Langsung ke konten utama

Pengertian Presentasi Video dan Funsinya serta Jenisnya

Pengertian Presentasi Video dan Funsinya serta Jenisnya - Pembelajaran presentasi video merupakan upaya pembekalan keterampilan bagi kalian agar mampu untuk dapat mengomunikasikan ide melalui bentuk video.

Pada dasarnya presentasi video terdiri atas kegitan pembelajaran :
1. Video proses yaitu pengambilan gambar yang dilakukan dengan menggunakan kamera video, baik yang terpasang pada handphone dan perangkat lainnya, maupun pada kamera khusus untuk perekaman video, termasuk camcorder.

2. Screen recording adalah pengambilan gambar menggunakan kamera yang terpasang di laptop atau webcam yang sengaja dipasang untuk merekam gambar.

Pengukuran keberhasilan pembelajaran presentasi video diarahkan pada kekreatifan kalian menemukan gagasarn sebagai jalan keluar memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan produk atau jasa yang kalian pelajari.

Tujuan Pembelajaran Presentasi Video
Setelah kalian mengikuti pelajaran presentasi video, kalian akan mampu
- menjelaskan pengertian presentasi video,
- menjelaskan fungsi presentasi video dalam upaya mengomunikasikan ide atau gagasan,
- mengidentifikasi jenis-jenis presentasi video.


Pengertian Presentasi Video

Presentasi video ialah video dalam mengkomunikasikan gagasan atau rencana, yg dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk yg dibuat melalui alat mendokumentasikan gambar dan suara, menjalankan rangkaian dan melanjutkan atau memotong gambar dan menyataukannya jadi integritas yg utuh.

Pengertian Presentasi Video dan Funsinya serta Jenisnya
Presentasi

Fungsi Presentasi Video

Presentasi video berfungsi sebagai alat untuk mengomunikasikan rencana atau gagasan melalui pengutaraan satu buah produk yg sudah dihasilkan. juga sebagai media untuk mengomunikasikan konsep atau ide, presentasi video mesti menyampaikan keunggulan gagasan atau rencana yg dapat di sampaikan. rencana atau ide merupakan cara untuk mengatasi problem yg dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Presentasi Video
Gagasan atau ide adalah hasil pemikiran yang lahir sebagai jalan keluar untuk mengatasi permasalahan. Pada dasarnya, masalah ialah kesenjangan antara kenyataan dan harapan. Perlu pelatihan keras agar bisa mengidentiļ¬kasi masalah. Mampu mengidentiļ¬kasi masalah adalah setengah langkah untuk kemudian menemukan solusi atau jalan keluar sebagai satu langkah berikutnya.

Ide atau konsep pada presentasi video, harus menggunakan ide sendiri, dalama arti bukan hasil pemikiran orang lain dan tidak menjiplak. Harus benar dan tidak menyalahi kaidah keilmuan dan tidak bertentangan dengan norma atau aturan dan harus bermanfaat artinya menjadi solusi untuk memecahkan masalah orang lain. Baca juga : Cara menggunakan screencash o matic !!!

Jenis Presentasi Video

Berdasarkan kepada tujuan pembuatan presentasi video, maka video mempunyai tujuan untuk bercerita, dokumentasi, memaparkan berita, pembelajaran dan presentasi. Berikut adalah jenis video.

Baca Juga: Ciri Ciri Presentasi Video

a. Cerita/Story adalah Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.
b. Dokumenter/Dokumentasi adalah Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata.
c. Berita/News adalah Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.
d. Pembelajaran/Eduation adalah Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.
e. Presentasi/Presentation adalah Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…