Monday, October 24, 2016

Pengertian Presentasi Video dan Funsinya serta Jenisnya

Pengertian Presentasi Video dan Funsinya serta Jenisnya - Pembelajaran presentasi video merupakan upaya pembekalan keterampilan bagi kalian agar mampu untuk dapat mengomunikasikan ide melalui bentuk video.

Pada dasarnya presentasi video terdiri atas kegitan pembelajaran :
1. Video proses yaitu pengambilan gambar yang dilakukan dengan menggunakan kamera video, baik yang terpasang pada handphone dan perangkat lainnya, maupun pada kamera khusus untuk perekaman video, termasuk camcorder.

2. Screen recording adalah pengambilan gambar menggunakan kamera yang terpasang di laptop atau webcam yang sengaja dipasang untuk merekam gambar.

Pengukuran keberhasilan pembelajaran presentasi video diarahkan pada kekreatifan kalian menemukan gagasarn sebagai jalan keluar memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan produk atau jasa yang kalian pelajari.

Tujuan Pembelajaran Presentasi Video
Setelah kalian mengikuti pelajaran presentasi video, kalian akan mampu
- menjelaskan pengertian presentasi video,
- menjelaskan fungsi presentasi video dalam upaya mengomunikasikan ide atau gagasan,
- mengidentifikasi jenis-jenis presentasi video.


Pengertian Presentasi Video

Presentasi video ialah video dalam mengkomunikasikan gagasan atau rencana, yg dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk yg dibuat melalui alat mendokumentasikan gambar dan suara, menjalankan rangkaian dan melanjutkan atau memotong gambar dan menyataukannya jadi integritas yg utuh.

Pengertian Presentasi Video dan Funsinya serta Jenisnya
Presentasi

Fungsi Presentasi Video

Presentasi video berfungsi sebagai alat untuk mengomunikasikan rencana atau gagasan melalui pengutaraan satu buah produk yg sudah dihasilkan. juga sebagai media untuk mengomunikasikan konsep atau ide, presentasi video mesti menyampaikan keunggulan gagasan atau rencana yg dapat di sampaikan. rencana atau ide merupakan cara untuk mengatasi problem yg dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Presentasi Video
Gagasan atau ide adalah hasil pemikiran yang lahir sebagai jalan keluar untuk mengatasi permasalahan. Pada dasarnya, masalah ialah kesenjangan antara kenyataan dan harapan. Perlu pelatihan keras agar bisa mengidentiļ¬kasi masalah. Mampu mengidentiļ¬kasi masalah adalah setengah langkah untuk kemudian menemukan solusi atau jalan keluar sebagai satu langkah berikutnya.

Ide atau konsep pada presentasi video, harus menggunakan ide sendiri, dalama arti bukan hasil pemikiran orang lain dan tidak menjiplak. Harus benar dan tidak menyalahi kaidah keilmuan dan tidak bertentangan dengan norma atau aturan dan harus bermanfaat artinya menjadi solusi untuk memecahkan masalah orang lain. Baca juga : Cara menggunakan screencash o matic !!!

Jenis Presentasi Video

Berdasarkan kepada tujuan pembuatan presentasi video, maka video mempunyai tujuan untuk bercerita, dokumentasi, memaparkan berita, pembelajaran dan presentasi. Berikut adalah jenis video. Baca Juga: Ciri Ciri Presentasi Video

a. Cerita/Story adalah Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.
b. Dokumenter/Dokumentasi adalah Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata.
c. Berita/News adalah Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.
d. Pembelajaran/Eduation adalah Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.
e. Presentasi/Presentation adalah Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:08:00 PM

Related : Pengertian Presentasi Video dan Funsinya serta Jenisnya

0 komentar: