Langsung ke konten utama

Pengertian Ilmu Gizi

Pengertian Ilmu Gizi - Istilah gizi atau ilmu gizi sudah dikenalkan pada masyarakat Indonesia sekitar tahun 1950-an, Gizi adalah terjemahan dari kata Inggris ”nutrition”. Kata gizi adalah berasal dari bahasa arab “ghidza” yang artinya adalah makanan.

Pengertian Ilmu Gizi
Nutrisi
Ilmu gizi sering disebut juga sebagai ilmu pangan, zat-zat gizi dan senyawa lainya yang terkandung di dalam bahan pangan. Reaksi dan interaksi serta keseimbangan gizi yang dihubungkan dengan kesehatan dan penyakit. Selain itu ilmu gizi juga meliputi beberapa proses pencernaan pangan, penyerapan, pengangkutan, pemanfaatan dan ekskresi zat-zat oleh organisme. Zat Gizi atau nutrients merupakan ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh agar bisa melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun, memelihara jaringan dan mengatur proses kehidupan.
Pedoman Empat Sehat Lima Sempurna diperkenalkan pertama kali di Indonesia oleh Prof dr. Poerwo Soedarmo pada tahun 1950.  Tapi sekarang pedoman Empa Sehat Lima Sempurna sudah tidak selaras dan diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang. Indonesia sekarang resmi menggunakan Pedoman Gizi Seimbang atau yang di singkat PGS untuk meyiapkan pola hidup sehat bangsa Indonesia dalam menghadapi “beban ganda masalah gizi”, yaitu ketika kekurangan dan kelebihan gizi terjadi secara bersamaan.

Pedoman Gizi Seimbang diharapkan mampu memperbaiki pedoman empat sehat lima sempurna yang sudah dikenalkan sejak tahun 1950. Jika empat sehat lima sempurna menekankan pada makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah dan susu, maka PGS adalah susunan makan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Menurut prinsip PGS, kebutuhan jumlah gizi dicocokan dengan golongan usia, jenis kelamin, kesehatan, serta aktifitas fisik. Selain itu PGS juga memperhatikan variasi jenis makanan. Bahan makanan dalam konsep PGS terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

- Sumber energi atau tenaga : umbi-umbian, padi-padian, tepung-tepungan, sagu, jagung, dll.
- Sumber zat Pengatur : sayur-sayuran dan buah-buahan
- Sumber zat pembangun : ayam, ikan, telur, susu, daging, kacang-kacangan dan hasil olahan nya seperti  tahu, tempe, oncom, dan susu kedelai.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…