Selasa, 04 Oktober 2016

Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya

;
Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya - Ethernet card, atau sering juga di kenal sebagai network adapter, LAN adapter, atau NIC (Network Interface Card) adalah sebuah perangkat keras komputer yang dapat membuat komputer untuk dapat berkomunikasi melalui jaringan komputer. kartu jaringan memberikan akses fisik ke media komunikasi jaringan komputer. 

Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya
Kartu Jaringan

Jenis Jenis Kartu Jaringan

Jenis kartu jaringan yang beredar terbagi menjadi dua jenis, yaitu kartu jaringan yang bersifat fisik, dan kartu jaringan yang bersifat logis. Misalnya kartu jaringan yang bersifat fisik adalah kartu jaringan Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara kartu jaringan yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter.

Selain itu, ada juga program kecil dalam kartu jaringan yang menyediakan mekanisme komunikasi di lapisan bawah melalui alamat MAC (MAC address). Hal ini dapat membuat kalain untuk saling tersambung satu sama lain memakai kabel atau tanpa kabel menggunakan radio/wireless.

Ethernet adalah salah satu kunci utama dalam membangun jaringan LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal. Jaringan LAN adalah salahsatu dari jaringan komputer yang area nya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer disekolah, jaringan komputer digedung, jaringan komputer dikantor, rumah, sekolah dll. Selebihnya silahkan baca Perangkat Jaringan Komputer

Saat ini, apabila kalian membeli komputer PC atau laptop maupun biasanya kartu jaringan sudah tersedia di dalamnya. Artinya kalain tidak perlu menambahkan lagi kartu jaringan tambahan. Komputer kalain akan secara langsung di sambungkan ke jaringan LAN. Namun, apabila kalian membutuhkan lebih dari satu buah kartu jaringan, kalian boleh saja menambahkan kartu jaringan tambahan seperti tampak pada gambar.

Memasang Kartu Jaringan

Kartu jaringan tersambung ke motherboard komputer melalui beberapa cara,

Terintegrasi, menjadi bagian (built-in) dari motherboard.
- Melalui sambungan PCI slot.
- Melalui sambungan ISA slot, namun sekarang sudah tidak dipakai lagi.

Baca juga: Perangkat Keras Jaringan Komputer

Beberapa teknologi yang di pakai oleh Kartu jaringan, yaitu,
- Fast Ethernet, mempunyai kecepatan 100 Mbps.
- Gigabit Ethernet, mempunyai kecepatan 1 Gbps.
- Optical Fiber, mempunyai kecepatan sampai 160 Gbps.
- Token Ring, mempunyai kecepatan sampai 100 Mbps. Beberap kecepatan yang didukung oleh Ethernet, yaitu,
10 Mbps
100 Mbps
1000 Mbps sampai 160 Gbps

Itulah Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya semoga dengan membaca Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya kalian lebih memahami tentang pengertian kartu jaringan, fungsi kartu jaringan dan jenis jenis kartu jaringan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 05.54.00

Related : Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar