Wednesday, October 19, 2016

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Serta Jenisnya - Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh mahluk hidup. Berbagai aktifitas makhluk hidup membutuhkan energi. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi manusia. Pada makanan yang seimbang, akan diperoleh 50 sampai 70% kalori yang bersumber dari karbohidrat. Nilai energi karbohidrat adalah 4 Kkal per gram (setiap 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori).

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya

Karbohidrat berasal dari kata hidrat dari karbon, dalam bahasa Yunani karbohidrat berarti "gula" karbohidrat merupakan segolongan besar senyawa organik yang banyak tersedia di muka bumi. Karbohidrat terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat mempunyai beberapa fungsi bagi tubuh makhluk hidup, fungsi utamanya adalah sebagai bahan bakar (glukosa). Untuk lebih jelas mengenai fungsi dari karbohidrat silahkan baca "Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh".

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Serta Jenisnya, pengertian karbohidrat dan contoh makanannya definisi karbohidrat dan contohnya pengertian karbohidrat dan contoh pengertian karbohidrat fungsi dan contohnya pengertian karbohidrat kompleks dan contohnya pengertian karbohidrat beserta contohnya
Karbohidrat
Karbohidrat memiliki tiga kelompok utama yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. disakarida dibentuk oleh 3 macam seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa. 3 macam disakarida adalah sukrosa, maltosa, dan laktosa. Sedangkan polisakarida yang biasa adalah pati, dekstrin, glikogen, serta polisakarida struktural yang lebih dikenal dengan serat tanaman.

Tiga Kelompok Karbohidrat

1. Monosakarida
Monosakarida adalah karbohidrat yang tersusun dari molekul paling sederhana, Monosakarida  disebut juga gula karena memiliki rasa manis. 3 macam monosakarida yaitu glukosa, fruktosa dan galaktosa

a. Glukosa
Glukosa sering disebut juga dekstrosa atau gula anggur. Glukosa bisa diperoleh dari sayur mayur, buah-buahan, madu, sirup, jagung dan molase (tetes tebu). Glukosa hanya ditemukan dalam plasma darah dan sel darah merah, oleh karena itu glukosa sering disebut gula darah.

b. Fruktosa
Flukosa memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan dengan glukosa. Meskipun fruktosa dan galaktosa memiliki rumus formula kimia yang sama dengan glukosa (C6H12O6), namun berbeda dalam susunan atom hydrogen dan oksigen pada rantai karbonnya.

c. Galaktosa
Berbeda dengan glukosa dan flukosa, Galaktosa tidak bisa ditemukan dalam keadaan bebas di alam akan tetapi galaktosa dihasilkan di dalam tubuh selama berlangsungnya proses pencernaan laktosa (gula susu).
Tingkat Kemanisan Dari Jenis Gula
Jenis Gula dan Tingkat Kemanisan
Sukrosa (Kristal) memiliki tingkat kemanisan 1,0
Glukosa (cair) memiliki tingkat kemanisan 0,7
Fruktosa (kristal) memiliki tingkat kemanisan 1,2
Sorbitol (tepung) memiliki tingkat kemanisan0,5

2. Disakarida
Disakarida merupakan karbohidrat yang mengandung 2 molekul gula sederhana. Golongan disakarida yang terdapat dalam makanan adalah sukrosa, maltosa dan laktosa.

a. Sukrosa
Sukrosa terdiri dari satu unit glukosa dan satu unit fruktosa. Gula pasir dan gula merah yang dihasilkan dari tebu hampir 100% terdiri dari sukrosa, sedangkan gula merah yang diproduksi dari pohon palm (aren, kelapa) mengandung glukosa dan frukosa dalam jumlah sedikit.
Sukrosa banyak digunakan dalam pengolahan pangan, seperti sirup, selai, jelly dll. Mengkonsumsi sukrosa dalam jumlah banyak akan berdampak kerusakan pada gigi serta akan menyebabkan kegemukan.

Baca juga : Pengertian ilmu gizi

b. Maltosa
Maltosa bersumber dari biji-bijian yang dikecambahkan seperti biji barley (malt) yang dikecambahkan, dan terdapat dalam sirup jagung.

c. Laktosa (gula susu)
Laktosa merupakan gula yang rasa manisnya sangat kecil. hampir seperenam manis glukosa. laktosa agak sulit dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan sukrosa dan maltosa dan lebih sulit larut daripada  disakarida lain.

3. Polisakarida (karbohidrat kompleks)
Polisakarida adalah gabungan beberapa molekul monosakarida. Polisakarida disebut juga Oligosakarida apabila tersusun atas 3 sampai 6 molekul monosakarida dan Polikasakarida disebut polisakarida apabila tersusun atas lebih dari 6 molekul  monosakarida. Polisakarida dapat dikelompokkan menjadi 3 golongan yaitu :

a. Pati
Pati adalah sumber kalori yang penting karena kebanyakan karbohidrat dalam makanan terdapat dalam bentuk pati. Pati terdapat dalam biji-bijian, padi-padian, dan umbi-umbian. Jumlah unit glukosa dan susunannya dalam satu jenis pati berbeda satu sama lain, bergantung jenis tanaman asalnya. Bentuk butiran pati berbeda satu dengan yang lain dengan karakteristik, daya larut, daya mengentalkan dan rasa

b. Glikogen
Glikogen adalah jenis karbohidrat sejenis gula yang disimpan di dalam hati dan otot dalam bentuk cadangan karbohidrat. Glikogen di dalam otot hanya bisa digunakan untuk kebutuhan energi di dalam otot tersebut, sedangkan glikogen dalam hati bisa dipakai sebagai sumber energi untuk keperluan semua sel tubuh.

c. Serat
Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak bisa larut karena pencernaan manusia tidak memiliki enzim. Meskipun demikian, dalam usus besar manusia terdapat bakteri-bakteri yang bisa mencerna serat menjadi komponen serat sehingga produk yang dilepas bisa diserap ke dalam tubuh dan bisa digunakan sebagai sumber energi.

Itulah Pengertian Karbohidrat dan Fungsi Serta Jenisnya yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dengan membaca dan memahami Pengertian Karbohidrat dan Fungsi Serta Jenisnya pengetahuan kalian tentang gizi bisa bertambah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:56:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Serta Jenisnya

0 komentar: