Rabu, 05 Oktober 2016

Pengertian Search Engine dan Macam macamnya

;
Pengertian Search Engine dan Macam macamnya - Untuk mencari informasi yang kalian inginkan di internet, ada dua cara yang umumnya dipakai untuk mencari jawaban dan pertanyaan yang kalian cari di internet. Metode pencarian tersebut adalah sebagai berikut.

a. Subject tree (indeks kategori atau subject category)
Subject tree merupakan suatu cara pencarian dengan cara menusuri dari subjek utama, kemudian makin lama makin menyempit hingga pada bagian dari subjek informasi yang diinginkan.

b. Search engine (mesin pencari atau mesin penelusur)
Cara menggunakan, kalian hanya perlu mengetikkan beberapa suku kata atau frasa (kata kunci) dari yang berkaitan dengan informasi yang kalian ingin cari dan ditemukan dan selanjutnya Search Engine akan mencarikannya untuk kalian dari database yang jumlahnya jutaan.

Penggunaan search engine akan memudahkan kalian ketika ingin mencari informasi di internet. Karena search engine mudah untuk digunakan.

Baca juga: Sejarah Internet
Pengertian Search Engine dan Macamnya
Search Engine

Pengertian Search Engine dan Macam macamnya

Mesin pencari atau search engine adalah program komputer yang dirancang khusus untuk membantu kalian menemukan file yang tersimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri.

Mesin pencari dapat membuat kalian untuk meminta konten dengan kriteria yang spesifik dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Search engine biasanya menggunakan indeks untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, search engine biasanya merujuk pada WWW (world wide web) dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, search engine mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database, atau direktori terbuka seperti situs DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, search engine tentu berbeda dengan direktori algoritma pencarian Web yang dikerjakan manusia.

Baca juga : Sejarah Internet

Search engine adalah sebuah program yang dipakai sebagai alat bantu untuk mencari semua jenis informasi yang di internet. Search engine memiliki sebuah database yang memuat semua item yang ada di internet dan halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.

Search engine menggunakan indeks pencarian untuk memilah serta memilih informasi yang ada di database. Sedangkan untuk memudahkan serta mempercepat pencarian, search engine mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut dengan istilah. Adapun kecepatan dan ketepatan sebuah pencarian sebuah search engine tergantung kepada cara pengindekan dan algoritma pencarian yang digunakan.

Struktur umum sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut.

a) Kotak teks pencarian
Kotak pencarian ini digunakan sebagai tempat memasukkan kata kunci yang akan dijadikan acuan pencarian.

b) Tombol pencarian
Tombol ini yang akan menjalankan perintah pencarian.
Informasi yang ada di internet setiap waktu terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu, sebuah search engina harus terus memperbarui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini, search engine dilengkapi sebuah program yang berfungsi seperti robot. Disebut robot karena bisa bekerja tanpa harus diperintah terlebih dahulu.

Program tersebut disebut spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu program robot tersebut akan menjelajahi internet, membaca dokumen-dokumen yang ada di dalam internet, meringkasnya, dan kemudian menyimpan di database dengan menggunakan sistem pengindeks.

Baca juga : Cara menggunakan Search Engine Secara Efektif

Pada saat kita melakukan pencarian informasi di internet, komputer kalian akan mengirim kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang kita gunakan. Server mesin pencari akan melakukan pencarian dokumen web di database yang dimilikinya. Kata kunci pencarian kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokumen yang ada di database.

Hasil pencarian tersebut kemudian disusun berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan kata kunci pencarian. Komputer server kemudian mengirimkan hasil pencarian ke komputer kita. Dengan demikian kita dapat memperoleh informasi yang kita cari dengan hasil yang up to date.

Untuk mendapatkan search engine yang bagus sehingga dapat membantu kalian dalam melakukan penjelajahan informasi di internet, kalian harus memerhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut.

a. Mengetahui cara kerja mesin pencari, sehingga kalian bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut.
b. Mempunyai database yang besar dan rutin diperbarui.
c. Tidak memiliki spam sehingga memberikan hasil pencarian yang relevan.
d. Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti apa yang di cari.

Macam-macam search engine

Kebanyakan search engine dijalankan oleh perusahaan swasta yang memakai algoritma kepemilikan dan database tertutup. Search engine yang paling terkenal dan bagus adalah Google dan Bing (MSN dan Yahoo! jauh tertinggal di belakang).

Saat ini banyak sekali website yang menyediakan search engine. Setiap search engine memiliki kelebihan sendiri, tergantung cara pengindeksian dan algoritma  pencarian yang digunakannya.

Berdasarkan cara mengumpulkan data halaman web, search engine bisa dikelompokkan menjadi 4 kategori, yaitu dikelola manusia/human organized, dikelola komputer/computer created, campuran/hybrid, dan metacrawler/metasearch.

a. Macam-macam search engine human organized
Yahoo! Tahun Peluncuran 1994 Alamat situs www.yahoo.com
LookSmart Tahun Peluncuran 1996 Alamat situs www.looksmart.com
About Tahun Peluncuran  1987 Alamat situs  www.about.com
Open Directory Tahun Peluncuran 1998  Alamat situs  Dmoz.org

b. Search Engine Computer Created
Search engine computer created banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan informasi meskipun terkadang ada beberapa informasi yang kurang relevan seperti yang kita inginkan. Search engine computer created sdanh menggunakan software laba-laba atau Spider software yang berguna untuk merayapi situs-situs tertentu, kemudian mengumpulkan data serta mengelompokkan dengan sedikit bantuan tangan manusia.

Macam-macam search engine computer created
WebCrawler Tahun Peluncuran 1994 Alamat Situs  www.webcrawler.com
Excite Tahun Peluncuran 1995 Alamat Situs www.excite.com
Inktomi Tahun Peluncuran 1996  Alamat Situs www.inktomi.com
Northern Light Tahun Peluncuran 1997 Alamat Situs  www.northernlight.com
Fast Search Tahun Peluncuran 1999 Alamat Situs  www.altheweb.com

c. Hybrid search engine
Hybrid Hybrid search engine merupakan gabungan antara tangan manusia dengan komputer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan. Peran manusia dalam hal ini adalah hanya sebagai penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web.
Lycos Tahun Peluncuran 1995 Alamat Situs www.lycos.com
Alta Vista Tahun Peluncuran 1995 Alamat Situs www.altavista.com
HotBot Tahun Peluncuran  1996 Alamat Situs www.hotbot.com
Go To Tahun Peluncuran 1997 Alamat Situs  www.goto.com
Snap  Tahun Peluncuran 1997 Alamat Situs  www.snap.com
Direct Hit  Tahun Peluncuran 1998 Alamat Situs  www.directthit.com
Google  Tahun Peluncuran  1998 Alamat Situs www.google.com
Go Tahun Peluncuran 1999 Alamat Situs go.com

d. Metacrawler/metasearch
Metacrawler/metasearch adalah perantara dengan search engine yang sebenarnya. Metasearch hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai search engine serta menampilkan hasilnya menjadi satu di layer browser.
SavvySearch Tahun Peluncuran 1995 Alamat Situs savvysearch.com
Dogpile Tahun Peluncuran Tidak terindentifikasi Alamat Situs www.dogpile.com
The Big Hub Tahun Peluncuran Tidak terindentifikasi Alamat Situs www.infind.com
C4 Total Search Tahun Peluncuran Tidak terindentifikasi Alamat Situs www.snap.com

Namun, dari kesekian macam search engine tersebut yang populer tingkat dunia adalah dari golongan hybrid search engine. Berikut adalah  karakteristik dari search engine tersebut.
a. Altavista (www.altavista.com)
Didirikan oleh digital corp. altavista memiliki kelebihan dalam pencarian canggih dengan menggunakan operator Boolean AND, OR, (), NOT, NEAR,”, dan *.

b. Google (www.google.com)
Sekitar tahun 2001, search engine Google berkembang lebih besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan pagerank (rangking laman). Setiap laman diurutkan berdasarkan seberapa banyak backlink, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain.

Rangking situs (pagerank) dari sebuah link halaman dan jumlah backlink tersebut merupakan masukan bagi rangking situs yang bersangkutan.

Hal ini dapat membuat Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan backlink. Sistem tersebut dikembangkan oleh pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Dengan adanya kelebihan tersebut, antarmuka pengguna Google sangat disukai oleh pengguna dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.

Google termasuk mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Dan Google mempunyai database yang besar. Google membagi database-nya dengan search engine lain, yaitu Yahoo artinya jika kata yang kata cari tidak ada di database Google, maka pencarian akan diteruskan ke Yahoo. Selain itu Google juga dilengkapi dengan bahasa Indonesia.

c. Lycos (www.lycos.com)
Lycos dibuat di Carnegie Mellon Universit pada tahun 1994. Lycos adalah search engine tertua. Lycos memiliki kelebihan, yaitu mudah untuk digunakan dan mudah menemukan website yang terdapat di tripod.com.
d. Yahoo (www.yahoo.com)
Yahoo adalah mesin pencari yang memakai indeks directory. Directory adalah daftar link yang disusun menurut kelompok tertentu seperti pendidikan dan kesehatan) dan dapat juga digunakan sebagai titik awal untuk menuju ke informasi tertentu.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 23.54.00
Tags :

Related : Pengertian Search Engine dan Macam macamnya

0 komentar:

Posting Komentar