Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya

Pengertian WWW dan Fungsinya Serta Kepanjangannya - WWW adalah salahsatu fasilitas internet yang paling populer. WWW berisi database yang bersifat terdistribusi dapat dipakai untuk menghasilkan informasi atau bahkan melakukan transaksi pembelian barang. kepanjangan WWW adalah World Wide Web.

Dengan fasilitas WWW kalian bisa mengambil, memformat, dan menampilkan informasi baik berupa teks, suara/audio, grafik, dan video dengan menggunakan fasilitas hyperlink.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Internet

Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya
WWW
Informasi yang ditampilkan di WWW mampu menghubungkan (nge-link) pada informasi atau dokumen/homepage atau alamat internet lainnya lewat hypertext. Hypertext merupakan teks yang ditampilkan dengan jenis huruf  yang berbeda seperti huruf miring (italic), bergaris bawah (underline ).

Dokumen-dokumen yang berisi hypertext dibuat dengan mengunakan HTML (HyperText Markup Languange), maka tak heran apabila sering disebut “WEB” atau ”WWW”, yang merupakan sistem dalam internet dan mempunyai fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan hypertext. 

Secara umum, tingkatan web mampu dikategorikan menjadi beberapa macam, di antaranya ialah;
- Website montly updated adalah web yang sering mengupdate artikel atau berita yang disajikan selama sebulan sekali.
- Website weekly updated adalah website yang mengupdate artikel atau berita yang disajikan selama seminggu sekali.
- Website daily update adalah website yang  mengupdate artikel atau berita yang disajikan setiap hari.

Sebutan WWW (World Wide Web) dengan jaring laba-laba sangat tepat karena menggambarkan struktur data pada jaringan internet, lian halnya dengan susunan data logis berstruktur pohon yang dikenal dari DOS. Pengaksesan WWW jauh lebih fleksibel pada jenis file yang dikelola. Setidaknya ada dua hal yang bisa membedakan www dengan lainnya adalah sebagai berikut.

1. Informasi di www bisa ditampilkan  dalam bentuk multimedia yang berupa tekst/tulisan, grafik, audio/suara, dan video.

2. Informasi yang ditampilkan dalam www bisa mengubungkan (link) ke dokumen (homepage) atau alamat internet lainnya dengan menggunakan hypertext.

Di dalam www, struktur sumber daya internet bisa dibandingkan dengan jaring laba-laba. Jika dilihat dari pola www, jaringan www terdiri atas lingkaran-lingkaran berbagai ukuran yang berpusat pada titik tengah yang sama. Dari titik tengah ini terbentuklah garis-garis penghubung yang tegak lurus pada lingkaran, sehingga terdapat titik simpul.

Baca Juga: Sejarah Internet dan Perkembangannya

Untuk membuat hypertext, dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang yang berfungsi untuk pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Selaras dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut dengan HTML (Hypertext Mark up Language). File HTML biasanya berextention *.html.  

Supaya file yang berisi hypertext dapat dikirimkan, diperlukanlah suatu protokol pengiriman data yang spesifik yaitu HTTP (HyperText Transfer Protocol) Untuk menemukan setiap hubungan hypertext digunakanlah alamat URL (Uniform Resource Locator). Oleh karena itu, halaman WWW sering disebut dokumen URL. Dan sangat jelas sekali bahwa hubungan WWW, HTML, HTTP dan URL sangat erat sekali.

Contoh URL

Nama dan Alamat
Yahoo! beralamatkan http://www.yahoo.com/
Alta Vista beralamatkan http://www.altavista.digital.com/
Lycos beralamatkan http://www.lycos.com/
WebCrawler beralamatkan http://www.webcrawler.com/
Inktomi beralamatkan http://www.cs.berkeley.edu/
DejaNews beralamatkan http://www.dejanews.com/
BimaSakti beralamatkan http://www.cs.utexas.edu/users/adison/cgi/ bimasakti/
Yahoo beralamatkan http://www.yahoo.com/ atau http://www.yahoo.co.id.
Google beralamatkan http://www.google.com/ atau http://www.google.co.id.
Detik beralamatkan http://www.detik.com/
MSN beralamatkan http://www.msn.com/atau http://www. msn.co.id.
Pintar Komputer beralamatkan https://www.pintarkomputer.org.


Itulah Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya, semoga dengan membaca Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya menambah wawasan kalian mengenai internet dan aplikasinya.
Pengertian WWW Dan Fungsinya Serta Kepanjangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buku Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar