Monday, October 10, 2016

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Asinkron

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Asinkron - Komunikasi dalam jaringan (daring) tidak serempak (Asinkron) adalah salahsatu komunikasi yang menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara tertunda. Macam-macam komunikasi daring asinkron adalah email, forum, blog, sosmed (social media) dan web. 

Postingan ini akan membahas pengertian komunikasi dalam jaringan asinkron dan penggunaan email sebagai bentuk komunikasi dalam jaringan asinkron. Karena pada postingan kemarin kita sudah membahas dan mempelajari dengan seksama tentang pengertian komunikasi dan fungsinya, pengertian komunikasi dalam jaringan dan jenisnya, serta perangkat pendukung komunikasi dalam jaringan.

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Asinkron
Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Asinkron

Penggunaan Email sebagai bentuk komunikasi dalam jaringan asinkron

Alamat email adalah bagian dari identitas di dunia maya. Hampir semua layanan dalam jaringan mensyaratkan untuk memiliki email. Oleh karena itu, jika kalian belum memiliki email dan tidak tahu bagaimana cara yang BENAR mendaftar email, silahkan ikuti blog ini. Karena nanti saya akan membahas cara mendaftar email di semua layanan secara gratis.

Email adalah singkatan dari electronic mail yang berarti surat elektronik yang disingkat imel atau surel. Lebih khusus, email adalah cara pengiriman data, file teks, foto, audio, dan video dari satu perangkat komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan jaringan Internet.

Kelebihan email dibandingkan surat biasa.
Email akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat.
Email dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital. 
Umumya email GRATIS, dan kalian hanya perlu modal koneksi Internet saja.

Email GRATIS VS BERBAYAR

Email gratis adalah kegiatan surat menyurat menggunakan jaringan Internet tanpa harus mengeluarkan uang ketika menggunaannya. Biasanya biaya yang harus dikeluarkan hanyalah biaya untuk membayar kuota Internet. Contoh E-mail Gratis adalah : YMail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengertian email, fungsi email dan jenis jenis email.

Email berbayar adalah kegiatan surat-menyurat dengan menggunakan jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan. Kalian harus membayar untuk berlangganan email dengan layanan yang tidak didapatkan dari email gratis. Contoh email berbayar adalah YMail plus yang dilengkapi berbagai layanan tambahan seperti tambahan kapasitas email, perlindungan dari virus, Anti iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya yang tidak didapatkan dari email gratis.

Baca juga:
Cara Membuat Email Yahoo
Cara Daftar Email


Salah satu penyedia layanan email gratis adalah Google Mail. Gmail adalah salah satu layanan yang disediakan oleh raksasa internet Google. Dibawah ini adalah kelebihan dan fasilitas yang dimiliki oleh Google Mail.

- Memiliki kapasitas penampungan email yang besar kurang lebih 12Gb.
- Memiliki fasilitas pencarian (search) untuk membantu proses pencarian email.
- Mendapatkan akses aplikasi Google lain, seperti :Google Drive, Google Talk, Google Calendar, Google map, Google earth, Google Docs.
- Mendapatkan layanan POP Mail dan Forwarding

POP (Post Office Protocol) adalah layanan untuk mengunduh email dari Gmail ke komputer pribadi sehingga dapat kalian baca diluar jaringan atau offline. Forwarding merupakan fasilitas untuk meneruskan email yang masuk ke Google mail ke email lain secara otomatis.

Itulah yang bisa saya sampaikan pada postingan Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Asinkron. semoga mambantu dan bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 1:07:00 PM

Related : Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Asinkron

0 komentar:

Post a Comment