Langsung ke konten utama

Pengertian Hujan Asam Serta Dampaknya

Pengertian Hujan Asam Serta Dampaknya - Hujan Asam adalah salah satu jenis hujan yang berbahaya karena pada air hujan asam ini mengandung tingkatan PH atau tingkatan keasaman yang cukup rendah, tingkatan keasaman dalam air yang sangat rendah ini diakibatkan oleh tingginya tingkat polusi di daerah yang terjadi hujan asam


Definisi Hujan asam yang lain adalah hujan yang setiap tetesan air hujannya mengandung pH atau tingkatan keasaman yang sangat rendah,dan nilai pH air hujannya adalah sekitar 5,6. Maka hujan asam ini memiliki nilai pH airnya hanya mencapai 2 hingga 3 saja. Hujan asam ini juga merupakan suatu masalah pencemaran lingkungan yang harus sangat serius dan benar-benar difikirkan oleh manusia.  Baca juga Pengertian Hujan Secara Umum

Karena dampak dari terjadinya hujan asam sangatlah buruk bagi lingkungan apalagi bagi tumbuhan yang terkena air hujan asam, sehingga hujan asam ini merupakan masalah umum dengan cara berangsur-angsur yang mempengaruhi kehidupan manusia. Istilah Hujan Asam pertama kali diperkenalkan oleh Robert Angus Smith, ketika Robert Angus Smith menulis tentang polusi industri di ingris.

Hujan asam dilaporkan pertama kali di Manchester,Inggris,Pada tahun 1852. Sehingga Robert Angus Smith menemukan hubungan antara hujan asam dengan polusi udara. Sehingga ia mengamati bahwa hujan asam dapat mengarah pada kehancuran alam. Walaupun hujan asam ditemukan pada tahun 1852. ketika pada tahun 1970-an para ilmuwan mulai banyak melakukan penelitian mengenai fenomena alam. Sehingga kesadaran masyarakat ketika hujan asam di Amerika Serikat meningkat pada tahun 1990-an setelah di New York Times mendapat laporan dari Hubbard Brook Experiment Forest di Ne hampshire tentang banyaknya kerusakan lingkungan yang di akibatkan oleh HUJAN ASAM.

Selain Pengertian Hujan Asam, kita juga harus mengetahui bahwa dampak dari fenomena alam ini tidak bisa kita anggap mudah, sehingga hujan asam ini harus kita kurangi bahkan lebih bai di hilangkan hujan asam diakibatkan oleh hujan yang turun dari sebuah uap air dari industri-industri tekstil yang mengeluarkan asap yang mengandung polusi yang akan mencemari lingkungan.

Kemudian membentuk gupalan awan dan menurunkan sebuah hujan yang dimana air hujan asam mmemiliki tingkatan PH yang rendah. Karenanya hujan asam mengakibatkan tingkatan PH airnya yang menjadi rendah akibatnnya sekarang mulailah terasa dampak dari banyaknya emisi gas yang dikeluarkan oleh industri-industri tekstil, asap knalpot motor maupun mobil, ataupun yang lainnya sehingga tingkatan PH air di kutub mulai menurun dari awalnya yang sekitar 6 dan sekarang sampai turun menjadi 4,5. Dan berikut ini adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh Hujan asam yang terjadi sampai saat ini. Baca juga Jenis-Jenis Hujan dan Bentuknya

Dampak Hukan Asam

Yang pertama yaitu bisa menyebabkan matinya tumbuhan dan ikan.

Yang kedua yaitu bisa mengurangi kadar-kadar mineral dalam tanah.

Yang ketiga yaitu bisa melarutkan aluminium dari mineral yang berada di dalam tanah dan bebatuan.

Yang keempat yaitu bisa bereaksi dengan logam,bisa merusak tiang jembatan,kapal laut,dan juga struktur bangunan lainnya yang menggunakan besi atau logam.

Yang kelima yaitu hujan asam tersebut dapat merusak bangunan-bangunan yang terbuat dari batu kapur.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…