Langsung ke konten utama

Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya

Pengertian WWW dan Fungsinya Serta Kepanjangannya - WWW adalah salahsatu fasilitas internet yang paling populer. WWW berisi database yang bersifat terdistribusi dapat dipakai untuk menghasilkan informasi atau bahkan melakukan transaksi pembelian barang. kepanjangan WWW adalah World Wide Web.

Dengan fasilitas WWW kalian bisa mengambil, memformat, dan menampilkan informasi baik berupa teks, suara/audio, grafik, dan video dengan menggunakan fasilitas hyperlink.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Internet

Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya
WWW
Informasi yang ditampilkan di WWW mampu menghubungkan (nge-link) pada informasi atau dokumen/homepage atau alamat internet lainnya lewat hypertext. Hypertext merupakan teks yang ditampilkan dengan jenis huruf  yang berbeda seperti huruf miring (italic), bergaris bawah (underline ).

Dokumen-dokumen yang berisi hypertext dibuat dengan mengunakan HTML (HyperText Markup Languange), maka tak heran apabila sering disebut “WEB” atau ”WWW”, yang merupakan sistem dalam internet dan mempunyai fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan hypertext. 

Secara umum, tingkatan web mampu dikategorikan menjadi beberapa macam, di antaranya ialah;
- Website montly updated adalah web yang sering mengupdate artikel atau berita yang disajikan selama sebulan sekali.
- Website weekly updated adalah website yang mengupdate artikel atau berita yang disajikan selama seminggu sekali.
- Website daily update adalah website yang  mengupdate artikel atau berita yang disajikan setiap hari.

Sebutan WWW (World Wide Web) dengan jaring laba-laba sangat tepat karena menggambarkan struktur data pada jaringan internet, lian halnya dengan susunan data logis berstruktur pohon yang dikenal dari DOS. Pengaksesan WWW jauh lebih fleksibel pada jenis file yang dikelola. Setidaknya ada dua hal yang bisa membedakan www dengan lainnya adalah sebagai berikut.

1. Informasi di www bisa ditampilkan  dalam bentuk multimedia yang berupa tekst/tulisan, grafik, audio/suara, dan video.

2. Informasi yang ditampilkan dalam www bisa mengubungkan (link) ke dokumen (homepage) atau alamat internet lainnya dengan menggunakan hypertext.

Di dalam www, struktur sumber daya internet bisa dibandingkan dengan jaring laba-laba. Jika dilihat dari pola www, jaringan www terdiri atas lingkaran-lingkaran berbagai ukuran yang berpusat pada titik tengah yang sama. Dari titik tengah ini terbentuklah garis-garis penghubung yang tegak lurus pada lingkaran, sehingga terdapat titik simpul.

Baca Juga: Sejarah Internet dan Perkembangannya

Untuk membuat hypertext, dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang yang berfungsi untuk pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Selaras dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut dengan HTML (Hypertext Mark up Language). File HTML biasanya berextention *.html.  

Supaya file yang berisi hypertext dapat dikirimkan, diperlukanlah suatu protokol pengiriman data yang spesifik yaitu HTTP (HyperText Transfer Protocol) Untuk menemukan setiap hubungan hypertext digunakanlah alamat URL (Uniform Resource Locator). Oleh karena itu, halaman WWW sering disebut dokumen URL. Dan sangat jelas sekali bahwa hubungan WWW, HTML, HTTP dan URL sangat erat sekali.

Contoh URL

Nama dan Alamat
Yahoo! beralamatkan http://www.yahoo.com/
Alta Vista beralamatkan http://www.altavista.digital.com/
Lycos beralamatkan http://www.lycos.com/
WebCrawler beralamatkan http://www.webcrawler.com/
Inktomi beralamatkan http://www.cs.berkeley.edu/
DejaNews beralamatkan http://www.dejanews.com/
BimaSakti beralamatkan http://www.cs.utexas.edu/users/adison/cgi/ bimasakti/
Yahoo beralamatkan http://www.yahoo.com/ atau http://www.yahoo.co.id.
Google beralamatkan http://www.google.com/ atau http://www.google.co.id.
Detik beralamatkan http://www.detik.com/
MSN beralamatkan http://www.msn.com/atau http://www. msn.co.id.
Pintar Komputer beralamatkan https://www.pintarkomputer.org.


Itulah Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya, semoga dengan membaca Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya menambah wawasan kalian mengenai internet dan aplikasinya.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…