Langsung ke konten utama

Pengertian Router dan Fungsinya Serta Jenis dan Cara Kerjanya

Pengertian Router dan Fungsinya Serta Jenis dan Cara Kerjanya - Apa itu router? Router atau penghala adalah salahsatu dari perangkat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui suatu jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui suatu proses yang dikenal dengan proses penghalaan. Proses penghalaan ini terjadi pada lapisan internet protocol (lapis ke 3) dari tujuh lapisan protocol OSI.

Setelah kemarin kita sudah membahas seluk beluk dari pada jaringan komputer seperti pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, macam macam jaringan komputer, jenis jenis kabel jaringan komputer. Dan pada postingan ini saya akan membahas tentang salah satu perangkat keras jaringan komputer, yaitu ROUTER. lihatlah gambar router dibawah ini!

Namun sebelum membahas lebih dalam tentang Pengertian Router dan Fungsinya Serta Jenis dan Cara Kerjanya, saya akan ingat kepada anda jangan lupa like dan share artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Karena kita tahu, sedekah bukan hanya saja uang, tapi ilmu juga!

Pengertian Router dan Fungsinya, Jenis Router, Cara Kerja Router
ROUTER

Router ini lebih cerdas dibandingkan dengan perangkat lainnya. Fungsi dan fungsi utama router yaitu melewatkan paket data antarsegmen yang mempunyai alamat jaringan yang berbeda. Selain itu, kemampuan router adalah mampu mengelola collisin domain dan mampu mengelola broadcast domain. 

Baca : Perangkat Jaringan Komputer

Broadcast domain merupakan suatu kelompok jaringan komputer pada waktu terjadi pengiriman paket data yang dikerjakan secara broadcast oleh suatu perangkat komputer, maka semua komputer yang masuh dalam satu kelompok broadcast domain bisa menerima sekaligus memproses data tersebut hingga application layer.

Fungsi Router

Fungsi utama router adalah menghubungkan segmen yang mempunyai alamat jaringan yang berbeda. Hal tersebut bisa dilakukan karena router memiliki table routing yang berisikan informasi alamat tujuan. Jarak menuju jaringan tujuan yang diimplementasikan dengan istilah antarmuka.

Tabel routing berfungsi untuk menentukan jalur yang akan dipakai untuk melewatkan paket data ke jaringan tujuan. Router akan memilih sendiri jalur berdasarkan informasi antarmuka yang terdapat dalam tabel routing.

Cara Kerja Router

Cara kerja router yaitu meneruskan paket data jaringan dan mampu juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau bakan menyatukan segmen-segmen jaringan. Router berjalan pada lapisan ketiga pada lapisan jaringan dan menggunakan skema peng-alamat-an yang dipakai pada lapisan itu, seperti halnya IP Address.

Sebuah router mampu menerjemahkan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Kepintaran router melebihi kepintaran bridge karena router mampu mencari jalur terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.

Jika sebuah organisasi atau perusahaan mempunyai jaringan LAN dan menginginkan terkoneksi ke internet, organisasi dan perusahaan tersebut harus membeli router. Ini berarti bahwa sebuah router mampu megartikan informasi di antara jaringan LAN dan internet. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dengan baik tugas dari router.

Artikel berkaitan:
10 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya
Macam Macam Jaringan Komputer

a. Router mampu mengatur jalur sinyal secara efisien.
b. Router mampu mengatur pesan di antara dua protokol.
c. Router mampu mengatur pesan di antara topologi jaringan linear, jaringan bus dan jaringan bintang.
d. Router mampu mengatur pesan di antara melewati kabel fiber optik, koaksial,  atau bahkan kabel twisted pair.

Jenis Jenis Router

Secara umum, router dapat dibagi menjadi dua jenis diantaranya adalah:
a. Router Statis / Static router adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diatur secara manual oleh para admin jaringan.

b. Router Dinamis / Dynamic router  adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan cara mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan cara saling berhubungan dengan router lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…