Senin, 03 Oktober 2016

Pengertian Hujan

;
Pengertian Hujan - Hujan adalah sebuah proses turun nya sebuah benda dari atas langit baik itu berupa cairan, batuan, dan lain lain. Hujan merupakan sebutan yang sudah tidak asing lagi bagi sebuah benda yang jatuh dari langit secara beramai ramai, semua orang sudah mengetahui bagai mana hujan dan bagai mana kenikmatan hujan namun kebanyakan orang hampir tidak mengetahui tentang pengertian dari hujan itu sendiri atau juga jenis jenis hujan.

Pengertian Hujan
Hujan
Untuk itu saya kali ini akan sedikit mengulas tentang pengertian hujan. Dalam ilmu geografi hujan adalah sebuah peristiwa turunnya butir-butir benda baik itu berberntuk cairan maupun padat (salju/es) yang berasal dari atas langit ke permukaan bumi. Hujan juga merupakan sebuah sebuah siklus perubahan air dari planet bumi.

Defisi hujan yang lainnya adalah sebuah peristiwa Presipitasi atau juga jatuhnya cairan atau benda padat (salju/es) yang berasal dari atmosfer yang berwujud cair ataupun beku ke permukaan bumi. Hujan juga membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer tebal,sehingga dapat menemui suhu yang berada di atas titik leleh es yang dekat dan di atas permukaan bumi Untuk pembentukan sebuah hujan. Baca juga Proses Terjadinya Hujan
Pengertian hujan secara umum  juga dapat diartikan bahwa hujan adalah proses kondensasi atau perubahan wujud sebuah benda ke wujud yang lebih padat dari bumi dan menjadikan sebuah uap air yang berada di atmosfer menjadi butiran-butiran air yang cukup berat sehingga akan jatuh dan turun ke daratan atau ke bumi. 

Ada dua kemungkinan proses terjadinya hujan dan terjadi secara bersamaan akan dapat mendorong udara jenuh di atmosfer menjelang turunnya hujan, yaitu pendinginan udara dan juga bertambahnya uap-uap air ke udara tepatnya ke lapisan atmosfer. Biasanya dalam proses terjadinya hujan butiran-butiran dan volue hujan mempunyai ukuran yang berbeda-beda, mulai dari yang sama penekuk (butiran besar), hingga butiran yang lebih kecil. Untuk volume hujan biasanya akan lebih besar ketika ukuran butiran hujan lebih kecil dan akan lebih kecil ketika ukuran butiran hujan lebih besar sehingga ukuran hujan mempengaruhi volume hujan.

Sedangkan pengertian menurut Syari'at Islam secara singkat yaitu Hujan adalah sebuah nikmat dan anugerah karunia dari allah swt deengan turunnya sebuah hujan Allah memberikan sebuah karunia dan keutamaan yang sangat besar kepada orang-orang yang Allah kehendaki di antara hamba-hambaNya. Sebagai mana Allah swt berfirman dalam surah Al-Baqarah: 22. 

Untuk itu kita sebagai manusia haruslah banyak-banyak bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Allah berikan melalui proses terjadinya hujan karena dengan adanya hujan semua makhul hidup di bumi akan merasakan sebuah air karena tanpa air semua makhluk hidup akan kesusahan.  Baca juga Lapisan Atmosfer beserta Fungsinya

Dan juga kita sebagai manusia harus dengan benar-benas memanfaatkan karunia yanf telah Allah berikan dan dan jangan sampai merusak dan menyalah gunakan apa ang telah Allah berikan, sebaliknya kita sebagai manusia haruslah menjaga semua yang telah Allah berikan mulai dari menjaga diri, alam sekitar dan yang lainnya. 

Sekian postingan kali ini tentang pengertian hujan semoga dengan adanya artikel ini anda akan lebih mengetahui apa itu hujan sekian dan terimakasi.... semoga bermanfaaat Wassalamualaikum!!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 15.07.00

Related : Pengertian Hujan

0 komentar:

Posting Komentar