Langsung ke konten utama

Pengertian (PBB) Perserikatan Bangsa Bangsa

Pengertian (PBB) Perserikatan Bangsa Bangsa - Perserikatan Bangsa Bangsa atau sering kita dengar dengan sebuat PBB, adalah suatu organisasi Internasional yang dimana Anggotanya terdiri dari hampir seluru Negara yang ada di Dunia kita ini. Organisasi PBB ini sangatlah banyak manfaat di dalamnya, dimana salah satu nya untuk memfasilitasi persoalan bagian hukum hukum internasional yang terjadi, juga meliputi bagian keamanan internasional antar negara anggota, juga dari bidang ekonomi nya nengara anggota, perlindungan antar sesame Negara anggota,dan  segalanya telah di atur oleh Lembaga Organisasi PBB ini.

ASAS dan TUJUAN dibentuknya Organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

1. ASAS PBB

a.Seluruh anggota Negara harus menyelesaikan segala bentuk persengketaan Internasional melalui jalur damai, keadilan dan keimanan.
b.Seluruh anggota PBB harus berdasarkan persamaan kedaulatan untuk memperat organisasi PBB
c.Anggota PBB pun harus terus berinteraksi dan dalam hubungan internasional harus menjauhi segala kekerasan dan ancaman terhadap negara lain
d.Segala anggota PBB harus secara ikhlas daalam memenuhi segala bentuk kewajibannya sebagaimana hal yang terkandung dalam piagam PBB.

PBB perserikatan Bangsa Bangsa dan Anggotanya


2. TUJUAN PBB

a.Mengembangkan segala bentuk perhubungan yang dimiliki antar sesama negara anggota.
b.Menciptakan suatu kerja sama yang sangat luar biasa dalam masalah usaha internasional dan khususnya di bidang ekonomi, hak asasi dan juga sosial budaya
c.Memelihara perdamaian dan keamanan internasional khususnya negara anggota
d.Menjadikan PBB sebagai ujung tombak dan pusat usaha dari segala hal yang ingin di capai diatas.

STRUKTUR ORGANISASI Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Berdasarkan musyawarah yang di lakukan di San Fransisco, menyatakan bahwa PBB memiliki Stuktur Organisasi dalam bentuk suatu PIAGAM, yaitu:

1.Majelis UMUM (General Assembly)
2.Dewan Keamanan (Security Council)
3.Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council)
4.Dewan Perwalian (Trusteeship Council)
5.Mahkamah Internasional (Internasional Court of Justice), dan
6.Sekretariat.

TUGAS dalam MASING MASING BIDANG


Dalam Bab III pasal 7 Piagam PBB, dituliskan bahwa ada 6 bagian dari Struktur Organisasi Utama PBB, dimana tugas dan Wewenangnya adalah sebagai berikut:

1.Majelis Umum (General Assembly)

Tugas dan wewenang yang patent untuk majelis Umum ialah sebagai berikut:

a.Berhubungan dengan perdamaian dan keamanan internasional
b.Berhubungan dengan kerjasama ekonomi, kebudayaan, pendidikan, kesehatan, dan perikemanusiaan
c.Berhubungan dengan perwakilan internasional termasuk daerah yang belum mempunyai pemerintahan sendiri yang bukan daerah strategis
d.Berhubungan dengan keuangan
e.Mengadakan perubahan piagam
f.Memilih anggota tidak tetap Dewan Keamanan, Ekonomi, dan Sosial, Dewan Perwakilan, Hakim Mahkamah Internasional, dan sebagainya.

2.Dewan Keamanan (Security Council) 


Tugas dari Dewan Kemanan ini ialah diberikannya hak dan wewenang untuk menentukan suatu permasalahan yang dianggap sangatlah mengganggu organisasi PBB ini. 


3.Dewan Ekonomi dan Sosial (Ekonomic and Social Council)


i.Bertanggung jawab dalam menyelenggarakan kegiatan ekonomi dan sosial yang digariskan oleh PBB
ii.Mengembangkan ekonomi, sosial, dan politik
iii.Memupuk hak asasi manusia
iv.Mengkoordinasi kegiatan-kegiatan dari bidang khusus dengan berkonsultasi dan menyampaikannya pada Sidang Umum kepada mereka dan anggota PBB.

4.Dewan Perwalian (Trustesship Council)


Fungsi dari Dewan Perwakilan ini ialah di bawah ini rinciannya:

•Mengusahakan kemajuan penduduk daerah perwalian dalam negara untuk mencapai kemerdekaan sendiri.
•Memberikan dorongan untuk menghormati hak-hak manusia
•Melaporkan hasil pengawasan kepada Sidang Umum PBB


5.Mahkamah Internasional (International Court of Justice)


Berikut di bawah ini rincian tugas dan wewenang dari M. Internasional PBB:

Mahkamah ini tugasnya mengadili suatu permasalah pedoman yang ada dalam perjanjian perjanjian internasional yang sudah tercatat dalam PBB. Mahkamah ini juga merupakan suatu pengadilan tertinggi di PBB.


6.Sekretariat


Tanggungjawab, tugas dan wewenang dari Sekeretaris jendral ialah sebagai berikut:

•Mempersiapkan segala bentuk hal dalam rangka menyelenggarakan pertemuan yang akan di hadiri oleh majelis umum dan badan utama yang ada dalam organisasi PBB
•Melaksankan keputusan yang apapun telah dihasilkan dari musyawarah  para badan utama PBB dan Majelis Umum.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…