Langsung ke konten utama

Pengertian ASEAN dan Anggotanya

Pengertian ASEAN dan Anggotanya - ASEAN atau lebih banyak disebut dengan kata Association of Southeast Asian Nations, adalah organisasi Geo-Politik dan ekonomi  khususnya dari negara yang memang menjadi kawasan Negara Anggota ASEAN. Didalamnya juga, atas dasar politik dari hasil gabungan Negara Anggota banyak sekali keuntungan dan manfaat yang dirasakan oleh para Negara Anggota, dari mulai hasil ekonomi, pertanian, perdagangan dan semacamnya.

ASEAN dibentuk dan didirikan juga diresmikan di Bangkok, Thailand. Tepatnya pada tanggal 08 Agustus tahung 1967. Berdasarkan dari Deklarasi Bangkok, maka diresmikanlah komunitas ASEAN. Negara yang pertama kali membentuk ASEAN adalah Negara Indonesia, Malaysia, Singapur, Pilipina dan Thailand.


pengertian ASEAN, anggotanya dan Prinsip utama ASEAN


Organisasi ASEAN ini pun mempunyai tujuan utama yaitu meningkatkan kemajuan sosial, perkembangan ekonomi, kemajuan dan penyebaran perdamaian, pereratan kerjasama antara Negara Anggota, serta memberi kesempatan bebas untuk membahas perbedaan antara Negara Anggota dengan cara damai.

Komunitas ASEAN hampi meliputi semua wilayah ASIA TENGGARA khususnya daratannya, hampir kurang lebih 4.46 juta km2 atau sama dengan hampir 3 % luasnya daratan dibumi diliputi oleh Komunitas ASEAN. Juga ASEAN ini memiliki hampir 600 juta orang Populasinya, ataupun sama dengan 8.8% total orang di Dunia ini. Maka dari itu kita harus bangga sebagai orang Indonesia yang termasuk kedalam Negara ASEAN.

Perlu di ketahui juga ketika tahun 2010 di buktikan bahwa ASEAN ini memiliki luas laut seluas 3 kali lipat luasnya dari luas wilayah daratan tadi di atas. Waaawww??? Anda kaget? Saya tentu tidak kaget, melainkan bangga !. juga menurut survei membuktikan bahwa ASEAN GDP ASEAN telah sampai pada angka 1,8 Triliun Dolar AS. Jika saja ASEAN merupakan entitas tunggal, maka bisa saja ASEAN menduduki kursi ke Sembilan dari Negara dengan Ekonomi terbesar setelah Amerika Serikat, cina, jepang, jerman, brajil, prancis, italia dan inggris.

Prinsip-prinsip utama ASEAN

ASEAN memiliki beberapa prinsip utama yang harus dipegang teguh oleh para Negara Anggota ASEAN. Berikut prinsip utama ASEAN yang harus kita ketahui:

a. Menghormati kemerdekaan
b. Menghormati kedaulatan
c. Menghormati kesamaan
d. Menghormati integritas wilayah nasional
e. Menghormati identitas Nasional setiap Negara
f. Tidak pernah mencampuri urusan dalam Negeri masing-masing Negara Anggota
g. Menyelesaikan perbedasan ataupun perdebatan antar Negara dengan cara damai
h. Membangun sikap kerjasama yang efektif antar Negara Anggota.

Anggota ASEAN

Asean memiliki anggota kurang lebih 10 Negara saat ini, dimana semua nya telah banyak memiliki kesamaan dalam segala bentuk yang tersusun dalam ASEAN. Dari 10 anggota Negara ASEAN, 5 diantaranya termasuk dalam pendiri ASEAN. Berikut nama – nama anggota ASEAN:

1. Indonesia (Negara pendiri)
2. Filipina (Negara pendiri)
3. Singapura (Negara pendiri)
4. Malaysia (Negara pendiri)
5. Thailand (Negara pendiri)
6. Brunei Darussalam (ikut bergabung pada tanggal 28 Juli tahun 1984)
7. Laos (bergabung pada 23 Juli 1997)
8. Vietnam (bergabung dengan asean pada tanggal 28 Juli 1995)
9.Kamboja (bergabung dengan ASEAN pada tanggal 16 Desember tahun 1998)
10.Myanmar (bergabung dengan asean pada waktu yang sama dengan LAOS).

Baca Juga: Pengertian PBB ( Perserikatan Bangsa Bangsa )

ISI DEKLARASI BANGKOK
Deklarasi Bangkok telah meresmikan adanya ASEAN. Berikut di bawah ini isi dari Deklarasi Bangkok:

• Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di daerah ASIA TENGGARA
• Meningkatkan stabilitas perdamaian regional Negara Anggota ASEAN
• Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang sosial, politi, budaya, teknologi, ilmu pengetahuan, dan administrasi
• Menjaga dan memelihara hubungan yang erat ditengah organisasi yang internasional dan organisasi regional yang ada
• Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…