Langsung ke konten utama

Manfaat Jaringan Komputer dan Penjelasannya

Manfaat Jaringan Komputer dan Penjelasannya - Jaringan komputer atau computer network  atau sering disebut adalah dua buah komputer atau lebih ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan berbagi berbagai perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), dan bisa juga berbagi kekuatan pemrosesan. Lalu apa manfaat jaringan komputer???

Pada postingan sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang perangkat jaringan komputer, Topologi Jaringan Komputer, Perangkat Keras Jaringan Komputer, Macam macam jaringan komputer, Jenis-jenis kabel jaringan komputer.

Bagi kalian yang belum memahami apa itu jaringan komputer, silahkan terlebih dahulu membaca pengertian jaringan komputer. Dan pada kesemparan ini kalian akan sama sama belajar memahami apa manfaat jaringan komputer? Yuk baca lebih lanjut dibawah ini.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat penggunaan jaringan komputer.

a. Berbagi perangkat keras
Manfaar jaringan komputer yang pertama adalah berbagi perangkat keras komputer, Perangkat keras seperti hardisk, printer, CD-ROM, drive, dan bahkan modem bisa di pakai  oleh sejumlah komputer tanpa harus melepas dan memasang kembali.

Perangkat cukup kalian pasang pada satu komputer atau dihubungkan ke suatu peralatan khusus namun semua komputer yang ada di jaringan tersebut dapat mengaksesnya, sehingga dengan cara ini kalian dapat menghemat biaya.

Manfaat jaringan komputer
Jaringan Komputer
b. Berbagi program atau data
Manfaat jaringan komputer yang kedua adalah dapat berbagi data. Program ataupun data dimungkinkan untuk disimpan pada satu komputer yang bertindak sebagai server (komputer pelayan) .Penyimpan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya jaringan komputer, komunikasi bisa dilakukan dengan lebih cepat. Kalian dapat mengirimkan surat elektronik (email) dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui teks (chating) ataupun telekonferensi.

d. Memudahkan pengaksesan informasi
Manfaat jaringan komputer selanjutnya adalah dapat memudahkan pengaksesan informasi. Kalian bisa bepergian ke mana saja namun tetap dapat mengakses data dan infromasi yang ada pada komputer server ketika kalian membutuhkannya.

Pertumbuhan internet, salah satu implementasi jaringan yang terbesar di dunia, memungkinkan segala data dan informasi yang ada di dunia dapat dengan mudah diperoleh.

Baca juga : Perangkat Jaringan Komputer

e. Pemakaian Bersama atau Resource sharing
Manfaat jaringan komputer adalah dapat menggunakan sumberdaya secara bersama-sama. Kita ambil contoh apa bila kalian berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, kalian tidak akan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekat kalian.

Hal ini sering diartikan bahwa salah satu manfaat jaringan komputer mengatasi masalah jarak. Penjelasan dan praktek mengenai Resource sharing akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. :D

f. Reliabilitas tinggi atau reliability
Dengan adanya jaringan komputer kalian akan memperoleh reliabilitas/keandalan yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Sebagai contoh semua file atau data bisa disimpan atau di copy kepada dua komputer, ketiga, atau lebih yang sama sama terkoneksi ke jaringan. Sehingga jika satu mesin rusak maka salinan data dan file di mesin lain bisa digunakan.

Baca juga : Pengertian Jaringan LAN

g. Menghemat Biaya
Komputer yang berukuran kecil memiliki harga atau kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti komputer jenis mainframe memiliki kecepatan kira-kira sepuluh kali lebih kecepatan PC.

Namun harga komputer mainframe seribu kali lebih mahal dari PC. Ketidak seimbanggan rasio harga dan kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

Itulah manfaat jaringan komputer yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Jika ada pertanyaan terkait manfaat jaringan komputer, silahkan berkomentar pada kotak komentar dibawah.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…