Langsung ke konten utama

Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya

Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya - Jaringan LAN adalah jenis jaringan dalam komputer yang mencakup area dalam satu gedung atau ruangan yang berdekatan, seperti jaringan dalam satu area perkantoran, lokasi perusahaan, sekolah, mini market dll.

Biasanya jaringan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan komputer lainnya. Namun ada juga jaringan LAN yang tidak menggunakan kabel.
Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya
Jaringan LAN dan Fungsinya
Dari segi administrasi pembuatan jaringan LAN ini bisa dilakukan sendiri oleh seorang atau beberapa orang administrator (orang yang bertugas dan bertanggung jawab dan memelihara jaringan supaya tetap berjalan normal).

Jenis Jenis Jaringan LAN

Menurut jenisnya, jaringan LAN bisa berupa client/server atau peer to peer.

1. Client/server (server based) 
Client/server adalah suatu model jaringan yang memiliki client dan server. Client merupakan komputer yang dilayanani (bisat berupa data atau perangkat keras seperti printer), sedangkan server merupakan komputer yang bertindak sebagai pelayan client. Fungsi server sendiri sebenarnya berupa perangkat lunak yang dijalankan oleh perangkat keras.

Baca juga : Cara Membuat Jaringan LAN

Macam macam server dan fungsinya dapat difahami dibawah ini.
a) File server, berfungsi untuk menangani berkas yang dapat diakses oleh komputer client.
b) Print server, berfungsi untuk pengontrol printer yang bisa digunakan oleh komputer client.
c) Web server, berperan untuk menangani halaman-halaman web yang bisa diakses oleh browser.
d) Mail server, menangani surat elektronik.

2) Peer to peer (workgroup)
Peer to peer adalah model jaringan yang mampu memberikan kedudukan yang sama pada komputer, tidak ada yang bertindak sebagai server atau pun client sehingga tidak ada alat penyimpanan yang bersifat umum.

Pada model ini dua komputer bisa berhubungan secara langsung tanpa harus tergantung pada komputer server. Model Peer to peer lebih murah dibanding client/server, tetapi Peer to peer hanya bisa berjalan jika komputernya berjumlah tidak lebih dari 25 unit.

Jenis Peer to peer juga dikenal dengan istilah workgroup. Jenis jaringan ini lumayan sederhana. Pada jenis Peer to peer tidak memerlukan sistem operasi yang dirancang dan disediakan untuk dedicated server. Dedicated server hanya berfungsi sebagai server saja. dan tidak dipakai sebagai client atau workstation.

Baca juga : Topologi Jaringan

Karakteristik dari jaringan peer to peer adalah sebagai berikut.
a. Minimal harus ada satu komputer yang berperan sebagai komputer server (pusat data).
b. Ada komputer workstation (tempat kerja).
c. Sistem operasi ata OS pendukung jaringan seperti Win NT, Netware, Linux, dll.
d. Harus ada alat tambahan Peripheral seperti Network Interface Card (NIC) , HUB, dll.
e. Alat penghubung antarkomputer seperti kabel, konektor, terminator, dll.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…