sumber Energi Untuk Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik Tenaga Air atau sering disebut dengan nama PLTA akab menggantungkan sumber air dari air hujan. Meskipun pada proses PLTA biasanya menggunakan sumber air secara langsung yang berasal dari lautan atau danau buatan,maka air hujan tetap menjadi faktor utama. Air hujan yang jatu ke lautan atau danau akan menjadi sumber energi yang sangat penting. Air hujan yang masuk kedalam penampungan akan di ubah menjadi sumber listrik dengan menggunakan beberapa peralatan teknologi canggih.
  • Air Hujan Sebagai Sumber Kehidupan Perikanan
Ikan adalah salah satu sumber pangan yang penting bagi kehidupan manusia. Ikan adalah salah satu asupan gizi yang sangat besar. Berbagai jenis ikan yang hidup di ari tawar dan air laut, memiliki kandungan gizi yang berbeda. Sehingga zat gizi yang terkandung dalam ikan tersebut antara lain adalah protein, lemak, karbondioksida, mineral dan air. Ikan hanya bisa hidup di media air sehingga ikan dapat hidup di lautan maupun perairan tawar. Air hujan menyumbang hampir 80% pasokan air untuk kehidupan ikan.
  • Air Hujan Menjaga Kelangsungan Hidup hutan
Kehidupan hutan pada umumnya yang kita kenal sebagai tempat lingkungan bagi poho-pohon dan berbagai jenis hewan liar. Pohon yang tumbuh di hutan memiliki peranan yang sangat penting untuk lingkungan. Pohon menjadi salah satu penyedia sumber udara yang bersih bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup yang lainnya. 

Pohon juga akan membantu mempertahankan kekuatan tanah, sehingga tidak akan mengakibatkan longsor. Selain itu pohon juga sebagai penyerap air hujan sehingga mencegah bencana banjir. Semua jenis makhluk hidup yang ada didalam ekosistem hutan akan berjalan seimbang dengan kebutuhan air yang cukup. Hal ini membuat air hujan yang berasal dari alam sangatlah penting untuk kehidupan hutan.
  • Air Hujan Berfungsi Untuk Menjaga Sumber Air Tanah
Sumber air tanah menjadi salah satu sumber kehidupan manusia,tanpa air tanah,maka manusia akan mengalami berbagai kesulitan untuk menjalankan kehidupan. Air hujan yang jatuh ke tanah akan diresap oleh tanah sebagai cadangan air yang disimpan dalam kedalaman tertentu. Manusia juga bisa memanfaatkan air tanah sebagai sumber kehidupan dengan cara memakai sumur bor maupun pengelolaan dari PAM. Manusia juga bisa memanfaatkan air dari tanah untuk berbagai kepentingan seperti mencuci,memasak,menyiram tanaman dan berbagai manfaat lainnya. Baca Juga Proses Terjadinya Hujan
  • Air Hujan Mengurangi Erosi Tanah
Tanah menjadi tempat kehidupan bagi manusia,strutur tanah akan membutuhkan air untuk mempertahankan kekuatan tanah,salah satunya adalah bencana yang disebabkan karena menurunnya fungsi kekuatan tanah adalah adanya erosi. Erosi bisa menyebabkan bencana yang sangat besar bagi kehidupan manusia,hal ini biasanya disebabkan karena penebangan pohon secara liar dan pembangunan rumah di pegunungan. 

Pada dasarnya sistem kontruksi tanah dapat bertahan karena tanah menerima air hujan dan mampu menyerap air hujan secara maksimal yang dibantu oleh pepohonan. Adanya kekeringan panjang yang disebabkan karena musim kemarau dan dapat membuat struktur tanah menjadi lebih lemah sehingga tanah mudah longsor. 

Sekian postingan kali ini semoga artikel; ini dapat bermanfaat untuk anda sebagai mana manfaat air hujan yang telah di tuliskan di atas. terimakasi..... Wassalamualaikum.......


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:19:00 PM

Related : Manfaat Air Hujan bagi Kehidupan Manusia

0 komentar: