Selasa, 04 Oktober 2016

Pengertian Hujan Orografis Beserta Gambarnya

;
Pengertian Hujan Orografis Beserta Gambarnya - Hujan Orografis adalah salah satu jenis hujan, Hujan Orografis biasanya juga sering disebut hujan pegunungan karena proses terjadinya hujan di daerah pegunungan, hujan orografis juga sering terjadi pada daerah sekitar lereng pegunungan yang berasal dari pergerakan udara yang mengandung uap air sehingga hujan terhalang oleh sebuah pegunungan. 

Pengertian Hujan Orografis Beserta Gambarnya

Udara yang mengandung uap air tersebut akan dipaksa untuk naik mengikuti lereng pegunungan. Karena hujan orografis membutuhkan udara yang sangat dingin dalam proses pembentukannya sehingga dibagian atas atau puncak pegunungan tersebutlah udara yang dingin tersebut dengan gumpalan-gumpalan uap air yang naik ke puncak gunung dan dengan udara yang dingin sehingga menjadikan uap-uap air tersebut menjadi dingin dan membentuk butir-butir air (peroses pembentukan uap air menjadi bentuk butiran tersebut disebut proses kondensasi).  Baca juga Jenis jenis Hujan dan bentuknya

Setelah terjadinya proses Kondensasi sehingga, kemudian akan terbentuklah awan dari kumpulan uap-uap air tersebut, sehingga kemungkinan awan tersebut akan dapat menyebabkan turunnya Hujan Orografis atau Hujan Pegunungan..

Hujan orografis sangatlah unik, karena hujan orografis hanya terjadi pada satu sisi lereng gunung terjadinya hujan ini Dikarenakan turunnya hujan terdapat pada satu lereng saja, penyebabnya adalah karena satu sisi lereng gunung yang lain memiliki suhu yang lebih pananas dibandingkan dengan sisi lereng yang lainnya maka lereng gunung yang berada di sebelahnya yang tidak menurunkan hujan. 

Lereng pegunungan yang tidak terjadi hujan biasanya disebut daerah bayangan hujan. Dan hujan orografis ini adalah salah satu jenis dari hujan yang turun ke bumi, masing masing jenis hujan memiliki beberapa ciri khusus yang menjadikannya berbeda-beda dan ciri khusus tersebut dapat dilihat dari tempat dan beberapa unsur pembentukan dari hujan, dan berikut ini adalah beberapa ciri dan karakteristik dari hujan orografis. 

Hujan orografis mempunyai ciri-ciri atau karakteristiknya masing-masing. Begitu juga dengan hujan orografis ini,hujan orografis mempunyai karakteristik yang akan membedakan dengan jenis hujan lainnya. Beberapa karakteristik hujan orografis yang akan menjadi ciri khusus yang dimiliki oleh hujan tersebut.

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh hujan orografis ini, dan berikut ini di antaranya beberapa ciri karakteristik dari hujan orografis.
  • Yang pertama yaitu terjadi di daerah pegunungan.
  • Yang kedua yaitu Terjadinya hujan,dikarenakan oleh angin fohn.
  • Yang ketiga yaitu terjadi karena adanya udara yang mengandung uap air naik ke atas gunung.
  • Yang keempat yaitu turunnya air dari lereng gunung. Baca juga Pengertian Hujan
Itulah karakteristik yang dimiliki oleh hujan orografis. Karakteristik yang telah disebutkan di atas tadi memanglah sedikit,namun karakteristik tersebut hanya dapat dimiliki oleh hujan orografis,dan tidak terdapat pada jenis-jenis hujan lainnya. Sehingga beberapa karakteristik yang telah disebutkan di atas,sehingga menjadi ciri khas dari huajn orografis.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11.40.00

Related : Pengertian Hujan Orografis Beserta Gambarnya

0 komentar:

Posting Komentar