Tuesday, October 11, 2016

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron - Komunikasi sinkron merupakan salahsatu penggunaan komputer yang bertujuan untuk berkomunikasi dengan orang lain disaat yang sama dengan bantuan software/perangkat lunak. Contoh dari komunikasi serempak adalah text chat, video chat, video conference, dll.

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron
HangOut
Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan saya dari mulai pengertian komunikasi dalam jaringan, komponen pendukung komunikasi daring dan pengertian komunikasi dalam jaringan asinkron. Nah pada kesempatan ini kita akan belajar memahami pengertian komunikasi dalam jaringan sinkron yang nantinya akan diteruskan dengan bagaimana cara melakukan komunikasi daring sinkron?

Layanan text chat (chatting) dapat membuat kalian untuk berkomunikasi menggunakan tulisan dengan orang lain. Perbedaan mendasar antara chatting dengan email adalah sifat chatting yang merupakan komunikasi serempak, memastikan bahwa pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika lawan chatting sedang  keadaan online. Contoh layanan text chat antara lain Google Talk, Yahoo messenger, FB chat, BBM.

Ada juga layanan chatting yang berbasis perangkat genggam seperti whatsapp yang singkat WA, line, kakao talk. Namun untuk dapat menggunakan fasilitas itu, kalian harus mempunyai alamat email. Silahkan baca Cara daftar email Gmail

Lain halnya text chat, layanan video chat, yang lebih familiar dengan nama video call atau video phone, dapat membuat kalian untuk berkomunikasi antar dengan orang lain, sekaligus dapat melihat lawan bicara dalam bentuk visual. Biasanya, video call harus dilakukan secara sinkron, di mana kalian dan lawan bicara harus di depan komputer pada waktu bersamaan (serempak). Contoh layanan video call antara lain facebook video call, skype, google+ hangout, facetime, dll.

Video conference adalah layanan video call yang dilakukan oleh tiga orang atau lebih dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Beberapa layanan video call bisa dipakai untuk video conference, antara lain skype, google+ hangout,bigbluebutton, Cisco webex, dll.

Ada beberapa layanan video call dan video conference yang telah tersedia dan bisa kalian download secara GRATIS. Beberapa contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google+ hangout, Umeetme. Setiap layanan video call dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Itulah Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron. Semoga bermanfaat. jangan lupa Bookmark blog ini :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:28:00 AM

Related : Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron

0 komentar:

Post a Comment