Sunday, October 9, 2016

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) - Sesudah kalian memahami pengertian komunikasi dan jenisnya, sampailah kita pada postingan komunikasi dalam jaringan atau komunikasi daring. Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu kepada membaca, menulis serta melakukan komunikasi menggunakan jaringan komputer.

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian serta penerimaan pesan atau infromasi dilakukan dengan menggunakan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di "dunia semu" tersebut umumnya disebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.

Perkembangan pertama komunikasi dalam jaringan dimulai sekitar tahun 1960, pada saat itu peneliti asal Amerika mengembangkan sebuah protokol yang dapat mengirim dan menerima pesan informasi melalui komputer.  Protokol tersebut adalah ARPANET, yang dirilis pada tahun 1969, pada akhirnya ARPARET berkembang menjadi Internet. Kita sudah membahas ini pada postingan yang berjudul : Sejarah Internet Dunia. Silahkan baca kembali untuk memahami sejarah internet dunia dan perkembanganya.

Komunikasi dalam jaringan dilakukan dalam dunia pendidikan pertama kali nya di tahun 1980-an, setelah menyebarnya komputer pribadi atau PC (personal computer). Latar belakang komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan dan penelitian bisa dibagi menjadi dua periode yang berbeda, ditandai oleh pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980 dan munculnya WWW (world wide web ) di pertengahan 1990.

Pada periode pertama, sejak pertengahan 1980 para guru menemukan potensi alat atau media pendidikan untuk pelajaran bahasa (Cummins, 1986). Keseluruhan komunikasi yang menggunakan komputer di dalam ruang kelas itu dibagi menjadi dua: yang pertama, beberapa guru mulai menggunakan e-mail (elekronik mail) untuk mengatur pertukaran informasi jarak jauh, dan yang kedua, guru mulai memakai program software sinkron (Daedalus Interchange. Daedalus Inc, 1989) untuk memungkinkan percakapan komputer antar kelas.

Komunikasi dalam jaringan dinakamakan juga komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian informasi dan penerimaan informasi dilakukan dengan memanfaatkan jaringan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace).

Komunikasi dalam jaringan pada abad ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satu bentuk komunikasi dalam jaringan adalah pada penggunaan jaringan Internet. Internet adalah media komunikasi yang sangat efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai program seperti web (WWW), chatting (Yahoo Masanger atau YM, Google talk, dll), e- mail, FS, FB dan twitter. 

Pengertian komunikasi dalam jaringan, pengertian komunikasi daring, manfaat komunikasi daring, jenis komunikasi daring,
Komunikasi Dalam Jaringan (daring)
Sangat banyak fasilitas yang disuguhkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaan fasilitas tersebut membuat manusia tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut bisa kalian lihat pada maraknya penjualan dan pembeli smartphone android atau BB dengan harga yang sangat murah dan tawaran kelengkapan fasilitas untuk mengakses Internet. 

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

Komunikasi daring mempunyai banyak kelebihan apabila dibandingkan dengan komunikasi konvensional, kelebihan komunikasi daring antara lain sebagai berikut.

a. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi dalam jaringan, kalian bisa berkomunikasi di mana saja dan kapan saja,  dengan syarat perangkat kalian harus terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang memadai.

b. Hemat biaya: dengan adanya komunikasi dalam jaringan atau daring kalian tidak perlu bertatap muka dengan lawan bicara. tentu ini akan membuat hemat biaya transportasi.

c. Hemat waktu: komunikasi dalam jaringan dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pean bisa disampaikan pada saat itu juga kepada lawan bicara dalam hitungan detik walaupun kedua pihak saling berjauhan.

d. Berpadu dengan layanan teknik informasi dan komunikasi lainnya: sambil melakukan komunikasi dalam jaringan, kalian bisa memanfaatkan layanan TIK lainnya demi mendukung terjadinya pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang bisa kalian digunakan adalah berbagi layar, presentasi, dan dokumen atau file. Baca juga : Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

e. Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi dalam jaringan mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif kertika berkomunikasi di dunia maya.

Selain kelebihan, komunikasi dalam jaringan juga mempunyai beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.

a. Tidak mewakili emosioal : emosional seperti intonasi atau nada bicara, raut wajah, gerakan tubuh, merupakan sesuatu yang  sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
b. Membutuhkan perangkat khusus: komunikasi daring tidak bisa dilakukan apabila tanpa perangkat keras dan perangkat lunak.

c. Terlalu banyak informasi yang kurang begitu penting: ketika melakukan komunikasi daring, terkadang informasi yang datang menjadi banyak, sehingga membuat bingung si penerima.

d. Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi dalam jaringan secara sembarangan dapat mengabaikan atau menunda hal yang penting lain bisa membahayakan diri sendiri bahkan orang lain.

Jenis komunikasi dalam jaringan (daring)

a. Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi dalam jaringan serempak atau komunikasi daring sinkron merupakan komunikasi menggunakan komputer sebagai alat, yang terjadi secara serempak, waktu nyata atau real time. Contoh komunikasi daring sinkron antara lain adalah:

- Text chat
Text chat adalah sebuah fitur/aplikasi/program dalam jaringan internet berfungsi untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pengguna Internet yang  sedang online.

Komunikasi teks mampu mengirimkan pesan dengan teks kepada teman yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks juga, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

- Video chat
Video chat adalah teknologi untuk berinteraksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting umumnya dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer maupun tablet atau smartphone, yang sering disebut telepon video call). Video chatting bisa berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti interaksi pada FaceTime dan Skype, atau  interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti interaksi dalam Google+ Hangouts.

b. Komunikasi dalam jarinan asinkron
Komunikasi dalam jaringan asinkron atau tidak serempak merupakan komunikasi yang menggunakan komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi dalam jaringan asinkron adalah penggunaan e-mail, forum, rekaman simulasi visual, dan membaca atau menulis dokumen dalam jaringan melalui Web.

Itulah pengertian komunikasi dalam jaringan atau komunikasi daring beserta manfaat dan jenisnya. semoga dengan membaca postingan pengertian komunikasi dalam jaringan kalian bisa lebih memahami apa itu komunikasi daring? apa manfaat komunikasi daring? dll.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 1:03:00 PM

Related : Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

0 komentar:

Post a Comment